Monday, December 13, 2021

Simulasi Aktivitas 3 : Hikmah Pengimbasan Literasi dan Numerasi

 Simulasi Aktivitas 3 : Hikmah Pengimbasan Literasi dan Numerasi

Oleh: Iwan Sumantri

Cibadak, 13 Desember 2021. Untuk mengakhiri aktivitas kegiatan Bimtek Guru Belajar Seri Literasi dan Numerasi Angkatan V yang saya ikuti, setiap peserta harus memposting hikmah apa yang ibu bapak bapak rasakan? Tuliskan dalam kegiatan tersebut minimal 100 kata. Dimana dalam hikmah tersebut harus memuat:

  • 1) Materi yang dipahami
  • 2) Apa yang dilakukan untuk lebih memahami materi
  • 3) Materi apa yang ingin didalami lebih lanjut
  • 4) Mengapa materi tersebut ingin didalami lebih lanjut
  • 5) Tulisan saya tentang hikmah pengimbasan dapat pada tautan
Berikut tanggapan/jawaban atas tugas aktivitas 3 tersebut:

> Setelah saya menyimak,membaca dan mecermati di aktivitas ke-3 tentang laporan kegiatan pengimbasan Bimtek Guru Berbagi Seri Literasi dan Numerasi, saya mendapat wawasan dan pengetahuan dimana dimana saya lebih mengerti dan paham terhadap pentingnya pembiasaan dalam membaca dan menulis yang berkaitan dengan literasi dn numerasi karena literasi dan numerasi erat kaitannya dengan kehidupan keseharian guru dan perkembangan peserta didik. 

Dimana dalam Asesmen Komptensi Minimum (AKM) menyajikan masalah-masalah dengan beraneka ragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan olehh peserta didik dengan menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM yang dimaksud untuk mengukur kompetensi siswa lebih mendalam dan optimal tidak sekedar penguasaan konten saja.

> Materi Yang Dipahami : Konsep Dasar Literasi dan Numerasi

> Dengan demikian hal yang dilakukan untuk lebih memahami materi adalah dengan membaca, mencermati, menelaah setiap informasi yang dsiajikan secara  informasi visual maupun audio yang ada pada modul

> Materi Literasi dan Numerasi perlu diterapkan secara berkelanjutan dan berkesinambungan agar kemampuan atau kecakapan dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang meliputi pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan sikap positif benar-benar tercermin dalam pembiasaan di kehidupan sehari-hari.

KESIMPULAN:

Literasi dan Numerasi yang dilaksanakan secara rutinitas dan berkesinambungan serta baik akan menyelamatkan peserta didik/pelajar dimasa depan yang belum jelas seperti apa. 

Tantangan Ditingkat Nasional literasi dan Numerasi kita masih dalam katagori rendah, tugas kita stekholder di dunia pendidikan untuk menggerakkan dan membiasakan serta menumbuhkan  para pelajar berliterasi dan bernumerasi dengan baik dan optimal agar pada diri mereka (pelajar) tumbuh sikap kritis yang positif  dalam kehidupan sehari-harinya.

Berikut Album Kegiatan Sosialisasi/Pengimbasan Hasil Bimtek Guru Belajar Seri Literasi dan Numerasi 2021 :












No comments:

Post a Comment