Wednesday, December 21, 2022

Ada Air Mata di Lokakarya 3

Ada Air Mata di Lokakarya 3

Oleh: Guru Ataya (PP_117_Iwan Sumantri)

Sukabumi, 17 Desember 2022. Guru Penggerak merupakan episode kelima dari rangkaian kebijakan Merdeka Belajar yang diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan dijalankan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga kependidikan (Ditjen GTK). Program Guru Penggerak ini bertujuan untuk menyiapkan para pemimpn Pendidikan Indonesia masa depan, yang mampu mendorong tumbuh kembangkan murid secara holistic, aktif dan proaktif dalam mengembangkan guru disekitarnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk memwujudkan profil Pelajar Pancasila. Untuk mendukung tercapainya tujuan itu, Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) dijalankan dengan menekankan pada kompetensi kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership) yang mencakup komunitas praktik, pembelajaran sosial dan emosional, pembelajaran berdirerensiasi yang sesuai dengan perkembangan murid, dan kompetensi lain dalam pengembangan diri dan sekolah. Dalam rangka mendukung PPGP tesebut maka di setiap bulannya di masing-masing angkatan di program guru penggerak selalu ada lokakarya. Lokakarya di PPGP adalah suatu acara di mana para CGP dan PP berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya sesuai dengan tema masing-masing lokakarya.

Sabtu, 17 Desember 2022, bertempat di SMP Negeri 1 Cikembar  digelar kegiatan Lokakarya 3 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 Kabupaten Sukabumi yang diselenggarakan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat. Kegiatan Lokakarya tersebut di hadiri oleh Bapak Dr. Cep Unang Wradaya, M. S.I dari BBGP Jabar. Dalam sambutannya beliau menyampakan para CGP harus bisa menerapkan dan mengimplementasi apa saja yang sudah dipelajari di modul 1.1, 1.2,.1,3 ,2.1,2.2,.2.3 secara konsisten dan penuh kesadaran. Jadilah CGP yang reflektif,inovatif, kolaboratif, mandiri dan selalu memuliakan murid. Aktualisasikan dan kolaborasikan Visi Misi CGP dengan Visi Misi sekolah. Jangan lupa selalu mengingatkan dan mengimplementasikan budaya postif. Dalam proses pembelajaran selalu melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi yang berpusat pada muird dengan Mindfulnes (kesadaran penuh) dengan tetap belajar dan mengajar menggunakan alur MERDEKA.

Kegiatan Lokakarya 3 di buka secara resmi oleh Bapak Romli Mustari,M.Pd selaku Kabag Kelembagaan dan Ketenagaan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi tepat pukul 08.20.

Pembukaan Lokakarya 3 PPGP Angkatan 6 Kab.Sukabumi

Seperti hal Lokakarya sebelumnya, kegiatan Lokakarya 3 selain dihadiri oleh tim dari BBGP Provinsi Jawa Barat beserta satkernya, juga dihadiri oleh para Calon Guru Penggerak (CGP) Program Guru Penggerak Angkatan 6 Kabupaten Sukabumi yang berjumlah 185 guru-guru hebat yang didampingi oleh para Pengajar Praktik (PP) sebanyak 41 orang. Kegiatan pembukaan lokakarya 3 berlangsung kurang lebih 45 menit, tepat pukul 09.00 para CGP dan PP masuk dalam kelas-kelas sesuai dengan pembagian kelas dimana 3 orang PP didampingi para CGPnya. Saya_PP_117 Iwan Sumantri dengan para CGP 1) Ruslan SDN 1 Cigintung;2) Samsudin SDN Sempurcagak; 3) Anita SLB PGRI Gegerbitung; 4) Heri Ashari SMPN 1 Gunungguruh, bersama PP_ 119_Tati Ajeng Saidah  dengan para CGP 1) Nia Kurniawati TKS IT Bani Saleh; 2) Asep Heryanto SDN Bantarkalong; 3) Dewi Febrianti Ahmad SMAN 1 Cikembar ; 4) Yulizeslika SMAN 1 Warungkira dan PP_154_ Rendi Muligar  dengan para CGP 1) Nina Rusmalina SDN Warunggentong; 2) Rina Suhartina SDN 1 Nyangkowek; 3) Fenny Dzuela Lusyana SD Islam Terpadu Alhusna ; 4) Nurmilatul Hasanah SDN 1 Nyangkowek; 5) Dahlan Hidayat SMAN 1 Cicurug  yang tergabung di kelas D.

CGP dan PP di Kelas D Lokakarya 3 Kab. Sukabumi
Baca Juga:


Aktivitas Pembelajaran di Ruang Kelas Lokakarya 3

Seperti lokakarya sebelumnya, setelah pembukaan secara resmi, kegiatan lokakarya 3 selanjutnya dilaksanakan diruang kelas masing-masing sesuai dengan pembagian jadwal. Ada 14 ruang kelas, yang masing-masing kelas rata-rata di huni oleh 13 – 15 CGP dan 3 orang PP. Guru ataya tergabung di kelas D.

Agenda kegiatan di Lokakarya 3 yang bertemakan “Peran Pemimpin dalam Pembelajaran” terbagi dalam 6 kegiatan/sesi.

1)    Pembukaan (30’)

2)    Simulasi Pembelajaran Berdiferensiasi (110’)

3)    Praktik Mindfulness dan Rafleksi (90’)

4)  Praktik Integrasi Kompetensi Sosial Emosional dalam Rencana Pembelajaran (80’)

5)    Strategi Berbagi Hasil Pembelajaran (30’)

6)    Penutupan Lokakarya (10’)

Tujuan yang diharapkan pada Lokakarya 3 adalah : 1) CGP mampu mendemontrasikan pemahaman mereka tentang pembelajaran berdiferensiasi; 2) CGP mampu mendemontrasikan pemahaman mereka mengenai mindfulness dan integrasi 5 kompetensi sosial emosional dalam praktik mengajar; 3) CGP merencanakan strategi berbagi dengan rekan sejawat mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan kompotensi sosial emosional.

Saling Mengenal satu sama lain

Kegiatan awal di kelas D dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh  PP_154_Rendi Muligar  dengan Ice Breaking Tanya dan Temukan dengan cara masing-masing CGP menemukan rekannya dengan pilihan 1: bulan lahir yang sama; pilihan 2: menu sarapan yang sama; pilihan 3: tahun lahir yang sama; pilihan 4: jenjang kelas yang diampu sama (SD,SMP,SMA).

Kegiatan pembukaan dengan durasi waktu 30 menit dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing PP dan CGP dengan aturan perkenalan seperti diatas.

Agenda lokakarya selanjutnya memasuki pada kegiatan inti, kami melakukan dulu kesepakatan kelas yang berisi tentang aturan dan kesepakatan dalam ruang kelas yang meliputi kesepakatan dalam waktu,partisipasi,focus,ketertiban,toleransi dan kebersihan. Setelah semuanya sepakat, barulah kami belajar dan berdiskusi pada kegiatan inti Sesi 1 yang dipandu oleh PP Tati Ajeng Saidah dengan materi 1) Simulasi Pembelajaran Berdiferensiasi (110). Tujuan: 1)CGP dapat mendemontrasikan pemahamannya tentang pembelajaran berdirensiasi melalui simulasi mengajar. CGP; 2) CGP dapat melakukan identifikasi lima aspek yang perlu diperhatikan dalam Menyusun pembelajaran berdiferansiasi.

Simulasi Mengajar:

Satu CGP yang sudah ditunjuk melakukan simulasi mengajar; dua orang sebagai observer; CGP yang lain menjadi murid.

Alur Simulasi:

Waktu simulasi adalah 1 JP atau 45 menit; setelah simulasi mengajar berlangsung observer dipersilahkan mengajukan pertanyaan sesuai panduan observasi; refleksi hasil simulasi mengajar.

Refleksi Terbimbing Hasil Simulasi:

Pp dan CGP berdiri membentuk lingkaran. Nyatakan refleksi dengan empat kata yang dimulai dengan kalimat: ‘ ternayata pembelajaran berdiferensiasi itu …. Terakhir menyimpulkan tentang pembelajaran berdiferensiasi.

Simulasi Pembelajaran Berdiferensiasi

Sesi 2 : Praktik Mindfulness dan Refleksi (90’).

CGP dapat melakukan praktik mindfulness Teknik STOP (Stop :Berhenti Sejenak; Take abreath: ambil napas dalam; Observer: amati sensasi pada tubuh,perasaan,pikiran dan lingkungan; Proced:selesai dan lanjutkan). Latihan Mindfulness terbagi dalam 3 sesi,Latihan Teknik STOP: 1) mindfulness; 2) Mindfull lintening; 3) Mindfull Seeing.

Disesi ini PP yang memandu adalah PP_117_ Iwan Sumantri. Untuk mengawali praktik Mindfullness dan refleksi PP meberikan penjelasan kepada para CGP.

 

Bapak Ibu calon guru penggerak yang saya hormati. Dalam mengajar kita

bisa jadi bertemu dengan kondisi tidak ideal dan menemukan beberapa

tantangan. Belum lagi peran kita sebagai orang tua, sebagai anggota

masyarakat, sebagai tim di sekolah, dan mungkin banyak peran lain

menjadikan kita terkadang kurang dapat mengontrol emosi kita. Oleh

karena itu mari di kesempatan kali ini, kita akan mempraktikkan bersama

beberapa teknik dalam mindfulness. Ada tiga kegiatan yang kita akan

praktikkan, yaitu Latihan Teknik STOP, Mendengar dengan Sadar (Mindful

listening), dan Melihat dengan Sadar (mindful seeing).

 

Latihan teknik STOP berhenti, amati napas, amat perasaan, pikiran, dan

lanjutkan kembali Aktivitas 

Mari kita stop sejenak dari kegiatan apapun yang dilakukan saat ini,

Mari istirahatkan sejenak fisik dan mental selama kurang lebih 3 menit saja.

Sebelum mulai, silakan Bapak Ibu, duduk senyaman mungkin. Bapak ibu

bisa menggeser posisinya duduknya agar lebih nyaman

cobalah duduk tidak membungkuk, tetap tegak tetapi kedua bahu tetap

rileks

Rasakan kursi yang menopang tubuh Anda

rasakan kedua telapak kaki bertumpu pada lantai

silakan letakkan tangan pada pangkuan atau di atas meja, rileks

silakan pejamkan mata jika merasa nyaman atau cukup arahkan

pandangan ke bawah, rileks

Amati nafas masuk dan keluar, bernafaslah seperti biasa

(Jeda)

Saat bernapas, rasakan udara masuk dan keluar melalui lubang hidung.

Rasakan abdomen yang turun naik saat bernapas.

(Jeda)

Mari napas lebih pelan dan dalam, rasakan perut mengembang dan

mengempis saat bernapas.

(Jeda)

Bernapas dalam 4 hitungan, menghembuskan dalam 4 hitungan juga

(Jeda)

Amati tubuh yang terasa lebih rileks saat mengeluarkan napas, mulai dari

otot wajah (jeda), sekitar dahi (jeda), kelopak mata (jeda), pipi (jeda),

rahang dan dagu (jeda)

Kemudian, kedua bahu, lengan atas dan jari jemari Anda.

Amati napas yang lebih tenang dan pelan

Amati perasaan Anda saat ini (jeda)

Amati pikiran Anda saat ini. Apakah yang Anda pikirkan saat ini? Apakah

pilihan yang akan Anda lakukan setelah ini? (jeda)

Baik, kita akhiri lagi dengan satu kali napas yang lebih panjang dan

perlahan,

silakan lanjutkan kembali kegiatan dengan membawa perasaan yang lebih

tenang, pikiran yang lebih fokus, dan tubuh yang lebih rileks.

Mindful Listening

Pengajar Praktik memfasilitasi sesi refleksi setelah praktik mindfulness sesi 1.

Amati pikiran dan perasaan Anda sebelum melakukan, saat melakukan

(apakah mudah kehilangan fokus), dan sesudah melakukan latihan?

Pengajar Praktik memandu jalannya praktik mindfulness sesi 2.

 

Latihan MENDENGAR dengan SADAR

Sebelum mulai, silakan Bapak Ibu, duduk senyaman mungkin. Bapak ibu

bisa menggeser posisinya duduknya agar lebih nyaman

cobalah duduk tidak membungkuk, tetap tegak tetapi kedua bahu tetap

rileks 

Rasakan kursi yang menopang tubuh Anda

rasakan kedua telapak kaki bertumpu pada lantai

silakan letakkan tangan pada pangkuan atau di atas meja, rileks

silakan pejamkan mata jika merasa nyaman atau cukup arahkan

pandangan ke bawah, rileks

Amati suara yang terdengar dari tempat Anda berada saat ini

Mulai dari suara yang paling dekat….

Apa saja suara yang terdengar? Kira-kira dari mana suara tersebut? (Berikan

jeda kurang lebih 30 detik)

Sambil terus bernapas dengan pelan, panjang, dan dalam,

Selanjutnya suara yang jauh….

Apa saja suara yang terdengar? Kira-kira dari mana suara tersebut? (Berikan

jeda kurang lebih 30 detik)

Kita akan menyelesaikan latihan mendengar dengan sadar ini.

silakan buka kembali mata secara perlahan,

Ambil napas panjang dan dalam sekali lagi.

Terima kasih

Pengajar Praktik memfasilitasi sesi refleksi setelah praktik mindfulness sesi 2.

Amati pikiran dan perasaan Anda sebelum melakukan, saat melakukan

(apakah mudah kehilangan fokus), dan sesudah melakukan latihan?

Pengajar Praktik memandu jalannya praktik mindfulness sesi 3.

Melihat dengan Sadar (Mindful Seeing)

Mari kita stop sejenak dari kegiatan apapun yang dilakukan saat ini,

silakan Bapak Ibu, duduk senyaman mungkin. Bapak ibu bisa menggeser

posisinya duduknya agar lebih nyaman

cobalah duduk tidak membungkuk, tetap tegak tetapi kedua bahu tetap

rileks

Rasakan kursi yang menopang tubuh Anda

rasakan kedua telapak kaki bertumpu pada lantai

silakan letakkan tangan pada pangkuan atau di atas meja, rileks

silakan pejamkan mata jika merasa nyaman atau cukup arahkan

pandangan ke bawah, rileks

Amati 3 benda yang ada di depan Anda saat ini..

Mulai dari benda pertama…

Perhatikan benda tersebut apa adanya..

Bentuknya (jeda)

Teksturnya (jeda)

Warnanya (jeda) 

Gerakan yang mungkin ditimbulkannya (Ini jika kegiatan dilakukan di luar,

seperti pohon, berarti daun-daun yang bergerak)

Lanjutkan benda kedua….

Perhatikan benda tersebut apa adanya..

Bentuknya

Teksturnya

Warnanya

Gerakan yang mungkin ditimbulkannya ( ini jika kegiatan dilakukan di luar,

seperti awan yang bergerak)

Sambil terus bernapas pelan, silakan

Kemudian lanjutkan benda ketiga, sama seperti benda-benda sebelumnya..

Perhatikan benda tersebut apa adanya..

Bentuknya

Teksturnya

Warnanya

Gerakan yang mungkin ditimbulkannya (jika kegiatan dilakukan di luar,

seperti air yang mengalir)

Kita akan menyelesaikan latihan melihat dengan sadar ini.

silakan buka kembali mata secara perlahan,

Ambil napas panjang dan dalam sekali lagi.

Terima kasih

Pengajar Praktik memfasilitasi sesi refleksi setelah praktik mindfulness sesi 3.

Amati pikiran dan perasaan Anda sebelum melakukan, saat melakukan

(apakah mudah kehilangan fokus), dan sesudah melakukan latihan? 

Dikegiatan inilah para CGP terbawa emosi, karena melakukan Mindfullness nya dengan hati, hampir semua para CGP mengeluarkan air matanya. Tak kuasa untuk menahan apa yang ada pada dirinya Ketika menghadirkan kesadaran penuh seutuhnya.

Tepat pukul 12.00 peserta istirahat, dan memasuki ruangan diskusi Kembali tepat pukul 13.00.

Setelah peserta melakukan istirahat, kegiatan kelas berlanjut dengan  Sesi 3 Praktik Integrasi Kompetensi Sosial Emosional dalam Rencana Pembelajaran (80’). Pada kegiatan ini diharapkan CGP dapat mendemontrasikan pemahamannya tentang integgrasi kompetensi sosial emosional ke dalam rencana pembelajaran.

Dalam Integrasi Kompetensi Sosial Emosional dalam Rencana Pembelajaran CGP menyiapkan RPP berdiferensiasi yang dibawa untuk di didkusikan dan memasukkan minimal dua kompetensi sosial emosional ke dalam RPP tersebut. KSE yang deikembangkan meliputi: 1) kesadaran diri;2) pengelolaan diri; 3) Kesadaran sosial; 4) Keterampilan berelasi; 5) pengambilan keputusan yang bertanggungjawab. Tiap kelompok mensimulasikannya dan observer menyampaikan observasinya.

Sesi 4: Startegi Berbagi Hasil Pembelajaran (30’).

CGP dapat membuat strategi berbagi dengan rekan sejawat di sekolahnya tentang ilmu yang didapat dalam program guru penggerak. Diskusi strategi berbagi hasil pembelajaran dibagi menjadi 3 kelompok, mendiskusikan sttarategi berbagi dengan teman sejawat, waktu 10 menit kemuadian mempresentasikannya.

Sesi 5: Penutup Lokakarya.

CGP melakukan refleksi pembelajaran atas lokakrya yang dilalui. CGP mengetahui apa yang perlu disiapkan untuk sesi pendampingan individu selanjutnya (PI 4). Di PI 4 ada evaluasi dan Pengembangan Proses Pembelajaran, observasi kelas dalam penerapan modul budaya positif, pembelajaranberdifernsiasi, sosial-emosional, observasi pembelajaran yang berpusat pada murid.

Produk Yang Dihasilkan dan Ketercapaian Tujuan Belajar

Dikegiatan inti pada sesi 1 sampai sesi 5 para CGP bisa membuat RPP yang berdiferensiasi yang didalamnya ada KSE yang dikembangkan seperti kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi dan pengambilan keputusan yang bertanggungjawab. Di parktik Mindfullnes dan refleksi para CGP bisa mempraktikannya sendiri. Dan bisa membuat peta konsep stategi berbagi hasil pembelajaran.

Kesimpulan dan Refleksi Pembelajaran

Ada pepatah yang menyatakan ”guru terbaik adalah pengalaman”, Setiap pengalaman membuat kita tumbuh, namun kita tidak akan belajar dari pengalaman jika pengalaman tersebut tidak dimaknai, oleh karena itu mari kita maknai pembelajaran di lokakarya 3 ini.

Untuk menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran di lokakarya 3 ini, bisa dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan menggunakan format P3 berikut: 1) PERASAAN - Bagaimana perasaan Bapk/Ibu setelah mengikuti sesi lokakarya 3; 2) PEMBELAJARAN – Apa saja yang telah Bapak/Ibu pelajari di sesi lokakarya ini?; 3) PENERAPAN – Bagaimana Bpak/ibu menerapkan pembelajaran tersebut di sekolah bapak/ibu bertugas?

Maknai, Optimalkan dan aktualisasikan dalam keseharian kita selaku guru penggerak dalam perannya sebagai pemimpin dalam pembelajaran.

Yang paling hebat dari seorang guru adalah MENDIDIK dan rekreasi yang paling indah adalah MENGAJAR.

Ketika melihat murid-murid yang menjengkelkan dan melelahkan terkadang hati teruji KESABARANNYA, namun hadirkanlah gambaran bahwa satu diantara mereka kelak akan MENARIK TANGAN KITA MENUJU SURGA” (KH Maimun Zubair)

Salam dan Bahagia, Tergerak,Bergerak dan Menggerakkan.

2 comments:

  1. Luar biasa keren Pak Iwan, lengkap dan mantap paparan Loka nya👍😅💪

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bu Prapti Sudarsono: makasih Bu atas apresiasinya, mudah-mudahan bermanfaat buat rekan guru lainnya

      Delete