Sunday, May 14, 2023

Lokakarya Orientasi PPGP Angkatan 8 Kabupaten Sukabumi

 Lokakarya Orientasi PPGP Angkatan 8 Kabupaten Sukabumi

Oleh: Guru Ataya

Sukabumi, 13 Mei 2023. Bertempat di SMK Yasti Cisaat, kegiatan Lokakarya Orientasi Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) angkatan 8 Kabupaten Sukabumi yang diselenggarakan oleh BBGP Provinsi Jawa Barat di gelar. Ada 30 PP dan 150 CGP yang mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut Guru Ataya berkesempatan hadir dan ikut jadi bagian mewakili Kepala Sekolah SMPN 3 Cibadak. Ada satu guru yang menjadi Pengajar Praktik (PP) atas nama Ibu Yani Suryani,M.Pd dan satu Calon Guru Penggerak (CGP) atas nama Ibu Imas Mutiara,S.Pd. Kepala Sekolah tak bisa hadir karena dalam waktu yang bersamaan harus menghadiri perpisahan Pak Kadis Dinas Pendidikan yang purnabakti.

Seperti halnya Lokakarya Orientasi pada PPGP angkatan sebelumnya Lokakarya Orientasi berisi kegiatan 1) Pembukaan Lokakarya; 2) Games Perkenalan Diri; 3) Kesepakatan kelas; 4) Harapan dan Kekhawatiran; 5) Perjalanan CGP; 6) Posisi Diri; 7) Rencana Pengembangan Diri; 8) Pengenalan Portofolio Digital; dan 9) Refleksi dan Penutup.

Lokakarya Orientasi PPGP angkatan 8 ini diselenggarakan secara luring, berbeda dengan angkatan 6 yang saat itu guru Ataya menjadi PP dilaksanakan secara daring. Kegiatan di awali dengan pembukaan, sambutan-sambutan dari para pejabat seperti dari BBGP, Kadisdik dan pejabat lainnya yang berhubungan dengan PPGP.

Hadir pada kegiatan tersebut yakni Tim BBGP Jawa Barat,perwakilan Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah V Jawa Barat (Jabar), PLt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Bapak Jujun Juaeni, S.Sos.,MM. Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Bapak Khusyairin,S.Pd.SE., MM., M.Si ,Bapak Romli Mustari,M.Pd selaku Kabag Kelembagaan dan Ketenagaan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi , Kasi TK PAUD Ibu Elis Sajaah, M.Pd, Panitia dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukabumi, Para pejabat dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, para Pengawas, para kepala sekolah CGP, 30 Pengajar Praktik (PP), dan 150 CGP.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh PLT Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi menyambut baik kegiatan Lokakarya Orientasi Program Guru Penggerak angkatan 8 ini. Tujuan diselenggarakan Lokakarya ini adalah untuk memberi pemahaman tentang Program Guru Penggerak, alur belajar Guru Penggerak dan dukungan yang perlu diberikan oleh Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Dinas Pendidikan selama program berlangsung selama 6 bulan kedepan.

Baca Juga:


Setelah kegiatan pembukaan kurang lebih 45 menit, kegiatan Lokakarya Orientasi berlanjut ke kegiatan di ruang kelas. Di kegiatan inilah Guru Ataya berkesempatan mendampingi CGP Bu Imas Mutiara, S.Pd di ruang kelas pembelajaran. Banyak sekali pembelajaran yang bisa didapatkan bersama 3 PP, 15 CGP dan 10 Kepala Sekolah yang hadir dan berkesempatan mendampinginya. Guru Ataya mengikuti kegiatan Games Perkenalan Diri; Kesepakatan kelas; Harapan dan Kekhawatiran;  dan Perjalanan CGP. Tepat pukul 12.00 kami istirahat, dan sekaligus para kepala Sekolah pamitan dari kelas pembelajaran.

Demikian, keseruan Guru Ataya di Lokakarya Orientasi PPGP angkatan 8 Kabupaten Sukabumi.

Album Kegiatan Lokakarya Orientasi PPGP Angkatan 8 Kab.Sukabumi



No comments:

Post a Comment