Sunday, February 26, 2023

Ada Keseruan di Lokakarya 4 PPGP Angkatan 6 Kabupaten Sukabumi

Ada Keseruan di Lokakarya 4 PPGP Angkatan 6

Oleh: Guru Ataya (PP_117_Iwan Sumantri)

Sukabumi, 25 Februari 2023. Setelah beristirahat dari semua aktivitas (LMS dan tugas-tugas CGP maupun PP) kurang lebih dari satu bulan, Program Pedidikan Guru Penggerak (PPGP) Provinsi Jawa Barat menggelar kembali salah satu agenda kegiatannya yaitu lokakarya. Untuk program Pendidikan guru penggerak Angkatan 6 lokarkarya yang diselengarakan adalah lokakarya 4. Lokakarya 4 Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) angkatan 6 dilaksanakan secara serentak pada tanggal 25 Februari  2023 di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat (Kab.Cianjur, Kab.karawang, Kab.Majalengka, Kab.Pangandaran, Kab.Subang, Kab.Sukabumi, Kab.Tasikmalaya, Kota Banjar, Kota Cirebon, Kota Depok, Kota Sukabumi dan Kota Tasikmalaya).

Sabtu, 25 Februari 2023 bertempat di SMP Negeri 1 Sukaraja, dilaksanakan Lokakarya 4. Hadir pada kegiatan tersebut yakni Tim BBGP Jawa Barat, Panitia dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukabumi, 41 Pengajar Praktik (PP), dan 185 CGP yang masing-masing belajar dalam 14 kelas/ruang kelas.

Kegiatan Lokakarya 4 diawali dengan acara pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Sukabumi dan sambutan dari BBGP Bapak Dr.Achyar, M.Pd,serta penutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Pepen Ruspendi M.Pd (Wakasek Kurikulum SMPN 1 Sukaraja).  Lokakarya 4 dikabupaten Sukabumi dibuka secara resmi oleh Ibu Elis Sajaah, M.Pd, selaku Kasi TK PAUD mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi tepat pukul 08.00.

Para PP Angkatan 6 Kabupaten Sukabumi

Seperti hal Lokakarya sebelumnya, kegiatan Lokakarya 4 selain dihadiri oleh tim dari BBGP Provinsi Jawa Barat beserta satkernya, juga dihadiri oleh para Calon Guru Penggerak (CGP) Program Guru Penggerak Angkatan 6 Kabupaten Sukabumi yang berjumlah 185 guru-guru hebat yang didampingi oleh para Pengajar Praktik (PP) sebanyak 41 orang. Kegiatan pembukaan lokakarya 4 berlangsung kurang lebih 45 menit, tepat pukul 09.00 para CGP dan PP masuk dalam kelas-kelas sesuai dengan pembagian kelas, setiap kelas di pandu oleh 3 orang PP didampingi para CGPnya. Saya_PP_117 Iwan Sumantri dengan para CGP 1) Ruslan SDN 1 Cigintung;2) Samsudin SDN Sempurcagak; 3) Anita SLB PGRI Gegerbitung; Heri Ashari SMPN 1 Gunungguruh, bersama PP_ 122_Eni Suryanita  dengan para CGP 1) Heti Yuliati SDN Cihaur;2) Iis Napisah SDN 1 Lembursawah; 3) Evi Iskandar SMPN 4 Cibadak; 4) Muhamad Adul Rohman SMAS Pesantren Unggul Albayan; 5) Muchamad Ruslan Munandar SMAN 1 Nagrak, dan PP_139_ Anne Listiyani  dengan para CGP 1) Yani Hamidah TKS IT Bani Saleh; 2) Nandang Setiawan SDN WR Supratman; 3) Halimatussadiah SMPN 1 Palabuhanratu; 4) Elsa Mardiana SMAN Jampangtengah; Elis Rohmiati SMAN Palabuhanratu, yang tergabung di kelas K.

Aktivitas Pembelajaran di Ruang Kelas Lokakarya 4

Seperti lokakarya sebelumnya, setelah pembukaan secara resmi, kegiatan lokakarya 4 selanjutnya dilaksanakan diruang kelas masing-masing sesuai dengan pembagian jadwal. Ada 14 ruang kelas, yang masing-masing kelas rata-rata di huni oleh 13 – 15 CGP dan 3 orang PP. Guru ataya tergabung di kelas DK.

Mengawali Kegiatan di kelas para CGP berkenalan satu sama lainnya

Agenda kegiatan di Lokakarya 4 yang bertemakan “Penguatan Praktik Coaching terbagi secara garis dalam 6 kegiatan/sesi.

1)    Pembukaan

2)    Reviu Materi dan Refleksi Pengalaman Coaching

3)    Praktik Praktik Coaching

4)    Umpan Balik Praktik Coaching

5)    Praktik Rangkaian Supervisi Akademik Menggunakan Pola Pikir Coaching

6)    Penutup

Tujuan yang diharapkan pada Lokakarya 4 adalah : 1) Peserta mampu menunjukkan kemampuan coaching yang dimilikinya; 2) Peserta mampu mengidentifikasi kekuatan,area pengembangan dan Menyusun rencana perbaikan dalam proses pembelajaran yang berpihak pada murid; 3) Peserta mampu menunjukkan kemampuan melakukan rangkaian supervisi akademik dengan menggunakan pola piker coaching.

Kegiatan awal di kelas K dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh  PP_139_ Anne Listiyani dengan menyampaikan tujuan sesi dimana 1) CGP dapat menciptakan koneksi dengan peserta lain; 2) CGP dapat memahami tujuan dan agenda pada lokakarya 4, lalu memberikan Ice Breaking  dan menyampaikan Tujuan Lokakarya 4.

PP_139_Anne Listiyani Memandu sesi Pembukaan dan Reviu Materi dan Refleksi
Pengalaman Coaching

Kegiatan pembukaan dengan durasi waktu 30 menit dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing PP dan CGP yang dikemas sedemikian rupa sehingga kegiatan perkenalan bisa menarik.

Agenda lokakarya selanjutnya memasuki pada kegiatan inti, kami melakukan dulu kesepakatan kelas yang berisi tentang aturan dan kesepakatan dalam ruang kelas yang meliputi kesepakatan dalam waktu,partisipasi,focus,ketertiban,toleransi dan kebersihan. Setelah semuanya sepakat, barulah kami belajar dan berdiskusi pada kegiatan inti Sesi 2 ; Reviu Materi dan refleksi Pengalaman Coach dimana tujuan sesi ini : 1) CGP dapat menjelaskan pemahaman yang diperolehnya dari modul coaching; 2) CGP dapat merefleksikan pengalaman praktik coaching yang sudah dilakukannya.

Peserta saat Refleksi Praktik Coaching Dari Pengalaman sebelumnya

PP menayangkan slide PPt : Apa perbedaan antara Coaching,Mentoring dan Konseling? prinsip-prinsip coaching yakni kemitraan, proses kreatif, dan memaksimalkan potensi. Selanjutnya CGP menjelaskan tentang alur TIRTA sebagai bagian dari percakapan coaching. TIRTA yang merupakan akronim dari Tujuan, Identifikasi, Rencana aksi, dan TAnggung jawab, rangkaian supervisi akademik dengan pola pikir coaching.

Sesi selanjutnya refleksi dari praktik coaching yang telah dilakukan sebelumnya. PP mengajak CGP untuk merefleksikan berbagai pengalaman yang dialaminya Ketika praktik coaching. PP membagi CGP ke dalam 3 kelompok untuk melakukan refleksi dalam kelompok. PP dalam kelompok mengajak CGP untuk berdiskusi secara terbuka, dengan meminta CGP untuk menuliskan pengalamannya dalam post-it berwarna terlebih dahulu.

Pertanyaan:

1)  Kira-kira hal apa yang menarik Ketika melakukan coaching? (post-it merah)

2)  Hal apa yang sulit untuk anda lakukan ketika melakukan coaching? (dengan post-it kuning)

3) Apa insight yang anda dapatkan setelah melakunan proses coaching? (dengan post-it hijau)

4) Apakah ada hal-hal terkait coaching yang masih belum dipahami? (dengan post-it biru)

Pada sesi praktik coaching yang dipandu oleh PP_117_ Iwan Sumantri, CGP melaksanakan dengan berpasangan dan berantai. Setiap CGP mendapatkan posisi sebagai coach dan chocee. Peserta dalam kelompok ada yang bertugas selaku observer. Setelah waktu istirahat, dilanjutkan dengan umpan balik terhadap praktik coaching, dimana pada sesi ini tujuannya CGP mampu berbagi pengalaman praktik coaching yang dilakukan sebelumnya.

PP_117_Iwan Sumantri memandu Sesi Praktik Coaching dan Umpan Balik Coaching

Sesi berikutnya yang dipandu oleh PP_122_ Eni Suryanita adalah praktik rangkaian supervisi akademik dengan pola pikir coaching dengan tujuan 1) Peserta mampu mengidentifikasi kekuatan, area pengembangan dan Menyusun rencana perbaikan dalam proses pembelajaran yang berpihak pada murid; 2) Peserta mampu menampilkan kemampuan memberikan feedback berbasis coaching untuk diskusi supervisi.  akademik,  yang meliputi, pertama : pra observasi untuk membangun hubungan antara guru dengan supervisor sebagai mitra dalam pengembangan kompetensi diri. Kedua : observasi yang merupakan aktivitas kunjungan kelas yang dilakukan oleh supervisor. Ketiga : pasca observasi merupakan percakapan antara guru dengan supervisor terkait hasil data observasi, menganalisa data, umpan balik, dan rencana pengembangan kompetensi. Praktik supervisi akademik dilakukan oleh CGP secara berpasangan dan pergantian peran. CGP menayangkan video observasi pada saat Pendampingan individu 4. Observer mengisi format pra observasi, catatan observasi, pasca observasi, dan format pengembangan diri guru.

PP_122_Eni Suryanita memandu sesi Praktik Rangkaian Supervisi Akademik Dengan
Pola Pikir Coaching dan Penutupan Lokakarya

Setelah praktik supervisi akademik, CGP melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan berdasarkan 4P (peristiwa, perasaan, pembelajaran, dan penerapan ke depan). Tantangan dalam praktik supervisi akademik dan cara mengatasinya, perasaan saat praktik coaching supervisi akademik, pembelajaran tentang ide baru yang didapatkan dan hal yang dipelajari melalui praktik tersebut, penerapan ke depan terkait hasil praktik.

Pada sesi penutup, CGP merefleksikan pengalaman dalam melaksanakan kegiatan lokakarya. Hal baik apa yang sudah dilakukan di hari ini? Dan hal apa yang bisa ditingkatkan kedepannya? Akhirnya lokakarya tiba pada penugasan terhadap CGP untuk mendampingi rekan sejawat dalam hal, pertama : menyusun RPP berdifrensiasi dan sosial emosional. Kedua melakukan observasi dengan rangkaian supervisi akademik dengan pola pikir coaching.

Salah satu CGP Memberikan Ice Breaking dan Refleksinya

Aktivitas selanjutnya penilaian terhadap PP, CGP, dan penyelenggaraan lokakarya. Dilanjutkan dengan foto bersama.

Produk Yang Dihasilkan dan Ketercapaian Tujuan Belajar

Dikegiatan inti pada sesi 1 sampai sesi 6 para CGP bisa menjelaskan perbedaan antara Coaching, mentoring dan konseling. CGP memahami prinsip-prinsip coaching (kemitraan, proses kreatif dan memaksimalkan potensi). Praktik alur percakapan coaching dengan alur TIRTA (Tujuan,Idendifikasi,Rencana Aksi dan TAnggungjawab). CGP bisa menjelaskan 3 kegiatan dalam rangkaian supervisi alademik  (pra-obesrvasi,Observasi dan Pasca Observasi). CGP bisa merefleksikan dari pengalaman sebelumnya tentang praktik coaching dari video yang dibawanya hasil dari PI 4 dan mempraktikan/melakukan coaching yang dilakukan secara berantai dan membahasnya sesuai dengan lembaran observasi praktik coaching. Para CGP mengisi lembar catatan percakapan pra observasi kelas, Lembar observasi pembelajaran, lembar catatan percakapan pasca-observasi kelas,dan rencana pengembangan diri.





Kelas K di Lokakarya 4


Kesimpulan dan Refleksi Pembelajaran

Ada pepatah yang menyatakan ”guru terbaik adalah pengalaman”, Setiap pengalaman membuat kita tumbuh, namun kita tidak akan belajar dari pengalaman jika pengalaman tersebut tidak dimaknai, oleh karena itu mari kita maknai pembelajaran di lokakarya 4 ini.

“Orang yang berhasil akan mengambil manfaat dari keslahan-kesalahan yang ia lakukan, dan akan mencoba Kembali untuk melakukan dalam suatu cara yang berbeda”  - DaleCamegie

Terimakasih, Salam dan Bahagia



No comments:

Post a Comment