Wednesday, December 7, 2022

Serba Serbi Lokakarya 2 Calon Guru Penggerak Kabupaten Sukabumi

Serba Serbi Lokakarya 2 Calon Guru Penggerak Kabupaten Sukabumi

Oleh: Guru Ataya (PP_117_Iwan Sumantri)

Sukabumi, 5 Desember 2022.  Pemimpin sekolah, dalam berbagai literatur, disebut berperan besar dalam menentukan keberhasilan sekolah karena ia mempunyai tanggungjawab dalam mensinergikan berbagai elemen di dalamnya. Seorang pemimpin sekolah yang berkualitas akan mampu memberdayakan seluruh sumber daya di ekosistem hingga dapat bersatu pada menumbuhkan murid-murid yang berkembang secara utuh, baik dalam rasa,karsa dan ciptanya. Tak dipungkiri, pemimpin sekolah merupakan salah satu aktor kunci dalam terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.

Untuk dapat menjalankan peran-peran tersebut, seorang pemimpin sekolah perlu mendapatkan Pendidikan yang berkualitas sebelum ia menjabat, Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP), Sebagai bagain dari rangkaian kebijakan Merdeka Belajar episode kelima, didesain untuk mempersiapkan guru-guru terbaik Indonesia untuk menjadi pemimpin sekolah yang berfokus pada pembelajaran (instructional leaders).

Melalui berbagai aktivitas pembelajaran dalam PPGP, kandidat kepala sekolah masa depan dapat memiliki kompetensi dalam pengembangan diri dan orang lain, pengembangan pembelajaran,manajemen sekolah serta pengembagan sekolah. Pemerintah memiliki harapan besar agar lulusan PPGP dapat mewujudkan standar nasional Pendidikan untuk menjamin mutu Pendidikan di seluruh wilayah NKRI, dimana keberpihakan pada murid menjadi orientasi utamanya.

Minggu, 4 Desember 2022, bertempat di SMK Yasti Cisaat digelar kegiatan Lokakarya 2 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 Kabupaten Sukabumi yang diselenggarakan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat. Kegiatan Lokakarya tersebut di buka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Bapak Kusaerin, M.Pd tepat pukul 08.00 WIB.

Para CGP dan PP Angkatan 6 Kab.Sukabumi

Seperti hal Lokakarya 1, Kegiatan Lokakarya 2 selain dihadiri oleh tim dari BBGP Provinsi Jawa Barat beserta satkernya, juga dihadiri oleh para Calon Guru Penggerak (CGP) Program Guru Penggerak Angkatan 6 Kabupaten Sukabumi yang berjumlah 185 guru-guru hebat yang didampingi oleh para Pengajar Praktik (PP) sebanyak 41 orang. Kegiatan pembukaan lokakarya 2 berlangsung kurang lebih 45 menit, tepat pukul 09.00 para CGP dan PP masuk dalam kelas-kelas sesuai dengan pembagian kelas dimana 3 orang PP didampingi para CGPnya. Saya_PP_117 Iwan Sumantri dengan para CGP 1) Ruslan SDN 1 Cigintung;2) Samsudin SDN Sempurcagak; 3) Anita SLB PGRI Gegerbitung; Heri Ashari SMPN 1 Gunungguruh, bersama PP_ 148_Yeti Supriati  dengan para CGP 1) Rusli Fahmai SDN 2 Purabaya; 2) Lukmanul Hakim SMPN 1 Sukabumi; 3) Marsono SMPN 1 Sukaraja; 4) Samsul Alam SMKN 1 Sagaranten, dan PP_144_ Aan Syaripudin dengan para CGP 1) Desy Lestari SMP Unggul Arrahman; 2) Ujang Solehudin SDN Gunungendut; 3) Yusman Yuswandi SDN Citatah; 4) Eni Nuraeni SMPN 1 Cikidang; 5) Cicilia Tita Iswandraini SMAN 1 Cikidang yang tergabung di kelas M.

Baca Juga:


Aktivitas Pembelajaran di Ruang Kelas Lokakarya 1

Tak jauh beda dengan Lokakarya  1 sebelumnya yang dilaksanakan secara luring/tatap muka, lokakarya 2 kegiatan dilakukan secara luring/tatap muka langsung di ruang kelas. Kami para PP bekerjasama dan berkolaborasi dalam memfasilitasi para CGP di kelas M yang berjumlah 13 orang guru-guru hebat di Kabupaten Suka bumi

  • Agenda kegiatan di Lokakarya 2 yang bertemakan “Visi Untuk Perubahan Lingkungan Belajar” terbagi dalam 7 kegiatan/sesi.
  • 1)   Pembukaan
  • 2)  Presentasi Perkembangan dan Umpan balik Prakarsa Perubahan Level Diri (Aksi Nyata 1.3)
  • 3) Presentasi Perkembangan dan Umpan balik Rencana Penyampaian Penerapan Disiplin Positif (Aksi Nyata 1.4)
  • 4)    Reviu Sigkat Keyakinan Kelas dan Segitiga Restitusi
  • 5)    Praktik Keyakinan Kelas
  • 6)    Praktik Segitiga Restitusi
  • 7)    Penutupan Lokakarya
PP_117_IWAN SUMANTRI

Tujuan yang diharapkan pada Lokakarya 2 adalah : 1) peserta dapat menjelaskan perkembangan/kemajuan Prakarsa perubahan level diri (Aksi Nyata modul 1.3) serta memperbaharui rencana berdasarkan umpan balik CGP lain; 2) peserta dapat menjelaskan rencana penyampaian disiplin positif di kelas dan strategi penerapan di sekolah (Aksi Nyata modul 1.4) serta memperbaharui rencana berdasarkan umpan balik CGP lain; 3) peserta dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan Segitiga Restitusi dalam penerapan disiplin positif; 4) peserta dapat menunjukkan kemampuan dalam memandu pembuatan Keyakinan Kelas

TRIO PP di Kelas M 

Kegiatan awal di kelas M dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh  Guru Ataya selaku PP_117_Iwan Sumantri dengan ice breaking tebak nama

Kegiatan pembukaan dengan durasi waktu 15 menit dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing PP dan CGP dengan aturan perkenalan masing-masing menyebutkan nama dan hoby masing-masing CGP dilanjutkan dengan CGP lainnya sambil menyampaikan apa yang di sampaikan oleh CGP sebelumnya dengan cara mengulang apa yang disampaikan CGP tersebut. Dengan gaya dan Teknik untuk mengingat nama dan hobi CGP lainnya yang bervariasi keseruan lokakarya dimulai di saat perkenalan awal ini.

Agenda lokakarya selanjutnya memasuki pada kegiatan inti, kami melakukan dulu kesepakatan kelas yang berisi tentang aturan dan kesepakatan dalam ruang kelas yang meliputi kesepakatan dalam waktu,partisipasi,focus,ketertiban,toleransi dan kebersihan. Setelah semuanya sepakat, barulah kami belajar dan berdiskusi pada kegiatan inti Sesi 2 ; 1) Presentasi Perkembangan dan Umpan balik Prakarsa Perubahan Level Diri (Aksi Nyata 1.3). Tujuan sesi ini CGP dapat menjelaskan progress/kemajuan pelaksanaan Prakarsa perubahan level diri (Aksi Nyata 1.3.) dan CGP dapat memperbaharui rencana pelaksanaan Prakarsa perubahan (aksi Nyata 1.3) berdasarkan umpan balik dari Pengajar Praktik serta CGP lainnya dengan durasi waktu 120 menit. Pada sesi ini peserta sudah membawa dokumen visi serta daftar pertanyaan Prakarsa perubahan yang sudah dibuatnya pada modul 1.3. Peserta terbagi menjadi 3 kelompok sesuai dengan jumlah PP. Pada sesi ini peserta mempresentasikan Perkembangan Prakarsa Perubahan level diri @ 20 menit, peserta saling memberikan tanggapan dan umpan baliknya.

Sesi 3 Presentasi Perkembangan dan Umpan balik Rencana Penyampaian Penerapan Disiplin Positif (Aksi Nyata 1.4) dengan durasi waktu 45 menit. CGP dapat menjelaskan rencana penyampaian penerapan disiplin positif (Aksi Nyata 1.4) dan CGP dapat memperbaharui rencana penyampaian penerapan disiplin positif (Aksi Nyata 1.4) bersarkan umpan Balik dari PP atau CGP lainnya. Peserta berkelompok berdasarkan kelompok PP. Para CGP dalam kelompoknya mengisi LK Rencana Penyampaian Penerapan Disiplin Positif sesuai dengan jumlah peserta dalam kelompoknya. Dalam waktu 10 menit CP menuliskan Rencana tersebut kemudianmenempelkannya didinding. Setelah itu masing-masing CGP memberikan umpan balik berupa saran,tanggapan,ataupun pertanyaan pada post it warna orange dengan menuliskan nama CGPnya.

Tepat pukul 12.00 peserta istirahat, dan memasuki ruangan diskusi Kembali tepat pukul 13.00.

Setelah peserta melakukan istirahat, kegiatan kelas berlanjut dengan  Sesi 4 Reviu Sigkat Keyakinan Kelas dan Segitiga Restitusi selama 25 menit, Sesi 5 Praktik Keyakinan Kelas durasi waktu 80 menit, Sesi 6 Praktik Segitiga Restitusi durasi waktu 55 menit, Sesi Penutupan Lokakarya waktu 20 menit.

Lokakarya 2 di tutup dengan masing-masing peserta melakukan Refleksi dengan mengisi post-it berwarna. Post it untuk warna merah berisi hal yang sudah baik, post -it warna kuning untuk hal yang bisa ditingkatkan dan post-it warna hijau untuk hal yang dipelajari. Di akhir sesi PP mengingatkan untuk mengisi Penilaian Kinerja Pengajar Praktik oleh CGP di LMS masing-masing.

Produk Yang Dihasilkan dan Ketercapaian Tujuan Belajar

Dikegiatan inti pada sesi 2 sampai sesi 6 yang para CGP bisa menyelesaikan Lembar kerja secara optimal. Selain itu para CGP dapat mengurutkan Langkah-langkah utama dalam menetapkan keyakinan kelas serta pendalamannya di link https://s.id/keyakinan, bisa menyebutkan 5 kebutuhan dasar manusia dan memahami serta keterampilan melakukan/mempraktikan 3 tahapan Segitiga Restitusi yaitu menstabilkanidentitas, validasi tidakan yang salah dan menanyakan keyakinan.

Kesimpulan dan Refleksi Pembelajaran

Ada pepatah yang menyatakan ”guru terbaik adalah pengalaman”, Setiap pengalaman membuat kita tumbuh, namun kita tidak akan belajar dari pengalaman jika pengalaman tersebut tidak dimaknai, oleh karena itu mari kita maknai pembelajaran di lokakarya 2 ini.

Untuk menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran di lokakarya 2 ini, bisa dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: 1) Apa yang sudah baik?; 2) Hal apa yang bisa ditingkatkan?; 3) Hal apa yang dipelajari?

Maknai, Optimalkan dan aktualisasikan dalam keseharian kita selaku guru penggerak untuk memiliki Visi Untuk Perubahan Di Lingkunagn Belajar kita.

“Tanpa perubahan tidak ada inovasi,kreativitas, atau insentif untuk perbaikan. Mereka yang memulai perubahan akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mengelola perubahan yang tak terelakkan” William Pollard

Salam dan Bahagia, Tergerak,Bergerak dan Menggerakkan.

No comments:

Post a Comment