Friday, April 20, 2018

Hari Gini Guru Belum Punya Blog, Apa Kata Dunia?

Hari Gini Guru Belum Punya Blog, Apa Kata Dunia?
Oleh: Iwan Sumantri

Jumat, 20 April 2018, minggu kedua kegiatan pelatihan online melalui Kanal Pelatihan Maluku Belajar yang saya ikuti seperti biasa saya melakukan login untuk menyelesaikan tugas-tugas dan diskusi di Forum Materi.

Alhamdulilah untuk tahun 2018 saya bisa mengikuti dua kegiatan online melalui Kanal Pelatihan Maluku Belajar dalam waktu yang hampir bersamaan, yaitu Pelatihan Kelas Exel Dasar yang berisi 7 materi dengan rincian : 1) Mengatur Worksheet; 2) Menggunkan Fungsi-fungsi Matematika; 3) Menggunakan AutoSum; 4) Menggunakan Fungsi Logika; 5) Membuat Grafik; 6) Pemanfaatan Fungsi VlookUp dan HLookUpPelatihan; 7) Pemanfaatan Fung SumIf dan Pelatiha Online Pembuatan Blog Pembelajaran yang berisi materi 1) Membuat dan Mengelola Blog; 2) Menghias dan Mengelola Blog; 3) Membuat Soal Online. Masing-masing pelatihan dilengkapi dengan Pretest,Test  Akhir, Modul Pembelajaran, Video Pembelajaran dan Ketentuan bagi peserta untuk bisa Lulus dan Mendapatkan sertifikat.

Dua pelatihan itulah yang menarik bagi saya, karena materi tersebut erat kaitan dan selalu menjadi bahan pendukung dalam proses pembelajaran di kelas yang saya lakukan ( sambil menunggu pelatihan Powerpoint dengan harapan bisa terpanggil untuk mengikutinya).

Pelatihan Online Yang Sedang Saya Ikuti
Maluku Belajar adalah salah satu dari 67 kanal pelatihan Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang dikukuhkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 5-7 Januari 2018 di Jakarta Maluku Belajar memiliki beberapa moda pelatihan, daintaranya:

1) Dalam jaringan (online) melalui video conference salah satu room milik Seamolec di www.webex.com.Kegiatan ini dilakukan tiap hari Minggu pukul 20.00 - 22.00 WIT

2) Sharegam, sharing di Telegram. Kegiatan ini tak memiliki jadwal yang tersruktur, akan tetapi dilaksanakan untuk berbagi ilmu bagi setiap anggota dari grup @malukubelajar di Telegram.

3) Pelatihan Kelas Maya. Kelas Maya yang digunakan adalah Google Classroom atau Moodle. Pelatihan ini terjadwal seperti yang sekarang saya ikuti.

4) Pelatihan Tatap Muka. Dilaksanakan oleh Pelatih-Pelatih Maluku Belajar yang tersebar di Maluku dan Maluku Utara, yang siap berbagi untuk berkembang dan tumbuh bersama IGI.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama Maluku Belajar untuk Bapak/Ibu Guru mapun Pemerhati Pendidikan untuk berbagi sesuai dengan Motto IGI "Sharing and Growing Together" seperti :
  • Pemanfaatan Android
  • Pemanfaatan Teknologi dalam Penilaian
  • Pembuatan Blog Pembelajaran
  • Pembuatan Robot Pembelajaran di Telegram
  • Pembuatan E-modul
  • Pengoptimalan MW Word dalam membuat Karya Tuis Ilmiah
  • Pengoptimalan Powerpoint dalam Pembuatan Bahan Ajar berbasis Android
  • Pengoptimalan MS Exel dalam Penilaian
  • Pengoptmalan Facebook sebagai Sistem Manajemen Pembelajaran di Kelas
  • Pemanfaatan Kelas Maya dalam Pembelajaran, dan lainnya 
  • (Sumber : https://malukubelajar.org/ )

Pada kesempatan ini saya mencoba berbagi mengenai Pelatihan Pembuatan Blog yang sangat menarik buat saya. Hampir 10 tahun saya belajar ngeblog dengan otodidak (belajar sendiri tanpa pelatihan khusus). Pada pelatihan Pembuatan Blog Pembelajaran yang di selengarakan oleh Maluku Belajar ilmu tentang pembuatan blog yang saya dapatkan, mulai dari membut dan mengelola blog baru sesuai panduan di modul, menghias blog bagaimana menulis judul postingan,memberi label/katagori postingan, kemudian mempublisnya, cara upload gambar,cara posting video dari youtube,cara membuat laman terpisah dari postingan artikel, cara mengatur pemenggalan paragraf, cara membuat link pada postingan, cara menambahkan gadget popular post, membuat daftar link,menambahkan gadget statistik blog,menambahkan gadget katagori/label, membuat menu di blog, membuat link ke label/katagori Perangkat KBM semuanya dikupas tuntas melalui modul pelatihan sampai dengan membuat soal online.

Salah Satu Aktifitas Peserta di Pelatihan Online Maluku Belajar

Forumnya Diskusi Peserta di Materi-materi Pelatihan

Ada sesuatu yang saya dapatkan dari pelatihan ini, walau sudah tahunan ngeblog, rasanya berbeda sekali kalau ikut pelatihan. Ada motivasi dan usaha yang harus dikerjakan untuk mendapatkan sesuatu, ini meupakan pembelajaran bagi saya khususnya selaku peserta pelatihan, ingin mendapatkan hasil yang optimal dari pelatihan tentunya hal yang wajar yang dimiliki oleh peserta. Selain hal tersebut tentunya kita bisa mengenal guru-guru lain yang beragam latar belakang,pengetahuan dan ketrampilan dalam ICT/TIK nya, ini semuanya membawa dan membuat saya lebih termotivasi untuk selalu belajar, belajar dan belajar sepanjang hayat.


Materi Yang Didiskusikan ada disini semuanya

Salah Satu Hasil Blog Pembelajaran Peserta


Kanal Pelatihan Maluku Belajar  dengan para master pada bidangnya, telah memberikan sesuatu dan kntribusi yang berharga pada peserta (guru-guru khususnya) di negeri ini, setidaknya membuka wawasan dan kompetensi untuk tidak gaptek pada teknologi. Guru-guru minimalnya para peserta pelatihan telah dibekali dan dibukakan mata dan mindset pola berpikir untuk selalu mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi. Memiliki blog, setidaknya para guru dilatih untuk menulis. Untuk bisa menulis tentunya guru harus banyak membaca agar tulisan kita bisa menarik dan orang lain berubah dengan tulisan kita. Jika kita sudah rajin menulis, setidaknya membantu kita untuk menulis Karya Tulis Ilmiah, Jika kita sudah terbiasa seperti ini, saya yakin tinggal menunggu apa yang akan terjadi setelah kita terbiasa menulis. Banyak orang atau guru karena menulis atau tulisan menjadi seorang yang di kenal sepanjang hayat, seperti Ki Hajat Dewantara, RA Kartini dan tokoh-tokoh lainnya. Jika kita sudah punya karya, maka Mulia lah kita sebagai guru.

Jadi tak salah kalau saya katakan, hari ini Guru Belum Punya Blog, Apa Kata Dunia?

Terima kasih pada Kanal Pelatihan Maluku belajar dengan segenap panitia,admin dan para nara sumber/mentor/master-master, yang telah merubah dan berkontribusi pada guru-guru di negeri ini untuk selalu belajar,belajar dan belajar serta menjadikan peserta menjadi guru pembelajar sebenarnya.



>> Sebagian Blog Hasil Pelatihan Peserta bisa dilihat disini

2 comments:

  1. Waoo keren pak..
    Butuh blajar banyak dar bapak..

    ReplyDelete
  2. Makasih atas apresiasinya. Ayo kita belajar sama2 demi kemajuan pendidikan di negeri ini !

    ReplyDelete