Sunday, December 19, 2021

Talkshow Ala Guru Ataya

 Talkshow Ala Guru Ataya

Oleh: Guru Ataya

Cibadak, 17 Desember 2021. Bertepatan dengan launching chanel youtube sekolah SMPN3CIBADAKOFFICIAL  Guru Ataya diberi kesempatan untuk menjadi pembicara di salah satu acara tersebut yaitu Talkshow bersama guru-guru SMPN 3 Cibadak, membahas tentang literasi digital yang sekarang sedang ramai dan menjadi isu hangat di dunia maya. 

Acara talkshow dikemas sedemikian rupa dengan moderator bu Aulia Adha yang familiar dengan dunia maya di medsos. Pembahasan sekitar literasi budaya digital yang saat ini sedang genjar-genjarnya disosialisasikan oleh Pak Jokowi.

Perbincangan diawali dengan obrolan sekitar dunia literasi yang harus dan mau tidak mau kita harus melaksanakan dan memahaminya terutama mengenai literasi digital sekarang ini.

Kerap kali penggunaan kata literasi dan numerasi dirujuk secara tunggal hanya sebagai kata literasi, namun pada kenyatannya literasi dan numerasi memiliki pengertian yang berbeda. Dalam literatur ilmiah, literasi dijelaskan sebagai kemampuan untuk memahami dan menanggapi teks tertulis dengan tepat. Pengertian teks dalam konteks ini tidak hanya mencakup tulisan, namun juga berupa simbol, angka, serta grafik. Sedangkan numerasi diartikan sebagai kemampuan untuk menerapkan konsep numerik dan matematika di dalam kehidupan sehari-hari.

Literasi baca dan tulis Literasi dasar ini merupakan pengetahuan dan kecakapan dalam memperoleh dan mengolah informasi untuk mengembangkan pemahaman dan potensi.  Untuk melatih kemampuan ini, bersumber dari gln.kemdikbud.go.id, Anda bisa melakukan kegiatan sebagai berikut: Membaca dan menulis bersuara. Membaca dan menulis terpadu. Membaca dan menulis bersama. Membaca dan menulis mandiri.

Literasi numerasi Merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk memperoleh dan mengomunikasikan berbagai macam angka dan simbol untuk memecahkan amsalah di kehidupan sehari-hari. Literasi ini berkaitan dengan kemampuan berhitung dan memahami angka dan data. Kemampuan ini membantu pelajar untuk berpikir rasional, sistematis, mengambil keputusan, dan menyelesaikan masalah dengan kritis. 

Literasi Sains Literasi sains merupakan pengetahuan dan kecakapan dalam memperoleh pengetahuan dan menjelaskan fenomena ilmiah, serta meningkatkan kemauan untuk peduli pada isu-isu yang terkait sosial dan sains. Kemampuan literasi sains harus dimiliki pelajar agar siap menghadapi tantangan abad ke-21. 

Literasi digital  Kemampuan dalam menggunakan media digital dan alat-alat komunikasi dalam rangka membina interaksi di kehidupan sehari-hari.  Literasi digital penting dimiliki pelajar agar mereka tidak ketinggalan informasi yang terus berubah. 

Literasi finansial Literasi dasar ini merupakan kemampuan untuk memahami konsep dan risiko dalam konteks finansial untuk meningkatkan individu maupun sosial.  Tidak jarang remaja kesulitan dalam mengelola finansial mereka karena kurang dalam pengetahuan finansial.  Mulai sekarang, tingkatkan kemampuan literasi finansial Anda. Banyak sumber baik daring maupun luring yang bisa membantu meningkatkan literasi dasar ini.

BUDAYA DIGITAL

Budaya digital merupakan hasil dari pola pikir, kreasi dan cipta karya manusia berbasis teknologi internet yang ditentukan oleh penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Apa yang dimaksud dengan digital?

Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari.

Apakah bagus jika dilakukan adanya digitalisasi kebudayaan?

TEKNOLOGI digital telah menawarkan banyak hal positif bagi penguatan budaya. Kemudahan akses informasi serta data yang dapat disajikan, dapat menjadi penuntun melihat berbagai kehidupan dan budaya pada masa lalu serta sebagai upaya untuk mempersiapkan masa depan

Apa itu keterampilan digital?

Ilustrasi Digital Skills (Ist) ... Keterampilan digital atau biasa dikenal dengan digital skills ialah suatu kemampuan seseorang dalam memahami, mengoperasikan, menggunakan, dan memanfaatkan teknologi untuk mengakses dan mengelola informasi.2

Apa itu digital dan contohnya?

Digital adalah segala sesuatu, baik grafis, teks, angka, maupun obyek lain yang dideskripsikan atau tersedia dalam bentuk numerik yaitu bilangan biner 0 dan 1 yang ditampilkan maupun tidak dengan bantuan peranti tertentu.

Apa saja dampak dari kebudayaan Indonesia?

Jawaban: dampak kebudayaan bagi indonesia adalah indonesia dapat merperkenalkan dan menyebarluaskan kebudayaan yang beranekaragam kepada masyarakat luar agar dapat menjadi suatu nilai pembelajaran dan upaya untuk melestarikan budaya bangsa.

Apa saja manfaat dari budaya Informatika?

Jawaban:

  • Berkomunikasi menjadi lebih mudah dan cepat.
  • Memudahkan akses informasi sekolah,orangtua,guru dan siswa
  • Mempersingkat waktu dan memangkas biaya.
  • Proses informasi,koordinasi dan kerjasama bisa dengan daring
  • Transaksi pembelajaran dilakukan dengan daring


Budaya digital atau digital culture sudah menjadi tatanan kehidupan baru masyarakat. Budaya digital sejatinya merupakan hasil olah pikir, kreasi, dan cipta karya manusia berbasis teknologi internet. Perkembangan budaya digital sangat ditentukan oleh penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Apa saja contoh media digital?

Program-program komputer dan perangkat lunak seperti citra digitaldigital video; video games; halaman web, dan situs web, termasuk media sosial (youtube,FB,IG,Twitter dll); data dan database; digital audio, seperti mp3, mp4,dan buku elektronik adalah contoh media digital.

Mengapa harus digitalisasi?

Digitalisasi mengoptimalkan penggunaan waktu dalam hal pencarian data klien, urusan logistik dan penjualan. Data elektronik juga akan meminimalisasi biaya transportasi pemindahan dokumen dari satu tempat ke tempat lain. Beberapa klien mengemukakan digitalisasi adalah investasi positif dan meningkatkan prospek bisnis.

Apa saja dampak dari kebudayaan?

Pengaruh Positif dapat berupa : 

1.Peningkatan dalam bidang sistem teknologi, Ilmu Pengetahuan, dan ekonomi. 

2. Terjadinya pergeseran struktur kekuasaan dari otokrasi menjadi oligarki.

Apa dampak dari perubahan kebudayaan?

Dampak Positif Perubahan Sosial Budaya :

Eratnya integrasi masyarakat. Terjadinya difusi dan inovasi dalam kebudayaan dapat mengubah nilai dan sikap masyarakat yang semula irasional menjadi rasional.

Perbincangan diakhir dengan kesimpulan:

Kita hidup di era digital, maka kita harus beradaftasi,memahami,mempelajari dan menguasai digitalisasi agar kita menjadi bagian di era digitalisasi sekarang in

Etika Digital menjadi filter kita dalam berbudaya digital untuk menjadikan kita menjadi profil pelajar Pancasila.

Dan paling akhir obrolan diisi dengan doorprize bagi peserta yang sangat dinanti dan menjadi bumbu-bumbu kemeriahan  talkshow tersebut.















@smpn3cibadakofficial
#smpn3cibadakofficial

4 comments: