Wednesday, December 28, 2022

Ada Pembelajaran dan Manfaat Saat Bermain Lato-lato

Ada Pembelajaran dan Manfaat Saat Bermain Lato-lato

Oleh: Guru Ataya

Cibadak, 28 Desember 2022. Mengakhir ditahun 2022, Guru Ataya mencoba mengamati fenomena yang terjadi saat ini, yaitu yang sedang viral tentang permainan lato-lato. Hampir di semua tempat terutama anak-anak sekolah selalu memainkan lato-lato termasuk di medsos Tiktok. Ketika kita masuk di tiktok selalu ada dan menghiasi postingan-postingan  dengan berbagai cara dan Teknik.

Berdasarkan jalan-jalan di dunia maya untuk mencari tentang lato-lato ini. Ternyata lato-lato ini adalah permainan jaman dahulu. Lato-lato ada yang mengatakan asalnya dari Bugis, informasinya ini setidaknya berasal dari kata lato-lato itu sendiri yang berarti kakek-kakek atau laki-laki yang sudah tua.

Guru Ataya dapat informasi juga di dunia maya tentang lato-lato Ada pula yang mengatakan berasal dari Amerika Serikat dan pernah  popular pada akhir 1960 hingga awal 1970. Bahkan, pada awal tahun 1970, disebutkan bahwa permainan lato-lato juga populer hingga di Calcinatello, sebuah daerah provinsi kecil di Negara Italia dengan populasi penduduk lebih dari 12.000.

Ataya Ketika Berlatih Lato-lato 

Terlepas dari mana permainan lato-lato ini,ternyata lato-lato jadi viral saat ini.Permainanan ini bisa di mainkan oleh anak-anak juga oleh orang dewasa. Permaian lato-lato ini susah-susah gampang. Guru Ataya sudah mencobanya, hasilnya masih perlu Latihan dan sering memainkan lato-lato ini agar sesuai yang diharapkan seperti oaring-orang mahir yang memainkannya.

Lato lato terbuat dari dua bola polimer padat yang masing-masing bola nya memiliki diameter sekitar 5 cm atau 2 inchi.  Selain terbuat dari bahan polimer, bola pada permainan lato-lato  juga bisa terbuat dari akrilik, kayu, ataupun logam.

Cara bermain lato-lato ini sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu menggerakkan tangan kita agar kedua bola lato-lato saling bertemu dan berbenturan. Dan dari benturan antara kedua bola tersebut bisa menghasilkan suara atau bunyi yang khas dan unik. Namun meski terlihat mudah, banyak juga yang kesulitan dalam memainkannya apalagi jika masih pemula.

Permainan lato-lato ini bis kita dapatkan di toko-toko atau pedagang keliling dikisaran harga Rp 9.000 sd Rp 10.000, tergantung kualitasnya.

Bagaimana Cara Bermain lato-lato

Setelah mencoba dan melakukan sendiri, inilah cara bermain lato-lato:

  1. Siapkan mainan lato-lato yang sudah di beli dari toko
  2. Masukkan salah satu jari (biasanya jari telunjuk kanan) diantara celah tali atau bisa di tengah-tengah jari tangan.
  3. Untuk membuat nyaman jari,buat ikatan dengan cara memutar tali pengait berbentuk cincin.
  4. Posisi tangan sebaiknya seperti akan berjabat tangan saat memegang lato-lato
  5. Jika sudah siap, gerakan perlahan tangan ke atas dan ke bawah sehingga dua bola lato-lato saling berbenturan dan menghasilkan bunyi yang unik
  6. Ketika gerakan sudah stabil, naikkan sedikit kecepatan tangan agar lebih kencang.
  7. Agar lato-lato bisa lama berbenturan, selalu jaga keseimbangan dan focus pada permainan lato-lato
  8. Jika belum bisa, jangan menyerah untuk terus mencoba dan berlatih hingga berhasil.

Baca Juga:


Pembelajaran dan Manfaat dari Bermain Lato-lato

Setelah memainkan dan mengimplementasikan permainan lato-lato ini, ternyata ada pembelajaran yang bisa kita dapatkan terutama buat anak-anak kita yang memainkan lato-lato ini.

1) Melatih kesabaran anak

Mainan lato-lato setidaknya untuk sampai bisa dan mahir perlu kesabaran dan usaha yang keras untuk rutin memainkannya.

2) Meningkatkan kecerdasan anak

Dalam setiap aktivitas termasuk bermain lato-lato ini, anak dituntut untuk menggunakan taktik dan strategi serta cara untuk memenagkan permainan ini. Karena permainan lato-lato ini bisa dilombakan.

3) Meningkatkan Motorik Anak

Dengan bermain lato-lato, motorik anak bisa meningkat Ketika mereka berpikir bagaimana agar dua bola tersebut bisa bersentuhan dari bawah sampai keatas sehingga membentuk lingkaran yang cukup lama.

4) Sarana latihan mengontrol diri

Dengan bermain lato-lato, bisa mengendalikan diri ,emosi dan karakter anak ketika anak menyeimbangkan ayunan bola agar kedua bola konstan dalam beradunya

5) Meningkatkan kepercayaan diri

Dengan bermain lato-lato bersama temannya, kepercayaan diri anak bisa tumbuh saat anak berbaur dan bermain serta unjuk gigi didepan temannya dalam memainkan lato-lato tersebut.

6) Meningkatan ketrampilan dan Kreativitas

Dengan bermain lato-lato ketrampilan dan kreativitas anak bisa bertambah yang pada ahirnya bisa memotivasi anak liannya untuk berkeinginan memainkan lato-lato dengan trampil dan mahir.


JANGAN DI TIRU

Sumber Video dari Medsos Tik Tok

Demikian tulisan tentang permainan lato-lato tersebut, semoga dengan viralnya permainan ini bisa meningkatkan kreatifitas dan keterampilan anak-anak kita pada permainan yang positif dan bermanfaat untuk tumbuh kembangnya mereka.

2 comments: