Sunday, April 9, 2023

Apa itu Narasumber Berbagi Praktik Baik (NS BPB) ?

Apa itu Narasumber Berbagi Praktik Baik (NS BPB) ?

Oleh: Guru Ataya

Cibadak, 9 April 2023. Bapak/Ibu Guru di Nusantara, Guru Ataya.com, kali ini akan berbagi tentang Narasumber Berbagi Praktik Baik( NS BPB) yang sekarang sedang digulirkan oleh Kemendikbudristek. Sekarang NS BPB sudah memasuki gelombang 3 pertanggal 30 Maret 2023.

Narasumber Berbagi Praktik Baik (NS BPB) merupakan bagian dari enam  dukungan implementasi Kurikulum Merdeka Kemendikbud Ristek. Satuan pendidikan dan komunitas belajar maupun pihak-pihak lain yang ingin mengetahui praktik baik dari Implementasi Kurikulum Merdeka dapat mengundang NS BPB sesuai kebutuhan. 

Narasumber Berbagi Praktik Baik adalah guru atau kepala sekolah pada Program Sekolah Penggerak (PSP), Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK), atau sekolah lainnya yang sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka atau prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Selain itu, sekolah tersebut juga memiliki praktik baik dalam penerapan Kurikulum Merdeka untuk dibagikan kepada satuan lain atau komunitas belajar baik secara luring maupun daring. NS BPB memiliki tugas untuk membagikan praktik baik implementasi kurikulum merdeka sebagai inspirasi kepada sekolah lain yang akan menerapkan IKM jalur mandiri bukan mengajarkan substansi Kurikulum Merdeka.

Kemendikbudristek berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan informasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka agar berjalan semakin baik di setiap sekolah. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan Narasumber Berbagi Praktik Baik (NS BPB). 

Pada rekrutmen NS BPB gelombang 3, guru Ataya alhmadulillah lolos kurasi tahap pertama bersama 26 guru dan kepala sekolah kabupaten Sukabumi. Ada 424 se Provinsi Jawa Barat yang mendapat kesempatan di undang oleh BBGP Jawa Barat untuk mengikuti pembekalan NS BPB Tahap 1 dan Tahap 2 yang pelaksanaan nya di lakukan secara daring. Tahap 1 : 11 s.d. 14 April 2023; Tahap 2: 15 s.d. 18 April 2023. Peserta pembekalan tersebar di 27 Kota/Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat. Dari Kabupaten Sukabumi ada 27  peserta yang terjaring untuk mengikuti kegiatan pembekalan NS BPB tersebut salah satunya adalah Guru Ataya dari jalur Guru Mata Pelajaran.

Untuk bisa Lolos ke tahap pembekalan peserta NS BPB terlebih dahulu harus mengisi essay yang ada di platform Sinar Baik. Ada 5 pertanyaan yang kaitannya dengan praktik baik implementasi kurikulum merdeka. Salah satunya adalah peserta harus melampirkan bukti screenshot telah mengikuti 2 topik pelatihan mandiri sampai dengan aksi nyata.

Untuk lebih jelasnya silahkan Bapak/Ibu kunjungi Sinar Baik disini.

Narasumber Berbagi Praktik Baik (NS BPB) memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

  1. Berbagi berbagi praktik baik implementasi Kurikulum Merdeka sesuai dengan permintaan atau undangan dari satuan pendidikan maupun komunitas belajar untuk berbagi praktik baik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, baik secara daring maupun luring
  2. Mengunggah praktik baik dalam bentuk video atau cerita praktik baik ke aplikasi Sistem Informasi NS BPB untuk dikurasi. Jika lolos kurasi video atau cerita praktik baik Bapak/Ibu Guru akan diunggah ke platform Merdeka Mengajar; 
  3. Mengisi Jurnal Berbagi setiap usai berbagi praktik baik; 
  4. Menginformasikan tautan umpan balik yang dimiliki NS BPB dan meminta umpan balik dari peserta; 
  5. Melakukan refleksi diri dengan mengisi pertanyaan refleksi pada profil NS BPB di aplikasi pengelolaan NS BPB yang telah disediakan.

Jika sekolah Bapak/Ibu Guru ingin mendengarkan praktik baik dari Narasumber, Bapak/Ibu Guru bisa mengundang Narasumber melalui platform Merdeka Mengajar pada menu Komunitas. Narasumber yang terdaftar di platform Merdeka Mengajar adalah guru yang terdaftar di Sekolah Penggerak dan dipilih oleh Komite Seleksi di Sekolah Penggerak.

Untuk mengundang Narasumber Bapak/Ibu Guru bisa mengikuti langkah-langkah pada tautan di bawah ini:

  1. Mencari Guru Narasumber
  2. Menghubungi Guru Narasumber

Pastikan hanya kepala sekolah dan penggerak komunitas yang menghubungi narasumber secara langsung.

Selamat mengikuti , salam guru penggerak !


Sumber tulisan:

https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/

https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/sinarbaik/

 

6 comments:

  1. Izin bertanya. Saya lolos verivikasi berkas dan menunggu kegiatan pembekalan. Dimanakah saya mendapatkan informasi tentang jadwal pembekalan ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dilihat di https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/sinarbaik/

      Delete
  2. Izin bertanya. Dimanakah saya bisa mendapatkan undangab pembekalan NS BPB ? Terimakasih

    ReplyDelete
  3. Apakah bisa melihat vidieo Bapak yang telah lolos kurasi?

    ReplyDelete
  4. Izin melihat cerita praktik baik yang sudah lolos kurasi jika diperkenankanšŸ™

    ReplyDelete