Wednesday, December 28, 2022

Ada 7948 Guru Penggerak Yang Lulus Di Angkatan 4

 Ada 7948 Guru Penggerak Yang Lulus Di Angkatan 4

Oleh: Guru Ataya (PP_117_Iwan Sumantri)

Cibadak, 28 Desember 2022. Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 4 telah dimulai pada bulan Maret 2021, dengan jumlah pendidik sebanyak 8053 berasal dari 146 Kabupaten/Kota, serta melibatkan 1641 pengajar, 549 fasilitator, dan 50 instruktur.

Seperti diketahui untuk menjadi guru penggerakguru harus lulus seleksi tahap 1 (CV, Esai) dan tahap 2 (Simulasi Mengajar dan Wawancara) dan mengikuti pendidikan guru penggerak selama enam (6) bulan.

Guru Penggerak adalah guru-guru terpilih dari seluruh penjuru Indonesia yang telah lulus dari Program Pendidikan Guru Penggerak. Guru Penggerak yang siap menjadi pemimpin pembelajaran dan berperan sebagai agen pendorong transformasi pendidikan di Indonesia.

Selain itu, guru penggerak juga diharapkan dapat menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Melalui program guru penggerak, Kemendikbudristek berharap bahwa guru penggerak yang terpilih dapat menjalankan 5 peran utama pendidikan yakni:

1) Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya masing-masing.

2) Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lainnya terkait pengembangan pembelajaran di sekolah

3) Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah

4) Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

5) Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah.

Baca Juga:

Sementara, manfaat yang dapat diperoleh setelah berhasil dan mendapatkan predikat sebagai Guru Penggerak adalah akan diprioritaskan untuk menjadi kepala sekolah, hal tersebut sesuai dengan Permendikbudristek RI No.40 Tahun 2021 Tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah, pada Bab II Pasal 2 menerangkan bahwa salah satu syarat wajib menjadi kepala sekolah adalah memiliki Sertifikat Guru Penggerak.

Salah satu manfaat penting program guru penggerak bagi pendidik yang pertama adalah calon guru penggerak mendapatkan pelatihan dengan orang-orang yang profesional dan ahli di bidangnya secara gratis.

Dikutip dari laman  https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/unduhan/  setelah menjalani Program Pendidikan guru Penggerak Angkatan 4, akhirnya ada 7.948 Calon Guru Penggerak berhasil LULUS menjadi Guru Penggerak yang siap menjadi pemimpin Pendidikan di Indonesia.

Saya dan tentunya para pendidik di negeri ini mengucapkan selamat kepada para Guru Penggerak Angkatan 4, semoga dapat terus menularkan virus semangat dan selalu membagikan praktik baik ke rekan-rekan pendidik lainnya.

Untuk informasi lengkap mengenai kelulusan Guru Penggerak Angkatan 4, bisa mengunjungi laman ini atau mengklik ini.


No comments:

Post a Comment