Saturday, July 2, 2022

Ada Sesuatu dihari Kelima Kelas C Pembekalan Calon Pengajar Praktik Angkatan 6

Ada Sesuatu dihari Kelima Kelas C Pembekalan Calon Pengajar Praktik Angkatan 6

Oleh: Iwan Sumantri (SMPN 3 Cibadak)

Jumat, 10 Juni 2022, pembekalan Calon Pengajar Praktik (CPP) gelombang 1 tahun 2022 memasuki hari kelima dengan aktivitas sinkronus dan asinkronus melalui Gmet dan LMS yang dipandu intruktur Ibu Anita Taurisia Putri dari kota Makasar. Kegiatan dimulai pada pukul 06.30 sd 07.30 dengan belajar mandiri melalui LMS yang disediakan untuk masing-masing peserta.

Tepat pukul 07.30, kami masuk kelas kecil melalui Gmeet dengan materi Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik Pembelajaran. Pada kegiatan ini kami dirahkan untuk membuat lingkaran emas pribadi (Golden Circle). Pada awalnya saya bingung bagaimana memulainya untuk membuat lingkaran emas pribadi tersebut. Dengan penjelasan dan pemaparan sang instruktur (ibu Anita) akhirnya saya bisa membuat lingkaran emas pribadi tersebut dengan bantuan kata WHY (tujuan: alasan, keyakinan, motivasi), HOW (strategi dan kebutuhan), WHAT (langkah-langkah konkrit dan waktu yang dibutuhkan).

Hasilnya inilah golden Circle Iwan Sumantri:



Saya mengikuti program pembekalan CPP Guru Penggerak sebagai Pengajar Praktik memiliki tujuan untuk memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan, karena kedepannya ada transformasi pendidikan yang perlu kita ikuti dan kita harus berperan didalamnya.

Melalui pemanfaatan kemampuan yang saya miliki berdasarkan profesi saya sebagai pendidik (wakasek kurikulum) dengan mempelajari modul-modul yang disediakan dalam kegiatan pembekalan sebagi acuan dan referensi untuk perbaikan pendidikan kedepannya. Dengan pengaturan waktu dan memenejnya saya yakin bisa mengikutinya, selain itu juga saya yakin akan bisa melaksanakan tugas ini dengan amanah dan penuh tanggungjawab karena ada rekan guru lainnya yang hebat yang punya semangat untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan dengan upaya kerjasama dan saling membantu.

Untuk mencapai tujuan saya mengikuti pembekalan CPP tersebut saya perlu mengeksplorasi berbagai pengetahuan dan keterampilan tentang tupoksi pengajar praktik dalam program guru penggerak salah satunya dengan mengikuti pembekalan diklat CPP angkatan 6 ini, sehingga pada akhirnya dapat menyusun dan melaksanakan rancangan program kegiatan sesuai dengan tupoksi saya selaku pengajar praktik serta memiliki kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi kepada guru dan pada akhirnya mampu menggerakkan komunitas belajar dengan mempelajari modul-modul yang diberikan. Saya membutuhkan kerjasama dan saling berbagi antar peserta pembekalan.

Untuk dapat melaksanakan kegiatan yang saya rencanakan sebagai pengajar praktik maka saya perlu vokus dan mengikuti aktivitas kegiatan pembekalan baik yang sinkronus maupun yang asinkronus dengan disiplin dan penuh tanggungjawab, selain itu kooordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak yang berkepentingan serta berkolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan bersama dengan rekan-rekan CPP sangat diperlukan, langkah membentuk team (kelompok) yang solid sehati dan sepenangungan tentu diperlukan sekali, sehingga dapat mencapai tujuan dan harapan dari program guru penggerak,tergerak,bergerak dan menggerakkan semua elemen di dunia pendidikan.

Tak sempurna memang hasilnya, tapi setidaknya ada sesuatu yang bisa didapatkan dari hasil pembekalan hari kelima tersebut.

Sambil pemaparan melalaui Gmeet instruktur memberikan penguatan untuk modul 5 dengan materi penetapan tujuan,refleksi dan umpan balik pembelajaran. Peserta diajak berdikskusi dan sharing pengalaman tentang materi tersebut yang sebelumnya sudah dibaca dan dipelajari di LMS.

Tepat pukul 10.30 aktivitas di Gmeet berakhir. Banyak hal yang isa didapatkan dari aktivitas tersebut. Pukul 13.00 sd 14.00, kami masuk lagi di Gmeet dengan materi  pendidikan yang memerdekan. Kami diajak untuk kembali mengingat pengalaman belajar disatu masa tertentu (misalnya waktu di TK/SD/SMA) sebagai murid. Disinilah kami bisa berbagi Pendidikan yang memerdekakan. Kita bisa jadi guru salah satunya karena pengalaman ketika kita jadi murid.

Aktivitas hari kelima, ditutup dengan refleksi yang harus dibuat oleh masing-masing peserta. Ada Sesuatu dihari kelima Kelas C Pembekalan Calon Pengajar Praktik Angkatan 6.



Inilah refleksi guru Iwan Sumantri :

Setelah pembelajaran ini akhirnya saya memahami...

Materi tentang penetapan tujuan, refleksi dan umpan balik di LMS pada alur Mulai dari diri, ,Eksplorasi konsep, Ruang Kolaborasi, Demontrasi kontekstual,Elaborasi Pemahaman, Koneksi antar materi dan aksi nyata.Saya memahami bagaimana pemahaman dan kesadaran mengenai pentingnya menetapkan tujuan, dan melakukan refleksi yang bermakna


Baca Juga:


Setelah pembelajaran ini akhirnya saya mampu...

Mengisi template Lingkaran Emas Pribadi Pribadi: Why-How-What dan melakukan reviu terhadap model refleksi yang sudah diisi dan mendapatkan penguatan  erhadap “kebermaknaan” dan pengembangan diri dan meng-uploadnya di LMS. Saya ampu membandingkan refleksi yang sudah diisi di hari ke-2 s.d hari ke-4 dengan hari ke-5, selain itu juga saya mampu mendapatkan pembelajaran bermakna dari dua perbandingan hasil pengisian refleksi.Mampu menggali dan menemukan manfaat dari praktik memberi dan menerima umpan balik dan yang terakhir saya mampu berlatih memberi dan menerima umpan balik secara berkelompok melalui kegiatan virtual.

Setelah pembelajaran hari ini perasaan saya...

Semakin yakin untuk melaksanakan tugas Pengajar Praktik Calon Guru Penggerak di lapangan nanti

Setelah pembelajaran ini target saya berikutnya...

Menyusun rencana untuk membuat refleksi lebih baik dan sesuai yang diharapkan pada kegiatan-kegiatan berikutnya.

 

No comments:

Post a Comment