Monday, December 12, 2022

Guru Ataya Di Bimtek MBS Jenjang SMP Tahun 2022

Guru Ataya Di Bimtek MBS Jenjang SMP  Tahun 2022

Oleh: Guru Ataya

Hotel Agusta, 12 Desember 2022. Bertempat di Hotel Agusta Cikukulu kecamatan Cantayan di laksanakan BIMTEK MBS Jenjang SMP Se kabupaten Sukabumi. Pelaksanaan di bagi dalam 4 sesi/4 hari yang setiap hari nya ada 40 sekolah yang harus hadir di tiap sesinya.

Kegiatan di buka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. Kegiatan MBS di pandu oleh para Nara Sumber yang kompeten dari para pengawas Disdik yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah proses mengelola sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan yang memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah dan mendorong pengambilan keputusan partisipatif secara langsung semua komponen warga sekolah, yaitu; kepala sekolah, guru, siswa, orang tua dan masyarakat.

Peran kepala sekolah dalam implementasi MBS adalah: (1) perumusan visi, misi, tujuan dan sasaran (2) pengambilan keputusan (3) indentifikasi tantangan nyata(4) analisis SWOT (5) penyusunan program peningkatan mutu (6) keterbukaan (7) partisipasi warga sekolah dan masyarakat (8) kemandirian (9) akuntabilitas ( .

Apa saja komponen manajemen berbasis sekolah?

Komponen MBS terdiri dari manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolahmanajemen peserta didik berbasis sekolahmanajemen pendidik dan tenaga kependidikan berbasis sekolahmanajemen pembiayaan berbasis sekolahmanajemen sarana dan prasarana berbasis sekolahmanajemen hubungan sekolah dan masyarakat.

Prinsip dalam MBS:

1) Prinsip Kemandirian ; 2) Prinsip Kemitraan dan Kerjasma; 3) Prinsip Partisipasi; 4) Prinsip Keterbukaan; 5) Prinsip Akuntabilitas.

Para peserta diberikan suguhan pemaparan yang jelas dan kongkrit apa itu MBS, para peserta mengikuti dengan seksama.

Dikegiatan akhir para peserta masing-masing harus mempresentasikan Best Practice penerapan MBS di sekolah masing-masing. Ada 4 sekolah yang mepresentasikan hasil best practicenya, salah satunya adalah SMPN 3 Cibadak.



Berikut contoh Presentasi yang di paparkan oleh SMPN 3 Cibadak :
Baca Juga :




Di kegiatan akhir MBS diberikan Piala dan Penghargaan Buat SMPN 3 Cibadak sebagai Juara 1 Smart School Of The Year 2022 dan Juara 1 Guru Penggerak Gizi Inspiratif Buat Bu Tati Handayani,S.Pd.

3 comments:

  1. Alhamdulillah.. selamat utk kita semua.. S3 semangat terus berprestasi, barokalloh fii kum..

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah.. Selamat, barokalloh fii kum 🤩 Semangat terus merajut prestasi 👍👍

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah.. Selamat, Barokallohu fii kum

    ReplyDelete