Saturday, July 2, 2022

Hari Ke-4 : Konsep Paket Modul 2 dan 3

Hari Ke-4 : Konsep Paket Modul 2 dan 3

Oleh: Guru Ataya (Iwan Sumantri)

Cibadak, 9 Juni 2022 Hari Ke-4 : Penyelarasan Konsep Paket Modul 2 dan 3, serta Buku Pegangan Pendampingan Individu dan Lokakarya

Pada kegiatan ini, peserta CPP Angkatan 6 gelombang 1 mengikuti kegiatan penjelasan mengenai poin-poin berikut bersama fasilitator:

  1. Paket Modul 2. Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada murid 
  2. Paket Modul 3. Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah
  3. Bedah Buku Pegangan Pendampingan Individu Calon Guru Penggerak
  4. Bedah Buku Pegangan Lokakarya Calon Guru Penggerak

Berikut hasil yang saya dapatkan pada kegiatan di hari ke 4:

Pembelajaran pada hakikatnya memberikan layanan optimal kepada peserta didik dengan memperhatikan perbedaan & karakteristik individu masing-masing peserta didik. Guru harus mengupayakan pelayanan yang berbeda untuk setiap peserta didik, bukan sebaliknya peserta didik yang mengikuti gaya mengajar guru.


Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Keputusan-keputusan yang dibuat tersebut adalah yang terkait dengan:

  1. Kurikulum yang memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas. Bukan hanya guru yang perlu jelas dengan tujuan pembelajaran, namun juga murid-muridnya.
  2. Bagaimana guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar muridnya. Bagaimana guru akan menyesuaikan rencana pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid tersebut. Misalnya, apakah ia perlu menggunakan sumber yang berbeda, cara yang berbeda, dan penugasan serta penilaian yang berbeda.
  3. Bagaimana guru menciptakan lingkungan belajar yang “mengundang’ murid untuk belajar dan bekerja keras untuk mencapai tujuan belajar yang tinggi. Bagaimana guru memastikan setiap murid di kelasnya tahu bahwa akan selalu ada dukungan untuk mereka di sepanjang proses belajar mereka.
  4. Manajemen kelas yang efektif. Bagaimana guru menciptakan prosedur, rutinitas, metode yang memungkinkan adanya fleksibilitas, namun juga struktur yang jelas, sehingga walaupun murid melakukan kegiatan yang mungkin berbeda-beda, namun kelas tetap dapat berjalan secara efektif.
  5. Penilaian berkelanjutan. Bagaimana guru menggunakan informasi yang didapatkan dari proses penilaian formatif yang telah dilakukan, untuk dapat menentukan murid mana yang masih ketinggalan, atau sebaliknya, murid mana yang sudah lebih dulu mencapai tujuan belajar yang ditetapkan, dan kemudian menyesuaikan rencana dan proses pembelajaran.


Baca Juga:


Beberapa kegiatan untuk perbaikan dalam fasilitasi calon guru penggerak diantaranya :

Pendampingan Calon guru penggerak dilaksanakan dalam situasi yang menyenangkan

memberikan kesempatan kepada Calon Guru Penggerak untuk lebih berkreasi,

Memberikan keleluasaan kepada calon guru penggerak untuk mengungkapkan kesulitan dan kendala serta hambatan untuk dicarikan solusinya

 Fasilitasi yang dilaksanakan ttidak bersifat menggurui,

Memberikan kesempatan kepada calon guru penggerak untuk mengungkapkan ide-ide cemerlangnya.

 

Bersambung ( Kegiatan Hari Ke-lima) 

2 comments:

  1. Makasih pak untuk selalu diingatkan kembali akan tugas sebagai PP

    ReplyDelete