Tuesday, May 3, 2022

Ada apa di Upacara Peringatan Hardiknas 2022

Ada Apa di Upacara Peringatan Hardiknas 2022

Oleh: Guru Ataya

Cibadak- 02 Mei 2022. Guruataya.com. Sudah menjadi ketentuan dari pemerintah bahwa pada setiap tahunnya tanggal 2 Mei  diperingati sebagai hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), namun karena tanggal 02 Mei 2022 bertepapan dengan hari besar umat Islam yaitu Idulfitri 1443 H dan cuti bersama 2022, maka menurut Surat Pedoman Peringatan Hardiknas 2022 Nomor 28254/MPK/TU.02.03/2022, penyelenggaraan upacara bendera peringatan Hardiknas 2022 diadakan pada 13 Mei 2022 dari pukul 08.00 WIB. 

Tanggal 2 Mei setiap tahunnya ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam memperingati Hardiknas adalah dengan melaksanakan upacara bendera.

Tujuannya agar semua insan pendidikan bisa mengingat kembali filosofi dan nilai perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam menegakkan pendidikan di Indonesia.

"Namun, di tengah krisis pandemi COVID-19 yang melanda tanah air pada tahun ini, upacara bendera peringatan Hardiknas 2022 diselenggarakan secara minimalis dan terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 yang telah ditetapkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19," tulis Kemdikbud dalam Pedoman Pelaksanaan Upacara Hardiknas 2022.

Baca Juga:


Peringatan Hardiknas tahun 2022 mengusung tema: "Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar", sedangkan logo hari pendidikan Nasional seperti dibawah ini:

Adapun arti logo Hari Pendidikan Nasional dibentuk dari tiga elemen yakni bintang, keceriaan, dan pena. Berikut arti atau makna dari ketiga elemen tersebut.

1. Bintang

Menggambarkan semangat Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) untuk melahirkan generasi Indonesia yang unggul, cerdas, dan berkarakter.Dengan garis luwes menggambarkan semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman yang kian dinamis.

2. Keceriaan

Menggambarkan suasana pendidikan Indonesia yang menggembirakan, gotong royong, serta partisipasi publik.

3. Pena

Menggambarkan proses pendidikan sebagai proses penciptaan karya yang memerlukan perpaduan holistik antara kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual

Berikut Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional 2022:




Demikian sekilas tentang hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 yang pelaksanannya diundur, namun guru ataya tetap berharap pada semua guru dan stekholder yang peduli akan dunia pendidkan kita tetap selalu konsisten untuk tetap menjalankan salah satu falsafah Ki Hajar Dewantara, Ing Hangarso Sung Tulodo, Ing Madya mangun  Karso, Tut Wuri handayani, untuk mencetak anak-anak generasi emas kelak pada masanya.

“Ki Hajar Dewantara pernah menyampaikan bahwa setiap orang bisa menjadi guru dan setiap rumah bisa menjadi sekolah. Itu artinya pendidikan dapat dilakukan di mana pun, kapan pun dan oleh siapa pun,” 



Sumber:
Surat Edaran Nomor 28254/MPK/TU.02.03/2022 
tertanggal 22 April 2022 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2022.


No comments:

Post a Comment