Tuesday, September 22, 2020

BAHAGIANYA MERDEKA BELAJAR DI JARINGAN TERLANCAR

BAHAGIANYA MERDEKA BELAJAR DI JARINGAN TERLANCAR

Oleh: Guru Ataya

Bahagianya dapat Kuota Internet Gratis
Cibadak-  Hari ini, 22 September 2020 bantuan kuota internet gratis dari pemerintah (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) sudah masuk kuotanya. Masuknya kuota internet gratis di sekolah kami SMP Negeri 3 Cibadak, bersamaan dengan penyerahan langsung ke siswa melalui orang tua siswa yang kami undang kesekolah. Sebanyak 785 siswa yang terdaftar di S3 Ceria Berbudi (SMPN 3 Cibadak) secara bertahap mendapatkan kartu perdana Internet Merdeka Belajar Telkomsel 10 GB. Selain mendapatkan kartu perdana siswa juga mendapatkan Face Shield untuk persiapan Pembelajaran tatap Muka yang diberikan dari pihak sekolah. Selain siswa, sebagian guru yang menggunakan kartu telkomsel juga sudah terkirim kuota datanya.

Penyaluran kuota internet gratis pemerintah ini dilakukan selama empat bulan, terhitung dari bulan September sampai dengan Desember 2020. Bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama para siswa, mahasiswa, pendidik dan tenaga kependidikan dan dosen guna menunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau belajar dari rumah (BDR) secara online  selama pandemi COVID-19.

Bantuan kuota internet gratis rencananya dimulai sejak tanggal 22 September 2020 sampai dengan 30 November 2020 secara bertahap.

Ini Kuota Internet Gratisku


Kemendikbud juga menerbitkan petunjuk teknis (juknis) sebagai pedoman dalam penyaluran bantuan kuota internet gratis pemerintah bagi PAUD, siswa, guru, mahasiswa, dan dosen.

Dalam juknis tersebut diungkapkan bentuk bantuan yang diberikan Kemendikbud berupa kuota internet dengan rincian yang dibagi atas kuota umum dan kuota belajar. Adapun, kuota umum ini untuk kebutuhan mengakses seluruh laman dan aplikasi, sedangkan kuota belajar adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.

Besar kuota internet gratis untuk PAUD sebesar 20 GB per bulan, di mana bila dirinci 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB. Untuk pelajar dari jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan kuota internet gratis 35 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.


Sementara untuk kuota internet gratis bagi pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh 42 GB per bulannya. Secara detail, 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.

Sedangkan, kuota internet gratis mahasiswa dan dosen sama-sama mendapatkan 50 GB per bulan yang mana rinciannya 5 GB untuk umum dan 45 GB kuota belajar.

Kuota internet pada bulan pertama dan kedua berlaku 30 hari sejak diterima oleh pemilik HP. Sedangkan, kuota bulan ketiga dan keempat berlaku selama 75 hari secara bersamaan mulai November 2020.


SMP Negeri 3 Cibadak kebagian kuota internet gratisnya dari Telkomsel. Merdeka Belajar! Nikmati Kuota Belajar 45GB dari Kemendikbud dan Telkomsel, biar belajar online di rumah makin lancar.

Keterangan:
* Kuota Internet Pendidikan merupakan gabungan kuota umum (semua jaringan) dan kuota belajar
* Kuota Umum : Kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh halaman dan aplikasi
* Kuota Belajar : Kuota yang terdiri dari kuota pendidikan, kuota confrence dan kuota chat

No comments:

Post a Comment