Saturday, February 4, 2023

“Bel Me Log PlatRG” Ala Guru Ataya Untuk Cerdaskan Anak Bangsa

“Bel Me Log PlatRG” Ala Guru Ataya Untuk Cerdaskan Anak Bangsa

Oleh: Guru Ataya (Iwan Sumantri)

Menyambut Siswa Sebelum Belajar 
Sukabumi, 4 Februari 2023. Standar Nasional Pendidikan Indonesia mengamanatkan bahwa Pendidikan haruslah merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,pengendalian diri,kepribadian,kecerdasan,ahkhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan dirinya serta masyarakat. Dengan demikian, semua upaya yang kita lalukan dalam konteks pendidikan, bukan hanya harus kita rencanakan dengan cermat, namun juga harus sebesar-besarnya ditunjukkan untuk mengembangkan potensi siswa

Dimasa transisi perubahan kurikulum dari K13 ke Kurikulum Merdeka kiranya kita harus mensikapinya dengan bijak. Standar Kurikulum lulusan telah mendeskripsikan kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap,pengetahuan dan keterampilan. Bagaimana seluruh kriteria ini dapat di capai oleh semua siswa kita adalah soal bagaimana kita sebagai guru dapat menyediakan pengalaman belajar yang memastikan bahwa semua siswa kita, dengan segala keragamannya dapat kita penuhi kebutuhan belajarnya, sehingga mereka dapat menunjukkan kompetensi pengetahuan,sikap, dan keterampilan yang diharapkan setelah lulus atau menyelesaikan setiap jenjang pendidikannya.

Apapun kurikulumnya pembelajaran harusnya berpihak pada murid. Berpihak pada murid itu: 1) Pembelajaran yang berpusat pada murid; 2) Pembelajaran sesuai kebutuhan murid; 3) Pembelajaran sesuai level murid atau TaRL (Teach at the Right Level); 4) Pembelajaran berdiferensiasi.

Pembelajaran berdiferensiasi yang berfokus pada kebutuhan siswa, sangat sejalan dengan prinsip-prinsip tersebut. Dengan memperhatikan konten,proses, produk, guru dapat menyesuaikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran agar kesemua tahapan proses tersebut dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa-siswa kita dan membantu kesuksesan pembelajaran mereka.

Nah, untuk itulah Guru Ataya menghadirkan Ruangguru di proses belajar mengajarnya dengan memanfaatkan salah satu produk Ruangguru yaitu Ruangbelajar.


Produk Ruangbelajar

Di era yang serba digital sekarang ini, siapa sih yang tak kenal dengan platform Ruangguru,yaitu sebuah platform online pembelajaran berbasis kurikulum, berbasis sekolah melalui video tutorial interaktif oleh guru dan animasi di aplikasi ponsel dan komputer.

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru. Jika guru dan pelajar yang siap dan mau belajar, kita bisa jalan-jalan di dunia maya dan singgah di platformnya Ruangguru, so pasti kita akan menemukan produk Ruangguru yang ditawarkan. Kurang lebih ada 13 produk andalan Ruangguru yang bisa kita akses,nikmati dan memanfaatkannya bagi dunia pendidikan. Salah satu produk yang bisa diakses untuk proses belajar mengajar dikelas adalah produk atau fitur ruangbelajar.

Produk Yang Ada di Paltform Ruangguru

Produk/fitur Ruangbelajar adalah salah satu layanan belajar online terlengkap di Indonseia, dimana di dalamnya tersedia sebuah layanan yang menawarkan solusi belajar secara daring bagi siswa. Di Ruangbelajar ini tersedia video belajar adaftif yang menyesuaikan kecepatan belajar para siswa. Eksplor pelajaran melalui fitur Adafto yaitu video pebelajaran daring serasa belajar bersama guru privat. Ada video interaktif dan games untuk siswa kelas 1 – 6 belajar sambal bermain bersama Dafa, Lulu dan teman-teman, ada rangkuman materi subbab yang dilengkapai visual menarik sehingga materi lebih mudah dipelajari dan dipahami, ada kuasai konsep satu bab mata pelajaran lebih ringkas dengan konsep kilat belajar ngga bertele-tele langsung ke intinya, semuanya bisa didownload dimana dan kapan saja.

Ruangbelajar khususnya, adalah fitur dalam platform yang memungkinkan guru membuat dan mengelola ruang kelas online untuk siswanya. Dari apa yang terlihat, Ruangbelajar telah menerima umpan balik positif dari guru dan siswa untuk antarmuka yang ramah pengguna, beragam fitur dan sumber daya, serta kemudahan penggunaan. Beberapa fitur utama Ruangbelajar meliputi manajemen penugasan, pelacakan kemajuan, rapat virtual, dan akses ke sumber daya multimedia. Secara keseluruhan, Ruangbelajar tampaknya menjadi sarana berharga bagi para pendidik dan siswa di Indonesia yang mencari cara efektif dan nyaman untuk melakukan pembelajaran daring.

Untuk memudahkan kita bisa belajar secara online di Ruangbelajar salah satu produknya Ruangguru kita bisa mendownloadnya di App Store atau Play Store melalui ponsel atau komputer kita.





Bagaimana Belajar Matematika Ala Guru Ataya Bersama Ruanggguru

Kegiatan belajar matematika akan lebih efektif apabila dalam proses pembelajaran matematika,siswa ditempatkan sebagai subjek pembelajaran dan guru sebagai pengelola proses pembelajaran. Berdasarkan observasi awal di kelas IXABCDE dan Kelas VIIA SMP Negeri 3 Cibadak, terungkap bahwa pembelajaran matematika, guru masih menerapkan strategi pembelajaran yang konvensional. Proses pembelajaran yang dilakukan cenderung monoton, yang diawali dengan guru menjelaskan materi, memberikan contoh soal dan menerangkan penyelesaian dari soal tersebut, serta diakhiri dengan memberikan soal dan menerangkan penyelesaian dari soal tersebut, serta diakhiri dengan memberikan soal atau pekerjaan rumah (PR). Dengan demikian, peran guru masih dominan yaitu menjadi pusat ilmu dan informasi sedangkan siswa menjadi pembelajar yang pasif.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, guru Ataya telah mencoba melakukan proses pembelajaran dengan upaya untuk meningkatkan interaksi siswa belajar dan prestasi siswa dengan cara menerapkan strategi pembelajaran flipped classroom melalui Bel Me LogPlatRG (Belajar Melalui Blog dan Platform Ruangguru).

Flipped Classroom adalah strategi pembelajaran yang “membalik” metode tradisonal, dimana biasanya materi diberikan dikelas dan siswa mengerjakan tugas dirumah. Konsep Flipped Classroom mencakup active learning,keterlibatan siswa, dan podcasting. Dalam flipped classroom, materi terlebih dahulu diberikan melalui video pembelajaran yang harus ditonton siswa di rumah masing-masing. Video-video pembelajaran bisa dilihat dan diakses di blog guru ataya atau di platform ruangguru melalui fitur ruangbelajar. Sebaliknya, sesi belajar di kelas digunakan untuk diskusi kelompok dan mengerjakan tugas. Disini, guru berperan sebagai pembiana atau pemberi saran. Siswa bisa belajar secara merdeka bersama platform ruang guru.

KBM Matematika Kelas 7 Materi PerbandinganBersama Fitur Ruangbelajar (Foto Dok Pribadi)

Alur pengembangan Startegi pembelajaran Flipped Classroom dengan media “Bel Me Log PlatRG” (Belajar Melalui Blog dan Platform Ruangguru) sebagai berikut:

Alur Strategi "BEL ME LOG PLATRG " Ala Guru Ataya

1)   Langkah-langkahnya:

Untuk bisa belajar bersama Ruangguru fitur Ruangbelajar bisa dilakukan langkah-langkah berikut ini:

a) Download Aplikasi Ruangguru di Google Play atau App store atau bisa dilakukan dengan berkunjung ke situs web Ruang Guru. Buka borwser, dan buka situs web Ruang Guru (https://www.ruangguru.com/)

b) Pilih menu/icon produk, klik sesuai yang diinginkan (misalnya ruang belajar)

c)   Setelah terbuka produk ruang belajar, siswa bisa daftar/berlanggananan dengan membuat akun menggunakan email masing-masing siswa yang dimiliki

d) Setelah log in/berlangganan, siswa bisa menentukan materi untuk belajarnya

e) Di platform ini https://www.ruangguru.com/ruangbelajar siswa bisa mencoba fitur coba belajar sesuai yang diminati misalnya belajar matematika, tinggal di pilih materi belajarnya apa, pilih jenjang (kelas) dan kurikulum,lalu simpan simpan.

f)  Siap belajar Bersama blog Guru ataya dan Paltform Ruangguru (belajar dengan video-video Adafto, video belajar adaftif yang menyesuaikan dengan kecepatan belajar siswa.

Siswa Kelas IX SMPN 3 Cibadak Belajar Bersama Fitur RuangBelajar (Foto Dok.Pribadi)

Kelebihan Fitur Ruang Belajar

Ruangbelajar memiliki beberapa keunggulan sebagai fitur dalam platform Ruang Guru:

Manajemen tugas: Pengajar dapat dengan mudah membuat dan mengelola tugas, termasuk mengatur batas waktu dan menilai pekerjaan siswa. Pelacakan kemajuan: Guru dapat melacak kemajuan siswa dan melihat laporan terperinci tentang aktivitas mereka di kelas.Pertemuan virtual: Ruangbelajar menyertakan fitur pertemuan virtual yang memungkinkan guru untuk melakukan kelas langsung dengan siswanya. Sumber daya multimedia: Platform menyediakan akses ke berbagai sumber daya multimedia, termasuk video, presentasi, dan dokumen, yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran. Antarmuka yang ramah pengguna: Platform ini dirancang dengan antarmuka yang ramah pengguna yang memudahkan guru dan siswa untuk menavigasi dan menggunakan berbagai fitur. Akses yang mudah: Ruangbelajar dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet, sehingga memudahkan siswa untuk belajar dari mana saja. Secara keseluruhan, Ruangbelajar menyediakan seperangkat alat dan sumber daya lengkap yang dapat meningkatkan pengalaman belajar online bagi guru dan siswa.

Ruangguru dengan salah satu fiturnya ruangbelajar telah membantu dan memberikan kontribusi pada proses pembelajaran Guru Ataya di kelas dengan pembelajaran berdiferensiasinya, dimana pada proses pembelajaran tersebut pendekatan pembelajaran yang memfokuskan pada pengakomodasi kebutuhan individu siswa dalam kelas. Ini berarti bahwa guru menyesuaikan tugas, materi, dan cara belajar untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa, seperti tingkat pemahaman,kecepatan belajar, dan minat. Dimana tujuannya adalah untuk memastikan setiap siswa berkesempatan untuk belajar dan berkembang secara efektif. Ruangguru dengan fiturnya Ruangbelajar telah hadir ditengah-tengah kegiatan belajar matematika bersama Guru Ataya dengan strategi Bel Me Log PlatRG dengan model flipped classroomnya untuk mencerdaskan anak bangsa.

Terimakasih Ruangguru telah memberikan pengalaman belajar yang berharga dan luar biasa, semoga aktivitas dan proses pembelajaran berikutnya bersama Guru Ataya dan Ruangguru tetap konsisten sesuai dengan kurikulum yang berlaku, guru merdeka belajar dan siswanya belajar merdeka.


Catatan:

Sumber foto hasil screenshoot di platform ruang guru dan koleksi foto pribadi


206 comments:

  1. Sungguh menginspirasi dan menambah wawasan saya, semangat dan terus berkarya pa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Pak Syamhanani: Terimakasih atas apresiasinya! terus semangat buat kita semua !

      Delete
  2. Sangat menginspirasi dan semoga bisa diaplikasikan di sekolah saya

    ReplyDelete
  3. Selalu menginspirasi, semoga bisa juga diaplikasikan di sekolah

    ReplyDelete
  4. Sangat mengedukasi dan menginspirasi, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bu Yani Kusmardana: Terimkasih atas apresiasinya

      Delete
  5. Tulisan-tulisannya selalu memikat hati pembaca. Suka banget. Enak dibaca, segar, kontennya bernas sarat manfaat.

    ReplyDelete
  6. Tulisannya selalu memikat hati. Suka sekali. Enak dibacanya, ringan dan segar. Kontennya bernas, sarat manfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Pak Bagus Nurjaman: terimakasih atas apresiasinya, semoga saja bisa bermanfaat dan bisa diimplementasikan di sekolahnya

      Delete
  7. Sangat bermanfaat sekali tulisannya. Menghadirkan opsi pembelajaran terkini yang sesuai dengan kodrat zaman dimana peserta didik tumbuh yang layak untuk diaplikasikan di sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bu Eneneg Nurhasanah: terimakasih atas apresiasinya ! mudah2an bisa dimplementasikan di sekolah ibu

      Delete
  8. Terima kasih Pa.... pengalaman mengajarnya Insyaa Allah mampu memberikan inspirasi positif dalam mengelola pembelajaran kekinian

    ReplyDelete
  9. Terima kasih telah berbagi, Bapak. Semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  10. Semangat terus berkarya..sangat menginspirasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Pak Iman Nurahman: terimakasih atas apresiasinya, semangat terus buat kita semua untuk salaing menginpirasi !

      Delete
  11. Sangat menginspirasi, semangat belajarnya untuk semua murid SMPN 3 Cibadak..

    ReplyDelete
  12. Sukses untuk semuanya..

    ReplyDelete
  13. sangat bermanfaat sekali, terimakasih pakk

    ReplyDelete
  14. Terimakasih atas ilmunya yg bapak berikan,semoga bapak di beri kesehatan dan umur yg panjang,amin

    ReplyDelete
  15. Farel Aqil Noriska SalimFebruary 9, 2023 at 11:39 AM

    Semangat selalu pak... Keren TwT

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah sangat bermanfaat sangat mengedukasi dan menambah wawasan

    ReplyDelete
  17. Terima kasih bapak atas ilmu yang bapak berikan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  18. semangat terus bapak,ini sangat mengapresiasi sekali,semoga sukses selalu pak.

    ReplyDelete
  19. terimakasih kepada ruang guru karena telah menyediakan sarana belajar yang mempermudah kita belajar dimanapun dan kapanpun, dan terimakasih juga kepada bapak iwan karena telah mengenalkan kita dengan aplikasi ruang guru.

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah semoga bisa bermanfaat dan menambah semangat belajar siswa

    ReplyDelete
  21. sangat bermanfaat sekali dan menginspirasi

    ReplyDelete
  22. sangan mengapresiasi sekali, semoga sukses terus

    ReplyDelete
  23. Terima kasih bapak, mudah mudahan ilmu nya bermanfaat

    ReplyDelete
  24. terimakasih telah memberikan inspirasi positif,semoga sukses selalu bapakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas apresiasinya! Sukses buat kita semua !

      Delete
  25. semangat terus berkaya...sangat menginspirasi , sukses selalu bapak....

    ReplyDelete
  26. terimakasih bapak dan ruang guru semoga dengan ada nya aplikasi ruang guru ini dapat membuat kita semakin rajin dalam belajar.

    ReplyDelete
  27. terimakasih atas inspirasi positif ,semoga sukses selalu bapakk

    ReplyDelete
  28. Terima kasih bapak,mudah mudahan ilmu ny bermanfaat


    ReplyDelete
  29. Terimakasih banyak ruang guru,karena dengan aplikasi ini kita sangat mudah mengerjakan soal soal yang ada di ruang guru ini,dan sangat membatu,semangat terus ruang guru semoga sukses selalu.....

    ReplyDelete
  30. terimakasih ruang guru telah memberi sarana belajar yang mudah, dan sangat membantu siswa/siswi dalam belajar, sangat menginspirasi

    ReplyDelete
  31. Terimakasih kepada Bapak Iwan dan RUANG GURU karena telah memudahkan kami belajar dan menambah semangat belajar

    ReplyDelete
  32. Nur meilani arinal haqFebruary 9, 2023 at 11:56 AM

    sangat terinspirasi sekali

    ReplyDelete
  33. terima kasih semangat terus berkarya ...sangat menginspirasi ,,, sukses selalu dan sehat selalu terima kasih

    ReplyDelete
  34. terimakasih untuk bapak iwan dan semangat juga untuk semuanya

    ReplyDelete
  35. ( Nazwa Berliana Putri ) Terimakasih ruang guru dan bapak atas sarana belajarnya sangat bermanfaat dan mempermudah kita dalam belajar

    ReplyDelete
  36. sangat menginspirasi positif dalam pembelajaraan ini,dan bermanfaat sekali bagi saya

    ReplyDelete
  37. allhamdulilah sangat bermanfaat sekali dan menambah wawasan dalam belajar.terimakasih kepada bapak iwan sumantri
    semoga sukses selalu untuk ruang guru dan bapak iwan

    ReplyDelete
  38. semoga suksess amin

    ReplyDelete
  39. (igeta getruede gitari) terimakasih bapak dan ruang guru dengan kemudahan yang diberiikan semoga dapat membuat kita semakin rajin dalam belajar

    ReplyDelete
  40. sukses selalu bapak, sangat bermanfaat sekaliii

    ReplyDelete
  41. terimakasih atas inspirasi positifnya, sukses selalu bapakk

    ReplyDelete
  42. alhamdulilah sangat bermanfaat,dan menambah wawasan untuk pembelajaran dan terimakasih kepada bapak iwan sumantri semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  43. terimakasih kepada ruang guru telah memberi sarana belajar yang mudah dan berkat ruang guru siswa/siwi lebih mudah untuk belajar dimanapun dan kapanpun, terimakasih juga kepada bapak iwan telah mengenalkan kami dengan aplikasi ruang guru

    ReplyDelete
  44. Alhamdulillah sangat bermanfaat sekali, sukses selalu untuk bapak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas apresiasinya! Sukses buat kita semua !

      Delete
  45. Alhamdulillah sangat bermanfaat sekali dengan adanya blog guru ataya, memudahkan saya untuk belajar matematika, terimakasih, sukses selalu untuk bapak Iwan Sumantri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas apresiasinya ! Sukses buat kita semua!

      Delete
  46. Terimakasih pa Iwan ilmu yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  47. Terimakasih atas ilmunya pak, sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya. Sukses selalu untuk bapak Iwan!

    ReplyDelete
  48. Muhammad khairil GibranFebruary 10, 2023 at 1:25 PM

    Terimakasih blog guru ataya telah mengajarkan kami belajar mtk dengan mudah di pahami

    ReplyDelete
  49. Terimakasih atas ilmunyaaa bapak

    ReplyDelete
  50. Terimakasih bapak atas ilmu yang bermanfaat nya!!! Sukses selalu, we love you bapak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas apresiasinya! Sukses buat kita semua!

      Delete
  51. terimakasih kepada ruang guru karena telah menyediakan sarana belajar yang mempermudah kita belajar dimanapun dan dengan siapapun terimakasih juga kepada bapak iwan karena telah mengenalkan kita dengan aplikasi ruang guru, sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya. sukses selalu bapa iwan.

    ReplyDelete
  52. trimakasih guru ataya sudah menemani kami sampai skarang bpk iwan

    ReplyDelete
  53. Muhamad Ridho PratamaFebruary 10, 2023 at 1:27 PM

    Terimakasih kepada bapak iwan telah memberikan sarana kepada kami yang mudah,semogaa bapak sehat sukses selaluu.

    ReplyDelete
  54. Keren pak, makasihh atas ilmunya

    ReplyDelete
  55. Alhamdulillah bagus pak sangat bermanfaat dan memudahkan kita belajar good job pak iwan

    ReplyDelete
  56. Terimakasih bapakk ilmu yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  57. Terimakasih banyak bapak, sudah mengajarkan hal yg sangat bermanfaat keren pak
    Hebatt, mantapp
    Sehat-sehat terus yaa pak 👍👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Sarinah RA: Terimakasih atas apresiasinya ! Sehat buat kita semuanya!

      Delete
  58. Alfiqri Fauzan Ramadhan HidayatFebruary 10, 2023 at 1:28 PM

    Terimakasih Blog guru ataya telah menambah wawasan saya
    #THANK YOU BAPAK IWAN SUMANTRI#

    ReplyDelete
  59. Azzura zenobia rinduFebruary 10, 2023 at 1:29 PM

    Pa Iwan, terimakasih atas ilmunya

    ReplyDelete
  60. terimakasih kepada guru ataya karna sudah banyak memberi ilmu yang sangat bermanfaat,semoga ilmu ini bisa saya gunakan dengan sebaik mungkin

    ReplyDelete
  61. sangat bermanfaat dan menginpirasi, terimakasih bapak

    ReplyDelete
  62. allhamdulillah sangat bermanfaat dan menambah wawasan,TERIMA KASIH BANYAK BAPAK IWAN , SEMOGA SUKSES SELALU

    ReplyDelete
  63. Mantap, bapak Iwan atas ilmu nya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  64. alhamdulillah sangat bermanfaat,terima kasih terutama kepada bapak iwan sumantri karena telah menambah wawasan saya.mantap pak

    ReplyDelete
  65. Terimakasih bapak iwan atas ilmunya sehat selalu bapakkk

    ReplyDelete
  66. Terimakasih atas ilmunya sehat selalu bapakkk iwan

    ReplyDelete
  67. Terimakasih atas ilmunya sehat selalu bapakkk iwan

    ReplyDelete
  68. Terimakasih atas ilmu dan inspirasinya bapak ❤❤sukses terus buat bapak dan keluarga!!

    ReplyDelete
  69. Terimakasih pa Iwan,ilmu nya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  70. Terimakasi pak iwan, sehat selalu,ilmu nya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  71. terimakasih bapak atas ilmu dan inspirasinya , sukses terus bapak dan keluarga

    ReplyDelete
  72. melati suci khatulistiwaFebruary 13, 2023 at 9:37 AM

    setelah saya belajar dengan ruang guru saya jadi giat belajar, terimakasih ruang guru.

    ReplyDelete
  73. terimakasih atas bibingan ruang guru,saya bisa memahami pelajaran matematika dengan baik

    ReplyDelete
  74. setelah mmenggunakan ruang guru,pelajaran lebih bisa di pahami dan proses pembelajaran menjadi menyenangkan

    ReplyDelete
  75. M Fachri Husaeni 9D SMPN 3 cibadakFebruary 13, 2023 at 9:41 AM

    dengan bantuan pembelajaran dari ruang guru alhamdulillah ilmu saya sedikit demi sedikit bertambah dan semakin paham dalam sebuah pembelajaran yang di ajarkan.TERIMA KASIH RUANG GURU ATAS ILMU NYA YANG SANGAT MUDAH DI PAHAMI!!

    ReplyDelete
  76. muhamad fajar awaludinFebruary 13, 2023 at 9:42 AM

    saya jadi semangat untuk belajar setelah belajar di ruang guru ''terima kasih ruang guru atas ilmu nya''

    ReplyDelete
  77. Akhmad Muharrom Nugraha 9DFebruary 13, 2023 at 9:42 AM

    Setelah saya belajar dengan ruang guru wawasan saya menjadi luas dan saya giat belajar.terima kasih ruang guru

    ReplyDelete
  78. raisa devani alzahra 9dFebruary 13, 2023 at 9:42 AM

    dengan belajar menggunakan ruang guru saya belajar menjadi lebih mudah, dan bisa belajar materi yang belum saya pahami, terimakasih ruang guru.

    ReplyDelete
  79. Fatania Hasya ZulkarnaenFebruary 13, 2023 at 9:42 AM

    terimakasih ruang guru, telah membantu kegiatan pembelajaran saya menjadi lebih menarik dan mudah dimengerti.

    ReplyDelete
  80. amelia fatimatu zahraFebruary 13, 2023 at 9:42 AM

    terimakasih bapak sangat bermanfaat dengan belajar di ruang guru kita bisa lebih tahu pelajaran yang belum kita ketahui sekarang jadi lebih tahu dan mengerti dengan adanya pembelajaran di ruang guru ini

    ReplyDelete
  81. setelah menggunakan ruang guru saya bisa lebih paham

    ReplyDelete
  82. Terimakasih ruang guru ilmunya''

    ReplyDelete
  83. setelah saya belajar di ruangguru saya dapat materi yang lengkap dan bermanfaat .didalam aplikasi ruangguru pun terdapat rangkuman dan banyak latihan soal yang bisa dikerjakan dan ada pembahasan yang lengkap

    ReplyDelete
  84. Zahra Shofiah SyarifahFebruary 13, 2023 at 9:46 AM

    Terima kasih ruang guru,berkat ruang guru belajar jadi lebih menyenangkan,ruang guru juga sangat memotivasi saya dalam pelajaran apapun

    ReplyDelete
  85. Nala Septia KurniawanFebruary 13, 2023 at 9:47 AM

    Dengan adanya aplikasi Ruang Guru, kita bisa mengatur waktu yang tepat untuk belajar. Jika kita belum paham tentang materi yang sedang kita pelajari, kita bisa mengulang kembali vidio-vidio yang ada diaplikasi ruang guru. Ruang Guru juga menyediakan point penting yang biasanya disediakan diakhir materi, yang membuat saya lebih mudah untuk mengulang materinya. Terima kasih Ruang Guru

    ReplyDelete
  86. saya senang sekali saat belajar di ruang guru dan saya menjadi lebih giat untuk belajar matematika terimaksih ruang guru

    ReplyDelete
  87. arjuna muhamad aulia 9dFebruary 13, 2023 at 9:48 AM

    sebelum saya belajar ke ruang guru saya belum mengerti beberapa materi,alhamdulillah setelah saya mencoba belajar ke ruang guru saya menjadi mengerti materi yang belum saya pahami ,TERIMAKASIH RUANG GURU ATAS ILMU DAN INSPIRASI NYA .

    ReplyDelete
  88. Exel daffa ridwansyahFebruary 13, 2023 at 9:48 AM

    terimakasih ruang guru, dengan ada nya ruang guru, saya bisa mempelajari beberapa pelajaran dengan giat

    ReplyDelete
  89. Terimakasih atas ilmu dan inspirasinya ruang guru,berkat ruang guru pelajaran menjadi lebih mudah

    ReplyDelete
  90. terimakasih ruang guru,dengan belajar di ruang guru,pelajaran lebih mudah dipahami

    ReplyDelete
  91. Setelah saya belajar di Ruangguru pengetahuan saya menjadi lebih luas dan menjadi lebih baik. materi di ruangguru sangat lengkap dan sangat mudah dipahami oleh saya, rangkuman yang singkat, mudah dan cara penerangan materi yang sangat seru membuat saya menjadi lebih semangat untuk belajar. Terima kasih ruangguru

    ReplyDelete
  92. terima kasih atas ruang guru telah menyediakan platfrom belajar yg sangat simple dan mudah dimengerti

    ReplyDelete
  93. Terima kasih ruang guru ,karena ruang guru saya lebih mudah mengerti dan semangat belajar nya

    ReplyDelete
  94. terimakasih ruang guru telah memberi sarana belajar yang mudah, dan sangat membantu siswa/siswi dalam belajar, sangat menginspirasi

    ReplyDelete
  95. terima kasih ruangguru berkat adanya aplikasi ruangguru saya lebih dapat memahami tentang pembelajaran dan mempermudah dalam proses pembelajaran berlangsung. ruangguru sangat membantu

    ReplyDelete
  96. Setelah saya belajar di Ruangguru pengetahuan saya menjadi lebih luas dan menjadi lebih baik.dari asalnya saya yang tidak mengerti materi,sekarang menjadi paham materi,materi di ruangguru sangat lengkap dan sangat mudah dipahami oleh saya,rangkuman yang singkat,padat,dan jelas,mudah dan cara penerangan materi yang sangat seru membuat saya menjadi lebih semangat untuk belajar. Terima kasih ruangguru

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan terimakasih kepada bapak iwan sumantri yang sudah memberitahu saya aplikasi ruangguru,dan fitur roboguru yang ada di aplikasi ruangguru

      Delete
  97. ketika saya belajar di ruang guru saya mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak,seperti hal yang saya tidak ketahui,dan ketika saya memakai ruang guru saya bisa mengetahui banyak hal,terima kasih ruang guru

    ReplyDelete
  98. ketika saya belajar di ruang guru,saya dapat mengetahui banyak hal,seperti contoh yang saya hal tidak ketahui seperti materi,dan ketika saya memakai ruang guru saya dapat mengetahui materi tersebut dari ruang guru,terima kasih ruang guru

    ReplyDelete
  99. terima kasih ruang guru pengetahuan saya menjadi luas stelah belajar diruang guru dan mudah dipahami.terimakasih juga kepada pak iwan

    ReplyDelete
  100. SETELAH SAYA BELAJAR DIRUANG GURU PENGETAHUAN SAYA MENJADI LUAS DAN MENJADI LEBIH BAIK . MATERI DIRUANG GURU SANGAT LENGKAP DAN SANGAT MUDAH DI PAHAMI OLEH SAYA , RANGKUMAN YANG SINGKAT, TERIMA KASIH RUANG GURU !!!!!!

    ReplyDelete
  101. terima kasih ruang guru telah memberi sarana belajar yang sangat mudah dan di pahami oleh saya , dan saya sangat paham sekali apa yang ruang guru telah jelaskan ,rangkuman sangat singkat , mudah dan cara penerangan materi yang sangat seru dan membuat saya menjadi lebih semangat untuk belajar ...TERIMAKASIH RUANG GURU & PAK IWAN

    ReplyDelete
  102. Terimakasih kepada ruang guru karena telah menyediakan sarana belajar yang bagus serta mudah dipahami, terimakasih juga kepada bapak Iwan karena telah mengenalkan kita dengan RUANG GURU yang membuat kita bisa belajar dimanapun dan kapanpun.

    ReplyDelete
  103. terimakasih kepada ruang guru yg sudah memberi sarana belajar yg mudah,dan dapat saya mengerti materi nyaa dan sangat mempermudah pembelajaran dan terimakasi jugaa kepadaa bapak iwann

    ReplyDelete
  104. TERIMA KASIH RUANG GURU TELAH MEMBERI TEORI YANG SINGKAT DAN JELAS , SANGAT MEMBANTU DALAM SEMUA MATERI PELAJARAN. WASSALAMUALAKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

    ReplyDelete
  105. Saya sangat bersyukur dengan adanya aplikasi ruang guru yang mempermudah saya dalam belajar, terimakasih kepada RUANG GURU dan bapak Iwan. Semoga dengan adanya aplikasi ini dapat menambah semangat belajar kita

    ReplyDelete
  106. Farel Aqil Noriska SalimFebruary 13, 2023 at 1:11 PM

    Saya sangat merekomendasikan aplikasi Ruang Guru ini,. Karena penjelasannya yang begitu mudah dimengerti dan ditambah juga dengan animasi yang menarik., Jadi, kita tidak mudah bosan saat belajar di Ruang Guru... Terimakasih Ruang Guru

    ReplyDelete
  107. terimakasih ruang guru dan bapak iwan, semoga dengan adanya aplikasi ini dapat meningkatkan motivasi belajar kita

    ReplyDelete
  108. terima kasih ruang guru sudah memberikan video pembelajaran yang bermanfaat dan berharga bagi saya dan video ini sangat membantu terima kasih ruang guru

    ReplyDelete
  109. Terima kasih kepada RUANG GURU karena materi dan belajarnya mudah di pahami karena tidak semua pemateri bisa menjelaskan dengan detail terimakasih juga kepada pak Iwan karena bisa mengenalkan RUANGGURU jadi saya bisa faham materi dengan cepat...tanks #pakiwansumantri #ruangguru semoga sukses terus

    ReplyDelete
  110. Terimakasih ruang guru atas pembelajarannya, mudah dimengerti dan sangat bermanfaat. Saya jadi lebih paham atas materinya. Terima kasih juga untuk Pak Iwan

    ReplyDelete
  111. Belajar di Ruang Guru sangat banyak manfaatnya. Ruang Guru berguna untuk membantu pembelajaran saya di sekolah. Jika saya tidak memahami beberapa mata pelajaran yang di pelajari di sekolah, saya menggunakan Ruang Guru untuk melihat video pembelajaran, contoh-contoh soal dll. Terimakasih banyak Ruang Guru!

    ReplyDelete
  112. VIDA ANDRIANI AZZAHRAFebruary 13, 2023 at 1:31 PM

    terima kasih kepada ruang guru , setelah saya memakai aplikasi ruang guru saya menjadi lebih mudah mencari materi dan kisi kisi yang di pelajari ,juga saya bisa menemukan rumus rumus lainnya , materi materinya menjadi mudah di pahami ,dan menambah semangat belajar saya TERIMA KASIH RUANG GURU , wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

    ReplyDelete
  113. Terimakasih untuk ruang guru karena ruang guru telah memberikan sarana belajar yang mudah untuk di mengerti oleh saya dan setelah saya melihat vidio pembelajaran dari ruang guru saya sudah mulai paham tentang materi pembelajaran yang dipelajari saat ini di ajarkan kepada saya dan teman teman oleh guru matematika saya yaitu bapak iwan sumantri.terimakasih untuk ruang guru dan bapak iwan sumantri

    ReplyDelete
  114. Terimakasih kepada ruang guru dan bapak iwan, karena telah menginspirasi kita semua dan memberikan sarana belajar yang mudah dan dapat di pahami.Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

    ReplyDelete
  115. terimakasih ruang guru dengan ada nya aplikasi ruang guru materi yang sedang saya pelajari sekarang menjadi lebih dimengerti dan lebih mudah dipahami,semoga kedepanya ruang guru lebih sukses dan lebih terkenal dikalangan anak muda zaman sekarang umumnya...dan terimakasih juga kepada bapak iwan sumantri karena telah memberi tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi ruang guru.
    salam sehat dan sejahtera...terimakasih
    DWI RETNO JALIANTI 9A

    ReplyDelete
  116. TERIMA KASIH RUANG GURU SETELAH SAYA BELAJAR DI RUANG GURU WAWASAN SAYA LEBIH TERBUKA DAN LUAS DAN SAYA MENJADI LEBIH CEPAT DAN MUDAH MEMAHAMI PELAJARAN BERKAT RUANG GURU TERIMAKASIH RUANG GURU DAN TERIMA KASIH KEPADA BAPA IWAN KARENA TELAH MENGENALKAN APLIKASI RUANG GURU

    ReplyDelete
  117. belajar di ruang guru mudah karena banyak video video yang mudah di mengerti dan juga banyak latihan latihan yang bisa membuat kita lebih mudah dalam menghadapi ulangan terima kasih ruang guru telah membantu saya belajar.
    dan terima kasih pak iwan telah membantu belajar di sekolah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas apresiasinya! yuk kita manfaatkan paltform ruang guru untuk jadi media kita belajar dan belajar !

      Delete
  118. selama saya belajar di ruang guru sangat memudahkan saya dalam mengerjakan tugas sekolah saya dan memudahkkan saya dalam pembelajaran dengan menonton vidio-vidio yang ada di ruang guru, dengan belajar di ruang guru sangat memudahkan saya dalam mengerjakan tugas-tugas.
    kepada guru kami Pak Iwan Sumantri selaku guru matematika SMP NEGERI 3 CIBADAK terimakasih atas bimbingannya selama kami belajar ini.

    ReplyDelete
  119. Terima kasih RUANG GURU ,berkat RUANG GURU saya mudah dalam memahami materi materi yang di berikan oleh guru dan dapat menambah nilai .semoga RUANG GURU semakin berkembang dan sukses selalu
    Dan terima kasih juga untuk bapak Iwan yang telah mergajar pelajaran MATEMATIKA dengan baik dan memperkenalkan RUANG GURU kepada saya, semoga sehat dan sukses selalu

    ReplyDelete
  120. terimakasih banyakk ruang guru yang telah membuat kami lebih paham dengan pelajaran karena vidio vidio pembelajaran nya yang sangat menyenangkan dan membuat kami lebih semangat untuk belajar, semoga kedepannya ruang guru lebih sukses dan vid pembelajarannya menjadi lebih kreatif dan inovatif-!!
    terimakaih juga kepada bapak iwan sumantri yang telah mengenalkan kami kepada ruang guru dan memberi tahu kami cara menggunakan ruang guru, terimakasih atas bimbingannya. sehat selalu pak, semoga terbentuk murid murid berprestasi di SMP Negeri 3 Cibadak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukses buat semuanya ! Belajar, belajar dan Belajar terus !

      Delete
  121. terimakasih bapak telah memperkenalkan ruang guru kepada saya, vidio vidio ruang guru dapat di pahami dan tidak membosankan! saya jadi semangat untuk belajar diruang guru, terimakasih pak iwan dan ruang guru.

    ReplyDelete
  122. belajar di ruang guru mudah di mengerti karena video video nya sangat jelas dan juga latihan latihan yang ada di ruang guru itu sangat mudah terima kasih ruang guru telah membantu saya dalam belajar.
    dan terima kasih pak iwan telah membantu saya untuk pepbelajaran di sekolah.

    ReplyDelete
  123. terimakasih ruang guru karna dengan adanya ruang guru saya bisa lebih mengerti dan memahami materi materi yang di sampaikan di video ,dan karena adanya ruang guru saya juga bisa mengisi soal soal dengan mudah , ruang guru juga telah memberikan video yang sangat berharga bagi saya dan dan benar benar,memberikan materi dan penjelasan yg sangat singkat dan jelas awalnya saya sebelum nya tidak mengerti dan adanya ruang guru saya lebih mengerti tentang materi yang d sampaikan terimakasi pak iwan dan ruang guru karena telah memginspirasi kita semua semoga menjadikan ilmu yg bermanfaat bagi kita semua...... ZHIA 9A.

    ReplyDelete
  124. termakasih ruang guru telah memberikan vidoe pembelajaran yang bermanfaat bagi saya

    ReplyDelete
  125. kanaya adnya cecilyaFebruary 13, 2023 at 2:40 PM

    terimakasih bapak telah memperkenalkan ruang guru kepada saya.

    ReplyDelete
  126. Terima kasih bapak Iwan Sumantri yang telah mengajarkan Matematika dengan baik dan memperkenalkan Ruang Guru kepada saya, terima kasih atas bimbingannya sehat selalu pak, semoga terbentuk murid-murid berprestasi di SMP Negeri 3 Cibadak

    ReplyDelete
  127. waww terimakasih ruang guru berkat aplikasi ini saya lebih mudah memahami tentang perbandingan!!!!!!!!

    ReplyDelete
  128. Terima kasih ruang guru telah membantu pembelajaran saya di smpn 3 cibadak

    ReplyDelete
  129. terimakasih bapa telah memperkenalkan ruang guru kepada saya semoga bermanfaat bagi saya

    ReplyDelete
  130. terimakasih ruang guru,telah berbagi pelajaran dan mempermudah kami,dan terimakasih kepada bapak iwan telah memperkenalkan kami pada ruang guru.

    ReplyDelete
  131. dari ruang guru saya semakin mudah untuk belajar, terimakasih ruoang guru

    ReplyDelete
  132. terimakasih ruang guru telah membantu pelajaran kami jadi lebih mudah dan menyenangkan dari video pembelajaran nya, video nya sangat mudah di pahami dan menyenangkan

    ReplyDelete
  133. intan widia febriantiFebruary 13, 2023 at 2:44 PM

    terimaksih bapak telah memperkenalkan ruang guru kepada saya vidio vidio ruang guru dapat di pahami dan tidak membosan kan !!saya jadi semangat untuk belajar di ruang guru,terimakasih pak iwan dan ruang guru

    ReplyDelete
  134. terima kasih pabak,telah memberikan pidio pembelajaran dari ruang guru
    yang bermanfaat bagi saya,

    ReplyDelete
  135. nazwa fitri seftianiFebruary 13, 2023 at 2:45 PM

    terimakasih untuk bapak dan ruang guru yang sudah memberi tau soal ruang guru dan terimakasih untuk ruang guru yang sudah memberi paham soal semua pelajaran dan membuat anak-anak menjadi lebih paham dan membuat menjadi semangat belajar

    ReplyDelete
  136. salsa nurmaulidah putri 7aFebruary 13, 2023 at 2:46 PM

    terimakasih kepada pak iwan sudah menyaran kan ruang guru kepada kami agar di permudah dalam pelajaran melewati ruang guru

    ReplyDelete
  137. terimakasih pak iwan telah mengenalkan ruang guru kepada saya,video video nya tidak membosankan !

    ReplyDelete
  138. terima kasih berkat ruang guru saya bisa belajar dengan lebih semangat dan lebih mudah.. dan terima kasih untuk pak iwan telah memperkenalkan ruang guru kepada saya.

    ReplyDelete
  139. terimakasih pak iwan telah memperkenalkan aplikasi Ruang Guru kepada saya, saya jadi mudah memahami materi matematika.

    ReplyDelete
  140. erida anggraeni nur fatimahFebruary 13, 2023 at 2:48 PM

    terimakasih ruang guru telah memberikan vidio yang bermanfaat bagi saya

    ReplyDelete
  141. terima kasih kepada pak iwan telah mengenalkan aplikasi ruang guru kepada saya berkat ruang guru saya jadi lebih semangat belajar

    ReplyDelete
  142. Muhammad Satria PerkasaFebruary 13, 2023 at 2:48 PM

    Assalamualaikum wr.wb, saya Muhammad Satria Perkasa dari Kelas 7A mengucapkan terima kasih telah memberikan pembelajaran kepada kami, terima kasih juga kepada Ruang Guru yang sudah memberikan video-video pembelajan yang menarik dan juga mudah untuk dipahami. Dengan menonton video pembelajaran dari ruang guru ini membuat saya mengetahui dan memahami banyak hal, contohnya tentang Perbandingan di pelajaran Matematika. Terima kasih kepada Pak Iwan yang sudah memperkenalkan Ruang Guru kepada kami, semoga kedepannya Ruang Guru dan SMP Negeri 3 Cibadak semakin maju, berkembang, dan dapat membentuk para murid yang pintar, cerdas, dan berprestasi. Sekian dan terima kasih, Wasalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wlkmslm, belajar terus dimana saja dan kapan saja !

      Delete
  143. belajar di ruang guru sangat mudah karena banyak vidio vidio yang mudah di mengerti dan juga banyak latihan latihan yang bisa membuat kita lebih mudah mengerti dalam ulangan, terima kasih ruang guru telah membantu kita belajar.

    ReplyDelete
  144. terimakasih bapak iwan dan ruang guru telah memberikan pelajaran yang bermanfaat bagi saya

    ReplyDelete
  145. Rahayu Nurul FadilahFebruary 13, 2023 at 2:50 PM

    terimakasih untuk ruang guru yang sudah memberikan vidio pembelajaran yang mudah di pahami dan membuat saya mengerti

    ReplyDelete
  146. terima kasih untuk ruang guru.berkat vidio vidio yang di berikan. saya lebih mengerti untuk belajar semua mata pelajaran yang sulit. terima kasih juga untuk bapak iwan telah memperkenalkan ruang guru kepada saya.

    ReplyDelete
  147. Terimakasih bapak Iwan dan ruang guru berkat ruang guru, saya jadi labih cepat memahami materi

    ReplyDelete
  148. Muhammad Rahlil Suryana PutraFebruary 13, 2023 at 2:57 PM

    terima kasih kepada ruang guru Dan kepada Bapak Iwan Yang Telah Memperkenalkan Ruang Guru Kepada Saya, Vidio Vidio Ruang guru Sangat Mudah dipahami Dan di mengerti

    ReplyDelete
  149. Terimakasih kepada ruang guru dan kepada bapak iwan , karena pembelajaran di ruang guru sangat mudah di pahami dan saya jadi lebih semangat belajar.

    ReplyDelete
  150. Terimakasih Buat semuanya yang sudah berkunjung ke blog Guru Ataya dan memberikan apresiasinya terhadap kegiatan "Bel Me Log PlatRG" ala Guru Ataya. Semoga segala apresiasi dan komentarnya menjadi umpan balik buat Guru Ataya dan tentunya juga buat Ruangguru, semoga proses KBM kdepannya lebih merdeka sesuai dgn kurikulum yang berlaku !

    ReplyDelete
  151. sabil syah alam akbar 9cFebruary 14, 2023 at 1:34 PM

    terimakasih buat ruang guru yang telah membuat pembelajaran kita menjadi mudah karena ruang guru sangat mudah d pahami dan saya menjadi semangat belajar dan terima kasih juga kepada bapak iwan sumantri telah memotivasikan ruang guru kepada kami

    ReplyDelete
  152. chikal allysya az'zahraFebruary 14, 2023 at 1:35 PM

    saya senang berkunjung ke blog guru ataya karna sangat membantu dalam pelajaran sy, saya berterimakasih kepada bapak iwan karna pelajaran di ruang guru sangat mudah di mengerti dan di pahami oleh saya

    ReplyDelete
  153. terimakasih kepada ruang guru

    ReplyDelete
  154. terimakasih kepada pak iwan ,setelah saya menonton vidio di ruang guru,saya bisa memahami nya dengan mudah dan pembelajaran nya asik jadinya saya lebih semangat belajar di ruang guru,terima kasih kepada pak iwan yang telah memperkenalkan ruang guru kepada saya

    ReplyDelete
  155. kaka rizaldi sulaemanFebruary 14, 2023 at 1:38 PM

    terimakasih kepada ruang guru dan blog guru ataya materinya mudah di mengerti dan menyenangkan

    ReplyDelete
  156. terima kasih untuk ruang guru.berkat vidio vidio yang di berikan. saya lebih mengerti untuk belajar semua mata pelajaran yang sulit. terima kasih juga untuk bapak iwan telah memperkenalkan ruang guru kepada saya

    ReplyDelete
  157. Mohammad Faisal RamdhaniFebruary 14, 2023 at 1:42 PM

    Terima kasih kepada Pak Iwan yang sudah memperkenalkan Ruang Guru kepada kami, semoga kedepannya Ruang Guru dan SMP Negeri 3 Cibadak semakin maju, berkembang, dan dapat membentuk para murid yang pintar, cerdas, dan berprestasi. Sekian dan terima kasih.

    ReplyDelete
  158. terimakasih untuk bapak dan ruang guru yang sudah memberi tau soal ruang guru dan terimakasih untuk ruang guru yang sudah memberi paham soal semua pelajaran dan membuat anak-anak menjadi lebih paham dan membuat menjadi semangat belajar

    ReplyDelete
  159. terimakasih kepada bapa iwan atas bimbingan belajar bersama ruang guru karena pembelajaran di ruang guru sangat mudah di pahami dan menjadi lebih semangat belajar dan telah memberikan vido yang dapat dimengerti dan bermanfaat untuk pembelajaran berkat ruang guru juga saya lebih mudah mengenal tentang perbandingan

    ReplyDelete
  160. terimakasih banyakk ruang guru yang telah membuat kami lebih paham dengan pelajaran karena vidio vidio pembelajaran nya yang sangat menyenangkan dan membuat kami lebih semangat untuk belajar, semoga kedepannya ruang guru lebih sukses dan vid pembelajarannya menjadi lebih kreatif dan inovatif-!!
    terimakaih juga kepada bapak iwan sumantri yang telah mengenalkan kami kepada ruang guru dan memberi tahu kami cara menggunakan ruang guru, terimakasih atas bimbingannya. sehat selalu pak, semoga terbentuk murid murid berprestasi di SMP Negeri 3 Cibadak.

    ReplyDelete
  161. Terima kasih kepada pak iwan.yg telah mengajarkan ruang guru kepada saya ruang guru itu sangat mudah di pahami

    ReplyDelete
  162. TERIMA KASIH KEPADA RUANG GURU KARENA ADA NYA RUANG GURU KITA LEBIH PAHAM DAN MEMAHAMI PEMBELAJARAN BANYAK VITUR YANG MEMBUAT ANAK MENJADI SEMANGAT BELAJAR

    ReplyDelete
  163. terimakasihh pak ini sangat membantu saya memahi pembelajaran dan sangat mudah di pahami dan saya jadi lebih paham dan semangat dalam pembelajaran menggunakan ruang guru, dan penjelasan nya pun asik tidak membosankan .

    ReplyDelete
  164. terima kasih kepada bapak iwan dan ruang guru telah memberikan pelajaran kepada kita melewati vidio yang ada di ruang guru sehingga kita bisa memahami pembelajaran tersebut.dengan adanya ruang guru kita semakin semangat dalam belajar.

    ReplyDelete
  165. Devan hendrian suhermanFebruary 14, 2023 at 1:46 PM

    terimakasih blog guru ataya, materi dan pembelajaran mudah di pahami dan di mengerti semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  166. Terima kasih blog guru ataya karena sudah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat ini akan menjadi pelajaran bagi saya untuk masa depan

    ReplyDelete
  167. keyla dwi indana zulfaFebruary 14, 2023 at 1:47 PM

    terimakasih kepada bapa iwan telah memberikan dan bimbingan belajar dengan ruang guru dan berkat ruang guru saya lebih mudah memahami materi dan vidio yang telah di berikan oleh ruang guru dan memberikan materi yang sangat singkat dan dapat dimengerti oleh saya

    ReplyDelete
  168. nurmala dewi rahayu 9cFebruary 14, 2023 at 1:47 PM

    terimakasih kepada pa iwan karna sudah memperkenalkan aplikasi ruang guru

    ReplyDelete
  169. silvia rahayu riski 9cFebruary 14, 2023 at 1:47 PM

    terima kasih kepada pak iwan dan ruang guru yang sudah memberikan materinya dan juga sangat bermanfaat bagi saya

    ReplyDelete
  170. terimakasih kpd bapa iwan, karna pembelajaran di ruang guru saya jadi lebih paham dan cepat mengerti :>

    ReplyDelete
  171. materi mudah di pahami dan juga tidak membosankan belajar menggunakan ruang guru, dan juga terimakasi kepada bapa iwan karena memberi inspirasi dan pemahaman yang jauh lebih baik.

    ReplyDelete
  172. zulpa aliya kautsar 9cFebruary 14, 2023 at 1:49 PM

    terimakasih kepada pak iwan telah memperkenalkan ruang guru dan terimakasih kepad ruang guru dengan adanya ruang guru memudahkan saya dalam mengerjakan tugas

    ReplyDelete
  173. Terima Kasih Kepada Ruang Guru Dan Blog Guru Ataya Materi Ruang Guru Mudah Di Pahami Dan Saya Sekarang Mengerti Setelah Melihat Vidio Di Ruang Guru

    ReplyDelete
  174. saputri humairah al khalifi 9cFebruary 14, 2023 at 1:50 PM

    terimakasih kepada ruang guru dan bapak iwan ,yang telah mengajar dan memberikan materi pelajaran yang kami belum paham

    ReplyDelete
  175. terima kasih karena pembelajaran yang saya dapat di ruang guru sangat bermanfaat dan mudah untuk di pahami, saya berterima kasih kembali kepada bapak iwan karna telah memberikan yang terbaik.

    ReplyDelete
  176. terimakasih pada bapa iwan karena dengan vidio yang telah di berikan, saya menjadi lebih paham :]

    ReplyDelete
  177. TERIMA KASIH KEPADA BAPAK IWAN DAN RUANG GURU telah membingbing pembelajaran kami,terima kasiih ruang guru atas vidio yang diberikannya cukup mudah untuk dipahami dan juga sangat membantu memecahkan soal soal yang sangat sulit.

    ReplyDelete