Monday, December 13, 2021

Ada Sesuatu di Pengimbasan Guru Belajar Seri Literasi dan Numerasi di SMPN 3 Cibadak

Ada Sesuatu di Pengimbasan Guru Belajar Seri Literasi dan Numerasi di SMPN 3 Cibadak

Oleh: Iwan Sumantri


Cibadak, Senin 13 November 2021. Portal Guru Belajar dan berbagi yang sediakan oleh Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset dan Teknologi Ayo Guru Belajar membuka kembali Pelatihan atau Bimtek yang mengusung Seri Literasi dan Numerasi. Program Guru Belajar dan Berbagi seri Literasi dan Numerasi adalah sebuah solusi untuk para guru dan stekholder di dunia pendidikan  yang ingin meningkatkan kemampuannya dalam Literasi (membaca dan menulis) dan Numerasi (Kemampuan mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari). 

Berbeda dengan Bimtek-bimtek sebelumnya, Seri Literasi dan Numerasi adalah Bimtek yang menggunakan LMS (Learning Management Sistem) yang memerlukan ketelitian,kecermatan dan kreatifitas pesertanya. Banyak para peserta khususnya ibu bapak guru yang ada di SMP Negeri 3 Cibadak yang sudah daftar di angkatan 1,2,3,4 tidak tuntas termasuk saya sendiri yang daftar di angkatan 1 tidak bisa menyelesaikan bimtek seri Literasi dan Numerasi dengan tepat waktu.

Nah di Bimtek angkatan 5 inilah, saya bisa sampai di tahap pengimbasan, salah satu tahap terakhir untuk mendapatkan sertifikat. Sesuatu banget untuk sampai di tahap ini.

Sesuai dengan tugas dan program yang sudah disusun oleh Tim Bimtek yang profesioanl di bidangnya, maka saya melaksanakan program pengimbasan sesuai dengan ijin serta surat tugas dari kepala sekolah melaksanakan dan memprogramkan pengimbasan dalam tiga tahap dalam kurun wakti satu minggu kedapan ( tanggal 13 Desember Tahap 1 Untuk Guru-guru SMPN 3 Cibadak, Rabu, 15 Desember 2021 untuk guru-guru Matematika yang tergabung di MGMP Gugus Komisariat Cibadak, dan Kamis, 16 Desember 2021 untuk guru-guru Matematika yang tergabung di MGMP Kabupaten Sukabumi).

Tahap 1 : Senin, 13 Desember 2021

Materi Pengimbasan Modul 1 yang meliputi Konsep dasar Literasi, Konsep dasar Numerasi dan Perkembangannya tersampaikan kepada para guru-guru SMPN 3 Cibadak dalam sesi dan waktu 2 Jam ( 2 X 60 menit). Materi yang saya sajikan adalah materi yang ditulis dimodul 1 oleh Tjahjo Suprajogo tentang konsep dasar literasi.Selain itu saya juga paparkan materi di Modul 1a tentang definisi,konsep dan makna literasi dalam lintasan waktu, yang didalamnya ada beberapa pendapat para pakar tentang literasi.

Dalam materi modul 1 ini para peserta antusias sekali dalam mengamati,mencermati dan mendengarkan pemaparan materi yang disampaikan. Diakhir pemaparan untuk modul 1, saya memberikan kesempatan untuk para peserta bertanya?

Salah satu peserta bertanya, bagaimana peserta bimtek untuk bisa sampai di tahap pengimbasan, karena di bimtek atau pelatihan guru berbagi sebelumnya relatif lebih mudah dan bisa diselesaikan dengan cepat, di bimtek ini banyak rekan kami yang tak bisa menyelesaikan sampai tuntas karena sistem yang brebeda!

Saya coba memberikan solusi untuk bisa menyelesaikan bimtek ini dengan ketekunan,kecermatan dan mengikuti setiap petunjuk dengan teliti dan kesabaran, serta tentunya dengan banyak diskusi di forum diskusi untuk saling bertanya dan memberikan solusi. Bimtek ini memang ada sesuatu yang berbeda bagi mereka yang baru mengenal LMS.

Pada Pemaparan Modul 2 dan 3 saya hanya memberikan gambaran secara garis besar tentang Implementasi Literasi dan Numerasi serta Praktik Baik Pengembangan Literasi di sekolah, Keluarga dan masyarakat. Saya sampaikan Materi Modul 2 ini secara detailnya akan kita pelajari sama-sama di pertemuan berikutnya.

Nah untuk, itu....ayoo guru-guru yang hebat untuk membuka sim PKBnya dan ikut serta di Bimtek Guru Berbagi Seri Literasi dan Numerasi , Ada sesuatu yang bermanfaat dan menjadikan tantangan kita semua di era digital saat ini.

Demikian tahap 1 pengimbasan yang saya lakukan di lingkungan sekolah sendiri, dengan harapan dari 36 guru yang ada, minimal yang sudah memiliki akun atau SIM PKB nya untuk membuka dan daftar di Bimtek Seri Literasi dan Numerasi.

Materi Pemaparan Tahap 1 :




Album Kegiatan Pengimbasan Tahap 1







No comments:

Post a Comment