Monday, April 16, 2018

Ada Sesuatu Di Kanal Pelatihan Maluku Belajar

Ada Sesuatu Di Kanal Pelatihan Maluku Belajar
Oleh: Iwan Sumantri

Sukabumi, 16 April 2018, disela-sela kesibukan sebagai Panitia Ujian Sekolah (USBN/US/UN) saya masih menyempatkan untuk mengikuti Pelatihan Online yang diselenggarakan oleh Kanal Pelatihan Maluku Belajar dengan materi kursus Pelatihan Membuat Blog Pembelajaran.

Pelaksanaan pelatihan cukup lama yaitu sekitar 3 minggu terhitung mulai tanggal 9 - 30 April 2018. Tidak seperti pelatihan atau workhsop lainnya yang pernah saya ikuti yang di batasi waktunya sekitar satu minggu, tapi pelatihan.Kursus Pelatihan Membuat blog  Pembelajaran di Maluku Belajar cukup leluasa, ini tentunya memberikan waktu yang lebih longgar bagi peserta di sela-sela kesibukannya dalam penyelenggaraan Ujian Akhir, baik di tingkat SD/MI,SMP/MTs, dan SMA/SMK. 

Di minggu ketiga Pelatihan Membuat Blog secara online ini peserta harus menyeselesaikan Modul 4 dengan materi mengelola dan menghias blog guru yang sudah dibuatkan sebelumnya sesuai dengan Modul 1,2 dan 3 sebelumnya. Selain Modul 4 peserta juga ditantang untuk menyelesaiakan Modul 5 dengan materi  Membuat Blog dan Mengelola Menu Blog Guru (Blog Pribadi Hasil Modul 1,2 dan 3.

Modul 4 dan 5 bagi peserta khususnya saya tentunya perlu ekstra dan pemahaman yang lebih untuk membaca,menyimak dan memperhatikan semua petunjuk dan arahan dari isi modul tersebut. Selain harus membaca peserta juga dituntun untuk melihat dan menyaksikan video-video tutorial yang di sajikan linknya dalam Modul tersebut.

Inilah pembelajaran bagi guru yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 (K-13) dengan 5M nya. Mulai dari Mengamati,Menanya,Mencoba,Menalar dan Mengkomunikasikan oleh peserta pelatihan dilaksanakan melalui Kanal Pelatihan Maluku Belajar melalui LMS nya.

Ada sesuatu di Pelatihan Maluku Belajar dalam materi Pembuatan Blog Guru Untuk Pembelajaran, yaitu "Satu Guru Satu Blog". Ya...satu guru satu blog tercipta di pelatihan online ini, karena setiap peserta pelataihan Wajib memiliki Blog yang di buat sendiri oleh peserta sesuai panduan Modul yang diterima.

Satu Guru Satu Blog tentunya sesuatu sekali bagi dunia pendidikan, ini Guru Zaman Now, guru yang menguasai 4 kompetensi + 1 Komptensi yaitu penguasaan TIK/ICT.

Saya selaku peserta dari pelatihan ini tentunya cukup berbangga dan ikut bersyukur, karena menjadi bagian dari Satu Guru Satu Blog....sesuatu sekali bagi saya dan semua peserta pelatihan online ini .


No comments:

Post a Comment