Wednesday, August 31, 2022

Ada Sesuatu di Ruang Diskusi Virtual Fasil Rahmatilah Syam

 Ada Sesuatu di Ruang Diskusi Virtual Fasil Rahmatilah Syam

Oleh: Guru Ataya (Iwan Sumantri PP_117 Ang.6)

Cibadak, 31 Agustus 2022. Hari kedua kegiatan Calon Guru Penggerak (CGP ) Angkatan 6 di Modul – 06 – 46 – Jabar – Rahmatilah-Syam adalah membahas Paket Modul 1 Paradigma dan Visi Guru Penggerak dengan Sub Modul 1.1. Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional – Ki Hajar Dewantara (KHD) diisi dengan 1.1.a.4.1. Forum Diskusi Modul 1.1 di Ruang Diskusi Virtual.

Guru Ataya diagenda ini masuk dalam kelompok B Bersama PP 118 Bu Nina Nuramelia dengan jumlah CGP 4 guru hebat dengan PP 117 dan 5 Guru Hebat Bersama PP 118.

Ruang diskusi Virtual Bersama Fasil Pak Rahmtilah Syam di mulai pukul 19.15. Alhamdulilah kami dikelompok B berjumlah 11 orang bisa hadir dan bertatap maya di runag Gmeet yang disediakan. Agenda Diskusi Virtual diawali dengan pembukan dan doa Bersama yang dipimpin oleh fasilitator kelompok kami.

Agenda di diawali dengan berpantun dan pembuatan kesepakatan kelas di ruang Diskusi. Dengan media Jambord fasilitaor menayangkan kesepakatan kelas. Semua peserta mengisinya dengan antuisias, walau diantara mereka baru mengenal media tersebut, tetapi dengan semangat dan keinginan untuk mengisi terasa familiar media tersebut. Kesepakatan kelas telah terbentuk salah satunya adalah kehadiran harus tepat waktu, saat ada yang berbicara, semua microfon di offkan. Jika mau bertanya harus resend dulu (angkat tangan). Semua peserta mengisi jambord dengan antusias…..ada ilmu baru..ada sesuatu yang baru disini bagi para CGP yang baru mengenalnya.


Sebelum ke materi pokok, Fasilitator membuat Es Breaking Ala Fasilitator Rahmatilah Syam, sehingga suasana yang awalnya tegang, mulai mencair, ada senyum dan tawa di para CGP kelompok B. Es Breaking Menyusun Kata…. RANGKASULA…..menjadi……SUKALARANG….KOLOCIS…. menjadi CISOLOK…..HANTURAPELABU….menjadi PELABUHANRATU……dan seterusnya….benar-benar menantang, sesuatu banget.

Memasuki materi diskusi, fasilitator memberikan pertanyaan pemantik, yang harus didiskusikan semua peserta virtual termasuk guru ataya untuk memberikan pendapatnya.

Tujuan Pembelajaran KhususPeserta mampu memberikan perspektif reflektif kritis tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara dalam forum diskusi.

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)

Baca Juga: 


Pada Pembelajaran kali ini, CGP akan berlatih membangun kerangka berpikir dan menyampaikan ide serta gagasan berdasarkan pemahaman dan internalisasi konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD) dalam ruang diskusi virtual. 

Dalam forum diskusi virtual, Fasilitator memfasilitasi diskusi bagaimana para CGP  memahami pemikiran filosofis KHD untuk melatih CGP untuk lebih saksama memaknai dan menghayati pemikiran KHD dalam menuntun kekuatan kodrat anak dan bagaimana penerapannya pada konteks lokal sosial budaya di daerah CGP.


Memulai Eksplorasi Konsep melalui forum diskusi di ruang ‘virtual’, CGP diberikan pertanyaan reflektif terkait pemahaman CGP mengenai pemikiran filosofis KHD. Pertanyaan pemantik berikut dapat CGP renungkan sebelum sesi dimulai:

  • Apa makna kata ‘menuntun’ dalam proses pendidikan anak bagi saya? 
  • Bagaimana kata “menuntun” saya maknai dalam konteks sosial budaya di daerah saya? Apa dapat saya lakukan untuk mewujudkan pendidikan anak yang relevan dengan konteks sosial budaya di daerah saya?
  • Mengapa pendidikan murid (anak) perlu mempertimbangkan kodrat alam dan kodrat zaman?
  • Apa relevansi pemikiran KHD “Pendidikan yang berhamba pada anak” dengan peran saya sebagai pendidik?

Dimulailah satu persatu para CGP mengeluarkan amunisi dan pemahaman mereka tentang modul yang sudah dipelajarinya dengan 4 pertanyaan pemantik diatas. Dengan segala kemampuan dan pemahaman yang dimilikiya, para CGP saling berpendapat dan sharing untuk berbagi apa yang telah mereka dapatkan selama pembelajaran di hari kedua tersebut. Semua pendapat dan isi pikiran para CGP tentang filosofi KHD semuanya tergali. Tak salah para CGP ini terpilih, karena memang mereka adalah guru-guru hebat yang akan berkontribusi di dunia Pendidikan dan calon-calon pemimpin di dunia Pendidikan di masa dating.

Kegiatan di akhiri dengan refleksi di jambord, dengan peristiwa, perasaan dan perubahan apa yang terjadi di masing-masing CGP. Benar-benar ada sesuatu di kegiatan ini yang bisa berkontribusi di dunia Pendidikan kedepannya.







6 comments:

  1. Tulisannya enak sekali dibaca pk, harus belajar banyak dari bpk ini, walaupun forum diskusi didunia maya seperti ini tetapi atmosfer nya terasa nyata. Sungguh pengalaman yang sangat berharga bagi saya untuk terus belajar dari bapak/ibu hebat. Salam literasi guru penggerak

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Pak Ruslan: Terimakasih Pak Ruslan atas apresiasinya. Kaya makanan saja enaknya. Salam literasi untuk semua guru penggerak di negeri ini !

      Delete
  2. Terima kasih atas rangkumannya. Sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Bu Wiwin Wintarsih: Terimakasih Bu atas apresiasinya, semoga bermanfaat dan mudah2an bisa jadi bahan pembelajaran buat semuanya!

      Delete