Tuesday, August 16, 2022

Pengabdian dan Perjuangan Itu Akan Segera di Mulai

Pengabdian dan Perjuangan Itu Akan Segera di Mulai

Oleh: Guru Ataya (Iwan Sumantri)

Cibadak, 16 Agustus 2022. Setelah pembekalan dan melewati serta menunggu cukup lama dari Calon Pengajar Praktik (CPP) menjadi Pengajar Praktik (PP) Angkatan 6, akhirnya Jumat,12 Agustus 2022, guru Ataya menerima rekapan para PP Angkatan 6 dengan para CGP yang akan didampingya. Ada 41 PP Angkatan 6 dari Kabupaten Sukabumi yang tergabung ( 17 PP Angkatan 3 dan 24 PP Angkatan 6), sedangkan para CGP Angkatan 6 kurang lebih ada 186 guru hebat yang tersebar dari Utara dan selatan Kabupaten Sukabumi.

Seperti kita ketahui, Pendidikan Guru Penggerak adalah program Pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelaihan daring,lokakarya,konfrensi, dan pemdampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program guru tetap menjlanakan tugas mengajarnya sebagai guru.

Sementara untuk Pengajar Praktik mendampingi peserta menjalankan perannya sebagai calon guru penggerak, khususnya pada pasca pelatihan selama 6 bulan. Pengajar Praktik diundang sebagai instruktur tamu pada proses Pendampingan

Pengajar Praktik akan bertugas selama 6 bulan

Peran PP

  • Memfasilitasi lokakarya pada setiap bulan
  • Berbagi praktik baik dengan calon guru penggerak
  • Mengevaluasi dan memberi umpan balik calon guru penggerak
  • Memfasilitasi proses refleksi dan rencana tindak lanjut untuk peserta saat masa daring
  • Membuat laporan capaian perkembangan calon guru penggerak

Kompetensi PP Yang di Harapkan

  • Menguasai teknik dan keterampilan mentoring dan coaching
  • Menyusun rencana Pendampingan
  • membuat kesepakatan dengan calon guru penggerak
  • Membuat jadwal Pendampingan
  • Memiliki komitmen untuk memenuhi tenggat waktu
  • Mengevaluasi dan memberi umpan balik calon guru penggerak
  • Berkomunikasi dengan efektif
  • Memiliki kemampuan andragogi

Baca Juga:

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, komunitas para PP Angkatan 3 ( Tim PP17) yang dikomandani oleh Pak Aan SY selaku Ketua Koordinator Para PP Kabupaten Sukabumi melakukan langkah cepat berkoordinasi,komunikasi dan silatuhrami serta berdiskusi dengan para PP yang terpilih di Angkatan 6 dengan melaksanakan GMeet pada hari Senin, 15 Agustus 2022 pada pukul 16.00.

Dihari itulah kita para PP Angkatan 6 Kabupaten Sukabumi bertatap maya dan saling berkenalan serta berbagi pengalaman. Alhamdulillah untuk kabupaten Sukabumi PP Angkatan 6 nya gabungan dari para PP Angkatan 3 yang sudah menjalankan tugas sebelumnya selama 9 bulan sebanyak 17 PP bergabung dengan PP rekutmen regular Angkatan 6 berjumlah 24 PP, sehingga jumlah seluruh PP Angkatan 6 kabupaten Sukabumi sebanyak 41 PP.

Ini adalah kolaborasi dan Kerjasama yang baik, dimana guru ataya selaku PP baru di Angkatan 6 ,mudah-mudahan tidak akan mendapatkan kesulitan ketika berjuang dan mengabdi dilapangan bersama para CGP, karena sudah ada dan banyak PP Angkatan 3 yang sudah berjuang sebelumnya.

Dari hasil GMeet  kemarin, kami dengan penuh kekeluargaan dan sukarela membentuk kepengurusan PP Angkatan 6 Kabupaten Sukabumi. Sang Kapten/Ketua Pak Aan Syaripudin; Sekretaris 1:  Bu Hesti @Tea Daryadi ; Sekretaris 2 : Pa Angga @Angga Cahya Anuraga; Bendahara 1 : Bu Hj. Yeti @Yetisupriati; Bendahara 2: Pa Ricky @Icky .


Kegiatan Gmeet selain diisi dengan perkenalan masing-masing PP juga ada cerita suka duka dari para PP Angkatan 3 yang sudah bertugas sebelumnya. Banyak motivasi dan pembelajaran bagi saya khususnya untuk tetap semangat dan berjuang menghantarkan dengan belajar Bersama, tergerak, bergerak dan menggerakkan para CGP ke jenjang GP yang diharapakan dan menjadi asa kita bersama.

Yuk untuk para CGP Angkatan 6 Kabupaten Sukabumi persiapkan diri 6 bulan kedepan dengan penuh semangat, kita bersama untuk  mensukseskan program guru penggerak ini dengan apa yang kita miliki untuk bersama berkontribusi di dunia Pendidikan dan mempersiapkan diri menjadi pemimpin pembelajaran bagi anak-anak para generasi emas di waktunya nanti.









No comments:

Post a Comment