Thursday, April 27, 2023

Sekilas Tentang Narasumber Berbagi Praktik Baik

Sekilas Tentang Narasumber Berbagi Praktik Baik

Oleh: Guru Ataya 

Sukabumi, 27 April 2023. Dua minggu sudah Guru Ataya mengikuti pembekalan Nara Sumber Berbagi Praktik Baik (NS BPB) yang diselenggarakan oleh BBGP Provinsi Jawa Barat untuk gelombang 3 angkatan 1 dan 2. Selama 4 hari para peserta yang berjumlah 424 yang tersebar di 27 kota kabupaten se- Provinsi Jawa Barat. Banyak hal dan kompetensi yang didapat dari pembekalan tersebut, mulai dari pemahaman apa itu NS BPB sampai tugas dan tagihan yang harus diselesaikan untuk mendapatkan sertifikat 32 jam serta bagaimana untuk menjadi NS BPB yang sah dan punya kewenangan untuk berbagi Praktik Baik di Platform Merdeka Mengajar.

Narasumber Berbagi Praktik Baik (NS BPB) adalah guru atau kepala sekolah pada Program Sekolah Penggerak, atau Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan, ataupun sekolah lainnya yang sudah memiliki praktik baik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di satuan pendidikannya. Dengan pengalaman Praktik Baik dan penerapannya, mereka berbagi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan praktis yang dihadapi satuan pendidikan yang akan menerapkan Kurikulum Merdeka.

NS BPB memiliki tugas dan dan tangung jawab sebagai berikut:

1) Berbagi praktik baik implementasi kurikulum merdeka sesuai dengan permiantaan atau undangan dari satuan pendidikan maupun komunitas belajar baik secara daring maupun secara luring;

2) Mengunggah praktik baik dalam bentuk video atau cerita pendek ke aplikasi Sistem Informasi NS BPB untuk di kurasi, kemudian bila lolos kurasi diunggah ke Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang telah disediakan;

3) Mengisi Jurnal berbagi setiap setelah berbai praktik baik;

4) Menginformasikan tautan umpan balik yang dimiliki NS BPB dan meminta umpan balik dari peserta

5) Melakukan refleksi diri dengan mengisi pertanyaan refleksi pada profil NS BPB di aplikasi pengelolaan NS BPB yang telah disediakan.


Strategi Berbagi Praktik Baik

Strategi berbagi Praktik Baik bisa dilakukan:

1) Dalam Jaringan, antara lain: a) melalui webinar; 2) melalui komunitas belajar di PMM

2) Tatap Muka, antara lain: a) Bergabung dengan Komunitas Belajar atau Forum profesi; b) Bercerita denga rekan sejawat


Baca Juga:


Media Penyampaian Praktik Baik

Media yang digunakan untuk penyampaian Praktik Baik bisa dilakukan dengan 1) video Praktik Baik dan 2) Cerita Praktik Baik.


Tahapan dalam Bercerita

Tahapan dalam bercerita dilakukan sebagai berikut:

1) Menentukan ide atau fokus topik yang ingin diceritakan

2) Menyusun kerangka cerita dengan format STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Result/Hasil dari refleksi)

3) Menuangkan ide atau cerita ke dalam media yang sesuai kebutuhan. Media dapat berupa Video ataupun cetak/dokumen.

Situasi: Menceritakan situasi awal yang meliputi tanggungjawab sebagai anggota komunitas belajar (guru atau kepala sekolah) dan tujuan pendidikan/pembelajaran yang harus dicapai

Tantangan: Menceritakan tantangan/kesulitan yang harus diselesaikan untuk mencapai tujuan atau mengatasi permasalahan tersebut.

Aksi: Menceritakan strategi atau aksi yang dilakukan dan melaksanakan penyesuaian strategi jika ada

Result & Refleksi: Menceritakan bagaimana reaksi/hasil dari apa yang anda lakukan? apa dampak dan perubahan dan pembelajaran apa yang anda dapatkan setelah merefleksikan proses tersebut


Identifikasi Topik Berbagi Praktik Baik

Buat Guru

a) Perencanaan Pembelajaran; b) Pelaksanaan Pembelajaran ; c) Assesmen Pembelajaran; d) Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5); e) Pembelajaran Berdiferensiasi; f) Coaching Peserta Didik; g) Pembelajaran Sosial Emosional (PSE).

Buat Kepala sekolah

a) Peran Kepala Sekolah sebagai Penggerak Perubahan; b) Tantangan dan Kendala yang dihadapi oleh Kepala Sekolah dan Sekolah; c) Implementasi Kurikulum Merdeka.

Contoh Praktik Baik Ala Guru Ataya Bisa di lihat disini !

Nah sekarang sudah tahu tentang Narasumber Berbagi Praktik Baik, silahkan ikuti program NS BPB di BBGP masing-masing Provinsi untuk ikut serta di Gelombang 4 dan seterusnya !


No comments:

Post a Comment