Saturday, October 8, 2022

Membuat Portofolio Digital Bersama Guru Ataya

Membuat Portofolio Digital Bersama Guru Ataya

Oleh: Guru Ataya

Cibadak,8 Oktober 2022. Guru Ataya,  Proses pembelajaran dalam Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) merupakan sebuah perjalanan panjang. Dalam sembilan bulan, Calon Guru Penggerak (CGP), dengan didampingi fasilitator, instruktur san pengajar praktik telah melewati berbagai tahap. Pada setiap tahapannya terdapat banyak pengalaman dan pelajaran yang dipetik, baik dari pembelajaran daring, lokakarya maupun pendampingan individu. Seluruh hasil proses tersebut sudah diintegrasikan dalam sebuah sistem pembelajaran (Learning Management System/LMS). Namun demikian, akses untuk membuka LMS terbatas, baik pada pengguna maupun jangka waktunya. Untuk itu, diperlukan sebuah media yang menjadi sarana pendokumentasian produk-produk terbaik yang dihasilkan oleh setiap CGP agar dapat diakses dalam jangka waktu yang panjang, bahkan setelah hak membuka LMS dihentikan. Dokumentasi pembelajaran tersebut berupa media portofolio digital, yang dibuat melalui Google Sites. Nantinya, portofolio digital ini juga dapat digunakan untuk mendemonstrasikan kompetensi alumni PPGP kepada para pemangku kepentingan terkait.

Portofolio memiliki fungsi utama untuk menunjukkan kompetensi dan pencapaian seseorang sekaligus perjalanan pengembangan dirinya. Dalam konteks PPGP, portofolio digital dapat digunakan untuk mendokumentasikan pencapaian yang telah didapat dari perjalanan sembilan bulan pendidikan, serta sarana untuk mencatat perkembangan diri sebagai seorang pemimpin pembelajaran yang senantiasa belajar sepanjang hayat. Portofolio ini juga dapat membantu pihak-pihak yang terkait dengan proses rekrutmen dalam perjalanan karir alumni PPGP.

Dalam memfasilitas dan berupaya saling membantu dalam program kegiatan tersebut, Guru Ataya mencoba dan berinisiatif selaku PP Angkatan 6 Kabupaten Sukabumi untuk belajar bersama dan saling berbagi dalam membuat portofolio digital tersebut. Untuk itu guru ataya mengajak dan memfasilitasi para CGP Angkatan 6 Kabupaten Sukabumi untuk belajar bersama. 

Baca Juga:

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada :

  • Hari, tanggal : Minggu, 9 Oktober 2022
  • Waktu : Pukul 09.00 sd selesai
  • Tempat : Labkom SMPN 3 Cibadak
  • Jumlah Peserta : 20 CGP Angkatan 6 Kab.Sukabumi
Kegiatan belajar bersama untuk membuat portofolio digital ini mudah-mudahan bisa membantu dan melancarkan proses kegiatan para CGP dalam menyelesaikan tugas dan aksinya di program guru penggerak.

Yang mau mengikuti para CGP angkatan 6 yang berlokasi dekat dengan SMPN 3 Cibadak, silahkan mengisi form pendaftaran di bawah ini. Kegiatan ini GRATIS dan tak ada hubungannya dengan nilai tugas CGP. Hanya keinginan dan upaya untuk rela berbagi dan ikhlas dalam memberi.

Salam dan bahagia
Guru Ataya

Link Daftar ada disini


No comments:

Post a Comment