Wednesday, October 28, 2020

5 Pendekar Blogger Membuat PJJ Tidak Lagi Membosankan

 5 Pendekar Blogger Membuat PJJ Tidak Lagi Membosankan

Oleh: Iwan Sumantri

Sukabumi - 28 Oktober 2020. Tepat pukul 12.00 Seminar Nasional Guru Blogger PGRI Via Zoom Meeting digelar, dengan mengusung tema "Membuat PJJ Tidak Lagi membosankan".  Berbeda dengan seminar-seminar terdahulu yang pernah guru Ataya ikuti, kali ini seminar di hadiri kurang lebih 3000 guru blogger hadir dan menyimak melalui Zoom Meeting dan Chanel  Youtube TV ANDI. 

Para guru Blogger yang tergabung dalam Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) mayoritas hadir dalam Seminar daring tersebut. Kegiatan seminar menarik dan memberikan nuansa PJJ yang tidak membosankan. Hal ini bisa terjadi karena 5 (Lima) Pendekar Blogger sebagai Nara sumber hadir dan memberikan warna yang berbeda dalam seminar tersebut. Dengan ciri dan karakter dari 5 pendekar tersebut memberikan nuansa yang inspiratif, kreatif, memotivator dan membuka mindset semua peserta yang hadir baik melalui Zoom Meeting maupun yang live di Youtube TV ANDI.


1. Drs. Dedi Dwitagama,M.Si

Dimasa Pandemi seperti sekarang ini Guru harus percaya diri akan kemampuannya untuk melaksanakan PJJ  dengan niat kita mengajar harus dengan niat yang tulus. Selalu menghubungi siswa via WA atau telpon agar mereka dekat dengan kita. Gunakan media atau aplikasi yang bisa memudahkan kita berkomunikasi dan menjalankan PJJ. Gunakan media apa yang kita bisa, jangan memaksakan harus yang lebih, sesuaikan dengan kemampuan yang kita miliki sambil kita tetap berusaha untuk menjadi guru yang kreatif dan Inovatif. Saat ini keadaannya darurat tak ada metode pengajaran yang bisa digunakan untuk semua situasi.Semua punya plus minus tergantung pada banyak hal.

Pemaparan materi ini mampu membuat peserta yang menyimak dan mengikuti Seminar untuk menjadi guru yang kreatif dan inovatif.






2. Dra.Sri Sugiastuti,M.Pd

Seorang Blogger adalah seorang yang punya keterampilan dalam menulis yang akan terlatih, sehingga lama kelamaan hasil tulisannya bisa menghasilkan sebuah buku, karena media blog bisa menjembatani berkreasi dengan orang-orang yang rajin menulis. Banyak buku-buku yang terbit awalnya dari kebiasaan menulis di blog baik secara bersama-sama (antologi) maupun sendiri, itu semua hasil dari kolaborasi dari semua guru yang suka ngeblog.



3. Agus Sampurno,M.Pd

Guru kreatif di Era PJJ. Ciri Guru kreatif itu mau dan bersedia belajar kembali. Dengan menti.com dengan kode 1040059peserta diajak untuk menjawab dua pertanyan:

Apa saja ciri orang kreatif? 

Jawaban bervariatif ada yang menjawab percaya diri,mau belajar,selalu ingin tahu, semangat, berkolaborasi,aktif........Jawaban terbesar adalah mau belajar.





Hal apa yang pernah anda lakukan saat PJJ?










4. Namin AB Ibnu Solihin, M.Pd




Bagaimana etika mengajar daring?








5. Wijaya Kusumah,M.Pd (Om JAY)

Menciptakan Pola Pembelajaran yang efektif dari rumah

Ikut seminar jangan karena berburu sertifikat. Berpendapat bahwa ada 4 kekuatan manusia berasal dari pikiran, perkataan, perasaan dan perbuatan. Dari pikiran maka akan lahir ide-ide kreatif seperti membuat buku hanya dari WhatsApp. 

Bagaimana PJJ tidak membosankan? anak-anak supaya tidak bete.













Demikian reportase hasil Seminar Nasional PGRI Bersama Para Blogger Untuk membuat PJJ Tidak Lagi Membosankan !

Catatan:

Materi Lengkap bisa dilihat di bawah ini :

Materi Pak Dedi di https://www.slideshare.net/dwitagama
Materi Omjay di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/pjj-menyenangkan1
Materi Pak Namin di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/materi-training-cara-kreatif-mengajar-daring-pgri-1
Materi Bunda Kanjeng di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/konferensi-blogger-2020

21 comments:

  1. Mantap. Guru nge blog agar makin inovatif di masa PJJ (RR)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Bi Riony atas apresiasinya ! Ayoo Ngeblog, alternatif solusi di masa PJJ sekarang ini

      Delete
  2. Replies
    1. Pak Ahsanuddin Jombang : Tops dan Sukses buat bapak dan kita semua para guru blogger !

      Delete
  3. Pesan Penting Untuk Peserta seminar nasional guru Blogger Indonesia

    Yth Bapak/Ibu yang Budiman, Untuk mendapatkan sertifikat peserta semnas guru blogger PGRI, bapak dan ibu dapat menonton siaran ulang kegiatan semnas di https://youtu.be/-ZfslhK-gtQ

    Kemudian bapak/ibu dapat mengisi daftar hadir online di Link Daftar Hadir : http://bit.ly/DAFTARHADIR-semnaspgri

    Setelah itu, bapak/ibu dapat mengunduh sertifikat dan prosesnya cukup makan waktu karena ada lebih dari 3000 guru yang mendaftar acara semnas ini dan bila namanya belum ada, kemungkinan masih menunggu antrian di https://drive.google.com/drive/folders/1E6kkLxcUjgC40xPZtjNqqlIVu8HTL0Pm

    Ingatlah selalu pesan pak Dedi, Pak AGus, Pak Namin, bu Kanjeng, dan Omjay. Kalau perlu ulang kembali materi mereka di https://youtu.be/-ZfslhK-gtQ

    Sertifikat adalah bonus dari kita mengikuti kegiatan semnas, namun hal yang terpenting kita dapat berburu ilmunya. Sebab guru adalah pendidik dan bukan pemburu sertifikat. Insya Allah bila kompetensi bapak ibu meningkat, maka akan segera naik pangkat dan derajat. Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu pengetahuan.

    Materi pak Agus di https://padlet.com/n_sampurno/ibdnsvte51rdth01

    Materi Pak Dedi di https://www.slideshare.net/dwitagama

    Materi Omjay di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/pjj-menyenangkan1

    Materi Pak Namin di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/materi-training-cara-kreatif-mengajar-daring-pgri-1

    Materi Bunda Kanjeng di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/konferensi-blogger-2020

    Ikutilah lomba blog dalam rangka memeriahkan sumpah pemuda dan bulan Bahasa di https://www.gurupenggerakindonesia.com/ikutilah-lomba-blog-dalam-rangka-memeriahkan-bulan-bahasa-dan-sumpah-pemuda/

    Terima kasih sudah mengikuti semnas guru blogger PGRI. Semoga semakin banyak guru yang memiliki blog dan mengelolanya dengan baik sehingga pembelajaran jarak jauh menjadi tidak membosankan.

    Salam Blogger Persahabatan
    Omjay
    Guru Blogger Indonesia
    Blog http://wijayalabs.com


    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih OM Jay...akan selalu diingat ini pesan dan motivasinya !

      Delete
  4. Mantaaap lanjutkaan
    Salam literasi
    Kunjungi juga ya maesamae1.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ! Salam Literasi juga.....siap menluncur !

      Delete
  5. good review ... pls visit http://trainerkita.wordpress.com

    ReplyDelete
  6. Makasih Sang Trainer dan Pendekar Blog ! Bahagia sekali guru ataya dikunjungi sang Blogger ternama tanah air ! Siap meluncur !

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Makasih Bu Agustina Pertiwiningrum atas apresiasinya !

      Delete