Saturday, July 29, 2023

Keseruan Luar Biasa Di Hari Kedua Refleksi NS BPB Tahap 2

Keseruan Luar Biasa Di Hari Kedua Refleksi NS BPB Tahap 2

Oleh: Guru Ataya

Bandung, 28 Juli 2023. Berbeda dengan hari pertama, kegiatan Refleksi NS BPB Program IKM Tahun 2023 tahap 2.

Kegiatan tepat dimulai pukul 08.00 WIB, kegiatan pada hari kedua ada tiga sesi. Sesi pertama melakukan analisis terhadap hal-hal yang sudah baik dan yang belum baik saat peserta melakukan sesi berbagi praktik baik. Hasil analisis ditulis di sticky note dan ditempelkan di selembar kertas flip chart. Masing-masing kelompok bergantian mempresentasikannya di depan kelas. Setiap kelompok diberikan tugas untuk menanggapi hasil analisis kelompok lain sesuai kesepakatan kelas yang telah disepakati pada hari pertama. Sesi kedua berisi kegiatan analisis mengenai solusi terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal-hal yang belum baik tersebut. Jawaban ditulis di sticky note dan ditempelkan di selembar kertas flip chart. Setelah itu difoto dan dikirimkan ke grup WhatsApp peserta. Foto ini ditampilkan di smartboard saat presentasi kelompok.

Keseruan terjadi ketika masing-masing kelompok yang ada di kelas B (kelompok Gula Aren,Kelompok Ceria, Kelompok Gesit dan Kelompok A YEI YU) mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Dengan gaya dan keterampilan berkomunikasi masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya sesuai dengan analisis di kelompoknya.

Kegiatan di hari kedua dipenuhi dengan diskusi dikelompok, presentasi dan yang menarik tentunya game dan ice breaking yang lebih banyak tersajikan disbanding dengan hari pertama.

Di akhir kegiatan ada sesuatu yang menarik, di gagas oleh kelompok Ceria, kami menciptakan syair lagu dengan lirik  musik Cikini.


Cigasong ke Subang Kota

Perkenalkan Kelas B luar biasa

Dari Depok Ke Tasikmalaya

Belajar dengan Kurikulum Merdeka


Sukabumi ke Bandung Kota

Tidak Lupa dengan istilah P5

Pangandaran ke Purwakarta

Untuk wujudkan pelajar Pancasila










 lanjut di hari ketiga ( bersambung)

No comments:

Post a Comment