Monday, September 28, 2020

Ayo Ikut Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19

Ayo Ikut Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19

Oleh: Guru Ataya


Cibadak- Masa Pandemi Covid -19 telah memasuki bulan ke 7 sejak Maret yang lalu Pandemi Covid-19 hadir ditengah-tengah kita

Pandemi yang telah menyita banyak ruang dan waktu serta pemikiran, menjadikan kemdikbud semakin terus melakukan terobosan terbaru. Program guru belajar seri pandemi covid-19 adalah program yang senantiasa berpihak pada pendidikan, guru, siswa, orang tua dan semua lapisan masyarakat Indonesia yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. 

Di tengah pandemi ini, banyak sekali persoalan yang dihadapi guru. Persoalan yang dihadapi guru dalam melakukan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19, menjadi sebuah kebutuhan yang perlu disikapi oleh kita semua.

Apa itu program Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid-19?

Program yang digulirkan oleh kemendikbud adalah program pemeblajaran yang dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang sesuai dengan kondisi khusus, seperti masa pendemi Covid-19, dengan tetap memberikan pembekalan dasar yang bermakna bagi siswa untuk melakukan merdeka belajar.


Apa Tujuan Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid -19?

  • Meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran jarak jauh berbasis beban kurikulum yang disederhanakan
  • Mengembangkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh yang melibatkan siswa
  • Menegmbangkan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh secara efektif
  • Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan asesmen pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada kualitas pembelajaran
Program istimewa ini dapat diikuti guru yang telah mempunyai akun SIMPKB


Setiap guru, dapat mendaftar gratis kegiatan Bimtek dan Diklat dari akun SIM.PKB nya masing-masing. Pada pelaksanaannya, tahapan kegiatan tersebut meliputi:

Tahap 0: Orientasi Program

Orientasi Program yang membekali peserta mengenai latar belakang, tujuan umum, penjelasan umum dan struktur Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19. Dengan demikian, peserta bisa memahami pentingnya program ini untuk membantu peserta menjalankan praktik pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada kualitas pembelajaran siswa.

Tahap 1: Bimtek

Bimtek yang membekali peserta untuk memahami konsep yang terkait dengan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19 merujuk pada sejumlah peraturan dan panduan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta praktik baik yang telah dilakukan oleh sejumlah guru. Tahap 1 berisi Pembelajaran Mandiri yang dapat diatur secara luwes sesuai kesibukan masing-masing peserta. Peserta yang menyelesaikan Tahap 1 akan mendapatkan Sertifikat Bimtek dengan nilai 32 jam.

Tahap 2: Diklat

Diklat yang memberi kesempatan peserta mempelajari, merancang, menerapkan dan merefleksikan praktik Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Tahap 2 terdiri dari 2 aktivitas belajar yaitu mempelajari video webinar untuk mendapatkan inspirasi dan Pembelajaran Mandiri untuk merancang, menerapkan dan merefleksikan Pembelajaran Jarak Jauh. Peserta yang menyelesaikan Tahap 2 akan mendapatkan Sertifikat Diklat dengan nilai 32 jam.

Tahap 3: Pengimbasan

Pengimbasan yang mengundang peserta untuk menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mengajak dan mendampingi guru lain untuk mengikuti Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19 hingga tuntas Tahap 1. Peserta yang menyelesaikan Tahap 3 akan mendapatkan Piagam Penghargaan dari Direktorat Jenderal GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta berkesempatan diundang mengikuti Wisuda Daring Lulusan Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19.

Apa yang didapatkan peserta program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19?

  • Pengalaman belajar yang seru.

  • Pengalaman belajar bersama sesama guru.
  • Peningkatan kemampuan mengembangkan pembelajaran jarak jauh.
  • Sertifikat bimtek 32 JP, sertifikat diklat 32 JP dan piagam penghargaan.
Berikut Adalah Jadwal Pelaksanaan Program Berdasarkan Tahapannya



Ayo tinggal pilih waktunya sesuai jadwal yang diinginkan ! Jangan tidak daftar ini kesempatan emas bapak/ibu guru untuk meningkatkan kompetensi bersama kemdikbud dan guru-guru di seluruh negeri .



Sumber :

2 comments:

  1. Bermanfaat sekalibuat para guru untuk meningkatkan kompetensinya !

    ReplyDelete
  2. Mau ikutan tapi belum punya SIM PKB Nya

    ReplyDelete