Saturday, November 4, 2023

Ada Sesuatu di Kegiatan Pelatihan Penulisan Bunga Rampai PB IKM 2023

 Ada Sesuatu di Kegiatan Pelatihan Penulisan Bunga Rampai PB IKM 2023

Oleh: Guru Ataya


Grand Cokro Bandung, 4 November 2023. Memasuki hari ke-4 dari 5 hari kegiatan Pelatihan Penulisan Bunga Rampai Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat semakin seru dan menantang. Kegiatan ini terselenggara dalam rangka tersusunnya karya tulis berupa kumpulan praktik baik implementasi kurikulum merdeka oleh guru dan kepala sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka baik dari sekolah penggerak maupun jalur mandiri yang telah menjadi Narasumber Berbagi Praktik Baik (NS BPB) dalam satu buku bunga rampai, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat akan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penulisan Bunga Rampai Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka.

Bunga rampai Nara Sumber Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka bertujuan untuk menjadi sumber inspirasi, panduan, dan referensi bagi para pendidik yang ingin memaksimalkan efektivitas dan kualitas pembelajaran dalam konteks Kurikulum Merdeka. Dengan berbagi pengalaman dan praktik baik, diharapkan pendidikan di Indonesia dapat terus berkembang dan meningkat. Dalam penulisannya menggunakan metode STAR (Situasi,Tantangan,Aksi,Result/hasil) digunakan secara khusus dalam penulisan Praktik Baik ini.

Baca Juga:

Fasilitator Pelatihan (Foto Dok.Pribadi)

Kegiatan pelatihan di hari ke-4 sesuai dengan jadwal agenda, menjadi puncak dari kegiatan tersebut, karena dari 150 guru dan kepala sekolah yang terpanggil dalam latihan harus mempresentasikan artikel praktik baiknya secara perorangan untuk di review oleh nara sumber dan sesama peserta pelatihan yang nantinya berdampak pada hasil artikel yang menarik dan ilmiah secara ke ilmuan.

Guru Ataya salah satu peserta dari kegiatan ini juga harus mempresentasikan artikel hasil praktik baiknya dalam pelaksanaan pembelajaran. Artikel Praktik Baik guru Ataya yang dipresentasikan dengan judul “STRATEGI FLIPPED CLASSROOM MELALUI MEDIA BEL ME LOG YOU PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA”

Guru Ataya tergabung di kelas C dari 5 kelas yang ada. Kelas C terbagi menjadi 5 kelompok, kelompok 1 : para kepala sekolah SD, Kelompok 2 : Kepala Sekolah SMP, Kelompok 3: Guru SMP, Kelompok 4: Kelompok Guru SMP dan Kelompok 5: Guru SD.

Berbagai judul dan tema tersaji dalam presentasi masing-masing peserta di kelas C. Menarik,inspiratif,kreatif dan memotivasi guru lain dari hasil presentasi. Diakhir kegiatan guru Ataya berharap dari semua artikel terkurasi dan bisa Lolos di Penulisan Bunga Rampai Penulisan Praktik Baik IKM yang diselenggarakan oleh BBGP Provinsi Jawa Barat dan pada akhirnya bisa di baca oleh seluruh guru dan kepala sekolah serta stikholder yang peduli akan pendidikan di negeri ini.

Dokumentasi Kegiatan Pelatihan Di Kelas C


No comments:

Post a Comment