Friday, July 28, 2023

Refleksi NS BPB Program IKM Tahun 2023 Tahap 2 (Hari Ke-1)

Refleksi NS BPB Program IKM Tahun 2023 Tahap 2 (Hari Ke-1)

Oleh: Guru Ataya

Bandung, 27 Juli 2023. Sesuai dengan surat undangan Reffleksi NS BPB Program IKM Tahun 2023 Tahap 2 Nomor 30179/B7.2/GT.02.00/2023 tertanggal 26 Juli 2023, guru Ataya berkesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut. 

Sebagai seorang guru yang haus akan ilmu dan pemburu kegiatan diklat tentunya menjadi sesuatu banget bagi guru Ataya, apalagi ketika lulus menjadi Narasumber Berbagi Praktik Baik Program IKM Tahun 2023 angkatan 3 dengan tahapan yang sungguh luar biasa untuk bisa melewatinya. Mengenang kembali tahapan untuk bisa Lulus menjadi NS BPB dimulai dari lulus tahap awal, yang berlanjut pada pembekalan, dan terakhir guru Ataya harus membuat video praktik baik dan mengunggahnya di chanel youtube serta membuat cerita baik yang dikurasi oleh para kurator yang ahli dibidang. Setelah itu perjuangan belum selesai kami para peserta harus mengikuti Coaching Clinic dalam pembuatan video dan cerita baik. Dengan penuh harap dan cemas kami menunggu pengumuman dari rentetan kegiatan tersebut, apakah video dan naskah cerita baik kita lolos kurasi, atau perlu perbaikan atau memang tidak layak untuk lulus. Tentunya hal tersebut membuat deg-degan jantung dan cemas-cemas harap bagi semua peserta, yang pada akhirnya guru Ataya bisa melewati semua itu. Dan dinyatakan Video dan Naskah cerita baiknnya lolos kurasi.

Undangan refleksi ini ditujukan untuk para Nara Sumber Berbagi Praktik Baik (NS BPB) yang telah menjalankan tugasnya sesuai dengan pembekalan yang telah diberikan dari BBGP dan mengisi jurnal kegiatan serta refleksi diri. Nara Sumber BPB yang diundang pada tahap 2 ini berasal dari Nara Sumber BPB Gelombang 1, 2, dan 3. Artinya, BBGP memberi kesempatan yang sama kepada seluruh Nara Sumber BPB yang telah memenuhi kriteria undangan. Adapun kriteria undangannya adalah (1) Nara Sumber BPB Gelombang 1, 2, dan 3, (2) Nara Sumber BPB yang telah berbagi praktik baik kepada satuan Pendidikan dan atau komunitas belajar, (3) Nara Sumber BPB yang telah membagikan form umpan balik yang diisi oleh peserta, (4) Nara Sumber BPB yang telah mengirim form refleksi diri di SinarBaik.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan pada hari pertama,Kamis 17 juli 2013 adalah pembukaan yang dilaksanakan pada jam 10.30 WIB di aula utama. Ketua Panitia melaporkan bahwa Tahap 2 ini diikuti oleh 102 peserta yang berasal dari gelombang 3 (ada juga dari gelombang 1) yang telah lolos kriteria. Selanjutnya, Ketua Tim Kerja IKM, Dr. Trisno Ikhwanudin, S.Si., MA, membuka kegiatan secara resmi mewakili Ketua BBGP Jawa Barat yang tak bisa hadir dikarenakan Kesehatan beliau kurang fit.


Baca Juga : 





Dari paparan yang disampaikan saat kegiatan pembukaan diketahui bahwa jumlah karya praktik baik secara nasional adalah 22.778. Untuk video praktiknya ada 16.833, dan cerita praktik baiknya ada 5.945. Kategori penghasil karya praktik baik terbanyak adalah guru (14.858 karya), kepala sekolah (5.931), dan tidak diketahui (0). Konten materi yang paling banyak dibagikan oleh guru adalah pelaksanaan pembelajaran (42.7%), P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) sebanyak 23.2%, Pembelajaran Berdiferensiasi (18.1%), Perencanaan Pembelajaran (5.2%), Asesmen Pembelajaran (3.7%), Kompetensi Sosial Emosional (KSE)sebanyak 3.7%, dan coaching (3.6%). Sementara untuk kategori kepala sekolah, konten materi terbanyak yang dibagikan adalah Tantangan dan kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dan sekolah, Peran kepala sekolah sebagai penggerak perubahan, implementasi kurikulum merdeka, dan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). (Data lengkap bisa di akses di https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/sinarbaik/ pada menu rekapitulasi.

Pada hari pertama (Kamis, 27 Juli 2023) pelaksanaan kegiatan refleksi Nara Sumber BPB selain mengikuti pembukaan adalah masuk ke kelas masing-masing. Ada lima kelas yang disiapkan sebagai tempat berdiskusi para peserta. Seluruhnya berada di lantai 2 Gedung Bale. Kelas A menempati Bale Sawala (Lt 2), Kelas B di Bale Winaya (Lt 2),  Kelas C di Bale Atikan (Lt 2), Kelas D di Lab Biologi (Lat 3) dan Kelas E di Bale Perceka 2 (Lt 1), Masing-masing kelas di isi sekitar 20-21 peserta, yang masing-masing kelas di damping oleh fasilitator. Kelas A : Raden Fauzia Lu’Luun Hasni, S.Si; Kelas B : Tina Agustina, M.Si; Kelas C : Ai Rosilah,S.Pd.,M.M.Pd.; Kelas D : Sumarni Setiasih,S.Si,M.Pkim; dan Kelas E: Moh. Syarif. Dan Guru Ataya masuk di Kelas B.

Setelah sesi perkenalan dengan fasilitator dari BBGP seluruh peserta pun saling berkenalan satu sama lain. Kegiatan dilanjutkan dengan membuat kelompok berdasarkan jenjang satuan Pendidikan asal peserta. Setelah itu membuat yel-yel kelompok dan mempresentasikannya di depan kelas. Kegiatan berikutnya adalah menganalisis seluruh umpan balik yang diterima peserta saat berbagi praktik baik dan membuat rencana perbaikan berdasarkan hasil analisis tersebut. Dan hasil analisis tersebut dikirimkan ke  link gorge form yang sudah disiapkan fasilitator (Panitia).

Itulah aktifitas kegiatan di hari pertama.

(bersambung)





2 comments:

  1. Tidak pernah menyangka ada tulisan seperti ini di blogger. Sangat inspiratif, terima kasih.
    Salam kenal dari IDProperti - Pasang Iklan Properti

    ReplyDelete