Sunday, September 4, 2022

Catatan PP di Lokakarya Orientasi PPGP Angkatan 6 Kabupaten Sukabumi

Catatan PP  di Lokakarya Orientasi PPGP Angkatan 6 Kabupaten Sukabumi

Oleh: Guru Ataya (PP_116_Iwan Sumantri)

Sukabumi, 3 September 2022. Sesuai dengan agenda Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 dikeluarkan oleh BBGP Provinsi Jawa Barat melalui Surat Undangan Nomor: 1650/B7.2/GT.02.00/2022 tertanggal 31 Agustus 2022 perihal Lokakarya Orientasi PPGP Angkatan 6.

Dalam rangka sosialisai dan koordinasi penyelenggaraan PGP di setiap Kab/Kota sasaran dengan melibatkan berbagai unsur dalam ekosistem sekolah,maka BBGP Provinsi Jawa Barat akan melaksanakan Lokakarya Orientasi secara Daring. Melalui surat undangan tersebut, BBGP Provinsi Jawa Barat mengharapakan pada Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk mengizinkan dan menugasi nama-nama CGP dan PP sesuai lampiran untuk mengikuti kegiatan tersebut yang pelaksanaanya di hari Sabtu, 3 September 2022 mulai pukul 07.45 s.d. 16.15 WIB.

Ada 10 Kabupaten dan 2 Kota yang terdaftar di Program Guru Penggerak Angkatan 6, salah satunya adalah Kabupaten Sukabumi dan PP didalamnya adalah Iwan Sumantri.

Berbeda dengan agenda lokakarya Orientasi PGP Angkatan sebelumnya, di Angkatan 6 ini lokakarya orientasi dilaksanakan secara daring dengan jadwal Lokakarya Orientasi sebagai berikut:

No

Waktu (WIB)

Kegiatan/Materi

Petugas

Peserta

 

1.

 

07.45 – 08.30

Pembukaan Lokakarya

Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi

 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi

 

Dinas, KS, PS dan CGP

 

2.

 

08.30 - 09.15

Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota

Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota

 

Dinas, KS, PS dan CGP

3.

09.15 - 10.00

Pembukaan pembelajaran di kelas

Pengajar Praktik

Dinas, KS, PS dan CGP

 

4.

 

10.00 – 10.45

Perkenalan Diri dan Kesepakatan Kelas

 

Pengajar Praktik

 

Dinas, KS, PS dan CGP

 

5.

 

10.45 – 11.30

Harapan dan Kekhawatiran Perjalanan Calon Guru Penggerak

 

Pengajar Praktik

 

Dinas, KS, PS dan CGP

6.

11.30 – 12.15

Perjalanan Calon Guru Penggerak

Pengajar Praktik

Dinas, KS, PS dan CGP

7.

12.15 – 13.15

                                                     istirahat

8.

13.15 – 14.00

Posisi Diri

Pengajar Praktik

Dinas, KS, PS dan CGP

9.

14.00 – 14.45

 

Rencana Pengembangan Diri Pengenalan Portofolio Digital Refleksi dan Penutup

 

 

Pengajar Praktik

 

 

CGP

10.

14.45 – 15.30

11.

15.30 – 16.15

Baca Juga:

Kegiatan Lokakarya secara daring dimulai dengan pembukaan di ruang zoom yang diikuti oleh semua undangan, baik dari dinas Pendidikan (kepala dinas,para pengawas dan kepala sekolah) juga di hadiri oleh tim Satker BBGP Provinsi Jawa Barat. Kegiatan pembukaan secara umum dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. Kurang lebih selama 1 jam acara pembukaan berlangsung. Kegiatan berikutnya adalah pembukaan pembelajaran di kelas yang dipandu oleh para PP. Dikabupaten Sukabumi tercatat ada 41 PP yang tersebar di tingkat TK,SD,SMP dan SMA/SMK.

Peserta dalam Lokakarya Orientasi di pembukaan Pembelajaran di Kelas yang di pandu oleh para Pengajar Praktik (PP) terdiri dari 1 PP, para CGP (jumlah sesuai yang didampingi PP), para Kepala Sekolah CGP dan pengawas pembina.

Saya selaku PP_116 mendampingi CGP berjumlah 4 orang. (CGP Anita SLB PGRI Gegerbitung, Ruslan SDN Cigintung Gegerbitung, CGP Samsudin SDN Sempur Cagak; Heri Ashari SMPN 4 Satap Gegerbitung).

Aktivitas pembelajaran (Pelaksanaan Loka Orientasi) PP Iwan Sumantri secara daring diikuti oleh semua CGP, 3 Kepala Sekolah dan 1 yang mewakili kepala sekolah. Di ruang Googmeet yang disediakan SatKer BBGP Provinsi Jawa Barat ada di room 3 dengan nomor kelas 5 (https://bit.ly/tautanorientasiA6-bbgpjabar).

Aktivitas pembelajaran di room GMett yang saya lakukan sesuai dengan panduan yang ada di modul panduan Lokakarya Orientasi. Kegiatan dimulai dengan perkenalan diri dan kesepakatan kelas. Waktu kegiatan kurang lebih 45 menit, dimulai pukul 09.15 s.d. 10.00.Pembelajaran dikelas berikutnya Bersama para CGP dan Kepala Sekolah yang hadir adalah membuat Harapan dan Kekhawatiran perjalanan calon guru penggerak yang di sajikan melalui jambord. Diskusi secara virtual para CGP dan kepala sekolah mengisi aktivitas tersebut melalui link jambord : https://bit.ly/harapankupp116. 45 menit peserta dengan teliti dan focus menuliskan harapan dan kekhawatirannya. Hal tersebut kami diskusikan dengan terbuka, yang pada akhirnya mereka menuliskan dan mengindentifikasi strategi agar harapan bisa terjadi dan kekhawatiran untuk tidak terjadi.

Diakhir sesi pertama pukul 11.30 s.d. 12.15 para CGP dan pserta di room diajak berdiskusi bagaimana perjalanan Calon Guru Penggerak. Dimulai dengan pendaftaran CGP, pengumuman tahap 1, pelaksanaan wawancara dan simulasi mengajar yang pada akhirnya CGP sampai pada tahap lokakarya orientasi saat sekarang. Ada waktu 6 bulan kedepan CGP harus menyelesaikan program yang harus dilakukan dengan mempelajari modul-modul buat CGP ( 10 Modul), 6 pendampingan individu dan 7 Lokakarya bersama PP, yang pada akhirnya di Lokakarya ke-7 CGP melaksanakan panen hasil karya.

Diperjalanan Program Guru Penggerak juga para peserta diajak untuk mengembangkan profesinya. Kegiatan pengembangan profesi melalui pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembangnya peserta didik secara holistic,aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem Pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Diakhir kegiatan pada sesi ini, peserta di ajak untuk menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila dengan lirik nada lagu anak-anak becak.

  • Saya ingin menjadi Pelajar Pancasila
  • Beriman dan  bertakwa pada Tuhan Yang Esa
  • Berkebhinnekaan global, gotong royong, mandiri
  • Kreatif dan bernalar kritis

Tautan untuk Perjalan Guru Penggerak bisa dilihat di tautan Padlet https://padlet.com/timPGP2/oe5gwfgb1568snzn.

Kegiatan pembelajaran dikelas secara daring istirahat di pukul 12.15 s.d. 13.15 setelah para peserta mengisi LK 1 tentang Lembar Kerja Kesepakatan Peran CGP dan Kepala Sekolah

Tepat pukul 13.15, s.d. pukul 16.15 kegiatan pembelajaran dikelas dimulai lagi dengan aktifitas diskusi  mengenai posisi diri para CGP, rencana pengembngan diri, pengenalan Portofolio Digital dan diakhiri dengan Refleksi dan Penutup.

LK 2: Lembar Asesmen Diri Kompetensi Guru Penggerak yang harus dimiliki CGP yaitu Pengembangan diri dan orang lain; Kepemimpinan Pelajaran; Kepemimpinan  Manajemen Sekolah; Kepemimpinan Pengembangan  Sekolah

Dengan semangat dan kebersamaan serta focus untuk menyelesaikan Lembar Kerja (LK 1 sd LK 5) akhirnya peserta sampai diakhir kegiatan dengan mengisi refleksi lokarya orientasi yang tersaji di link padlet  https://padlet.com/iwansumantri2014/wcllk0sfryx1i7rf.

3 comments:

  1. Replies
    1. Mantap kembali buat bu Prapti Sudarsono yang sudah mampir di blognya guru ataya

      Delete