Profil


Profil Iwan Sumantri (Pemilik Blog Guru Ataya)

Iwan Sumantri terlahir dari keluarga  yang kurang harmonis, 52 tahun yang lalu. Kedua orang tua beliau  sudah berpisah  sejak beliau 2 tahun. Sejak usia itulah saya di rawat dan menjalani hidup dengan kakek dan uwa perempuan sampai  dengan sekarang. Di Usia 17 tahunlah Beliau baru mengetahui dengan dekat sosok seorang ibu kandung.
Banyak hal yang bisa saya dapatkan dari perjalanan hidup tanpa orang tua kandung. Pelajaran yang berharga dalam hidup tanpa sosok seorang perempuan yang telah melahirkan saya .Ya…seorang ibu yang kasih sayangnya setulus hati, tanpa mngenal lelah, dan selalu mendekap kita di kala kita haus dan lapar. Itu semuanya tak dapat saya rasakan. Yang ada hanyalah kasih sayang orang tua angkat yang secara kemanusian rasa kasih sayangnya berbeda dengan orang tua kandung sendiri.


Masuk SD pada tahun 1976 . SD yang saya masuki adalah SD swasta yang ada disekitar Cibadak yang sering di sebut Taman Muda yang dikelola oleh Yayasan Perguruan Tamansiswa. Dari SD tersebut beliau melanjutkan ke tingkat SMP nya yaitu Taman Dewasa. Selama 9 tahun sosok Iwan Sumantri belajar di Tamansiswaan Sejak duduk dari SD itulah mulai tumbuh keinginan dan cita-cita untuk menjadi guru. Setelah lulus dari SMP, keinginan saya adalah bisa masuk di SMA. Orang tua angkatku tak mengijinkan untuk sekolah di SMA, terlalu banyak mengeluarkan biaya dan tak bisa langsung kerja, itulah alasannya.
Tak menyurutkan semangat saya untuk bisa sekolah, saya masuk Sekolah Teknik di kota Sukabumi. Salah satu sekolah teknik negeri yang favorit sampai sekarang. saya masuk jurusan listrik. Alhamdulilah selama 3 tahun berturut-turut Iwan Sumantri mendapatkan beasiswa Supersemar, lumayan bisa membantu orang tua angkat untuk membiayai sekolah sehari-hari.
Tahun 1987 sosok Iwan Sumantri lulus dari STM Negeri Kota Sukabumi jurusan listrik. Cita-cita jadi guru semakin menggebu ketika itu, saya tak bisa melanjutkan kuliah karena keadaan ekonomi orang tua angkat. Tapi, Allah SWT memberi jalan ketika itu. Sekolah tempatnya dulu waktu SD menawarkan untuk menjadi pembina pramuka. Singkat cerita dari situlah awal saya menjadi guru. Sedikit demi sedikit saya belajar dan memberikan materi kepramukaan di dalam kelas. Di kegiatan kepramukaan saya digembleng agar menjadi sosok guru yang berkarakter. Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka telah memberikan pembelajaran hidup yang berharga dalam perjalan hidup saya. Akhirnya dari hasil menjadi pembina pramuka itulah saya bisa melanjutkan belajar di PGSMTP.  Dengan kemurahan ibu ketua yayasan, mengeluarkan  SK mengajar, resmilah sosok  Iwan Sumantri menjadi sosok guru muda yang masih perlu belajar untuk menjadi sosok guru yang unggul.  Dari PGSMTP saya melajutkan lagi ke D-2 UT sampai bisa kuliah di perguruan tinggi dan mendapatkan gelar kependidikan S.Pd.  Banyak prestasi yang bisa saya torehkan waktu itu, selain jadi guru kelas, PKS Kesiswan, PKS Kurikulum dan Ketua Bidang Pendidikan di Yayasan Perguruan Tamansiswa Cabang Cibadak.
Hari demi hari kehidupan mengalir seperti air, tepat hari Sabtu, tanggal 14 Agustus 1994 tepat di hari ulang tahun gerakan pramuka, Iwan Sumantri menikah dengan sosok perempuan yang sampai dengan sekarang setia mendampingi  saya. Dari sosok perempuan inilah saya mengenal wanita. Tiga orang anak sudah menghiasi kehidupan keluarga saya  bersama sang isteri. Satu  perempuan dan dua lagi anak laki-laki. Dari hidup dan keseharian inilah saya bisa belajar memaknai sosok seorang perempuan. Yah…dua sosok perempuan yang berharga dalam kehidupan saya, yaitu Yani Sumanti sang isteri, yang telah setia dan mengabdi selama 25 tahun dan putrinya Krani Pratiwi yang sudah lulus belajar di UPI jurusan psikologi sekarang bertugas di SMA Negeri 1 Cibadak, putra keduanya HammamPratama Putra yang sekarang ini duduk di kelas XII IPA 2 di SMA Negeri 1 Cibadak , dan yang bungsu masih berusia 2 tahun 1 bulan di beri nama Ataya Rachman Pradana Putra (dijadikan Nama Blog ini)
          Kurang lebih 17 tahun sosok Iwan Sumantri mengabdi menjadi guru Yayasan di Tamansiswa Cabang Cibadak, banyak hal yang saya dapatkan dari Tamansiswa, mulai dari mengenal sosok Suwardi Suryaningrat yang lebih terkenal dengan Ki Hajar Dewantara dengan ajaran sistem Amongnya yang menjadi semboyan dunia pendidikan kita yaitu Tut Wuri Handayani. Membaca biografi dan sepak terjang Ki Hajar Dewantara, saya semakin termotivasi untuk menjadi guru unggul dengan membaca dan belajar dari guru-guru senior yang ada di Tamansiswa.
Tahun 2004, saya mencoba keberuntungan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil. Alhamdulilah pada saat pengumuman nama saya muncul. Tapi nasib menentukan lain waktu itu, di agenda setelah wawancara beliau “digugurkan” dari CPNS karena alasan beliau mengajar di sekolah swasta. Saya merasa sakit dan sempat depresi waktu itu, bisa dibayangkan bagaimana suasana, kondisi dan perasaan yang beliau alami ketika itu. Tapi dengan kesabaran dan menerima dengan ikhlas saya jalani keputusan itu. Satu tahun beliau berintropeksi diri, belum waktunya mungkin untuk menjadi PNS.
Tahun 2005, tahun yang bersejarah buat sosok Iwan Sumantri, karena di tahun itulah mencoba dan berupaya kembali mengikuti seleksi PNS. Akhirnya dengan ridho Allah SWT, saya menjadi CPNS dengan tugas pertama kali di SMP Negeri 2 Simpenan kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi.
Dua tahun saya mengabdi dan bertugas di SMP Negeri 2 Simpenan yang berjarak 65 km dari rumah tinggalnya. Di SMP Negeri 2 Simpenen, beliau belum bisa menjadi guru yang berprestasi dan membanggakan buat diri pribadi maupun keluarga.
1 Juli 2007, Iwan Sumantri mutasi ke SMP Negeri 3 Cibadak. Sebuah sekolah yang letaknya dekat dengan rumah tinggal, kurang lebih 2 km dari rumah. SMP Negeri 3 Cibadak adalah sekolah yang cukup besar, nyaman, dan megah. Di SMP Negeri 3 inilah saya mulai  sedikit“berprestasi” .
Tahun 2008 menjadi salah satu guru yang mendapatkan sertifikasi melalui jalur pendidikan dengan belajar selama 1 tahun di Universitas Negeri Yogyakarta. Tahun 2014 menjadi guru berprestasi peringkat I tingkat Kabupaten Sukabumi. Prestasi yang cukup membanggakan buat beliau, karena tidak semua guru di Indonesia bisa mendapatkannya. Belajar selama 1 tahun di Universitas Negeri Yogyakarta telah merubah pola berpikir beliau selaku guru, dari berpikir instan menjadi berpikir kritis dan kreatif. Semakin banyak ilmu yang saya dapatkan di UNY ketika itu. Mulai dari bagaimana proses pembelajaran dengan meggunakan metode, model,media dan cara mengajar yang inovatif.  Dari UNY inilah beliau mengenal dunia maya melalui internet, salah satunya adalah bagaimana pembelajaran melalui blog.
Hasil dari pendidikan di UNY lah saya eksis di dunia maya melalui blog dan jejaring sosial lainnya. Berikut rangkuman beberapa prestasi karya tulis,penelitian dan penghargaan yang telah saya dapatkan melalui blog PBM Matematika di dunia maya:
  1. Karya Tulis
NO.
JUDUL
JENIS *)
PENERBIT
TAHUN TERBIT

Ket
1)
Pembelajaran Melek Media (Televisi)
Artikel
Buletin Forum Atraktif MGMP Bermutu Kbupaten Sukabumi
2010

2)
Guru Belajar Internet Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa,Kenapa Tidak? (30 Gagasan Inspiratif Untuk Gerakan Internet Cerdas Indonesia)
Artikel Yang di Bukukan
Leutikaprio, Yogyakarta
2012

3)
Ada Pendidikan Nilai Karakter di Timnas U-19 Saat Mengalahkan Korea Selatan
Artikel
Web DSI Unair Surabaya (guru-indonesia.net)
2013

4)
Serena Biskuit Untuk Alat Peraga Pembelajaran,Kenapa Tidak?
Artikel
Serena ME & MY Family
Jakarta
2013

5)
Guru terancam Gagap Teknologi
Artikel Pendidikan
Koran Pikiran Rakyat (Di Forum Guru) Terbit hari Jumat,25 April 2014 Halaman 27
2014

6)
Pelangi dalam Hidupku
Buku Kisah Nyata
Pena Indis
2014

7)
Bukan Mimpi Guru Jadi Blogger
Buku Motivasi
Pena Indis
2015

8)
Ki Hajar Dewantara Pahlawan Pendidikan yang Mulai Dilupakan
Artikel Pendidikan
Majalah Wahana Kreasi Guru Edisi Kedua Juni 2015
2015

9)
11 Alasan Pentingnya “Menulis” Bagi Guru
Artikel Pendidikan
Majalah Wahana Kreasi Guru Edisi Ketiga Juli  2015
2015

10)
Saya Guru Matematika Bisa Menulis
Buku
Pena Indis
2016

11)
Mindset Kurikulum 2013 Melalui Diklat Online P4TK Matematika.

Buku Pendidikan
Harmonisasi Pendidikan (Kumpulan Naskah Terpilih Multidisiplin Ilmu Pengetahuan)
Mahameru Pres
2016

12)











13)


Meningkatkan Interaksi Belajar Siswa Dengan Startegi Pembelajaran Flipped Classroom Melalui Media Bel me log Tweet Pada Pemebalajaran Matematika Kelas IXH Di SMP Negeri 3 Cibadak

Mendengar Suara Hati
Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan








Buku Motivasi
Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdndikbud




Pena Indis
2015











2017


b. Penelitian
NO.
JUDUL
TAHUN
SUMBER DANA
STATUS (KETUA/ANGGOTA)
 Ket
1)
PTK : “Upaya Mengefektifkan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Interaksi Belajar Siswa Kelas VIIIC Di SMP Negeri 3 Sukabumi Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras “
2007
Swadaya
Ketua

2)
PTK:”Penggunaan Strategi Pembelajaran Dengan Bantuan Blog Untuk Meningkatkan Interaksi dan Efektifitas Pembelajaran Materi Barisan Bilangan Bagi Siswa Kelas IXH Program Kelas Olahraga SMP Negeri 3 Cibadak Tahun Pelajaran 2010-2011”
2011
Swadaya
Ketua

3)
PTK:”Upaya Meningkatkan Inyteraksi belajar Siswa kelas VIIE SMP negeri 3 Cibadak Kabupaten Sukabumi Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segi Empat”
2013
Swadaya
Ketua

4)









PTK: “Upaya meningkatkan Interaksi Belajar Siswa dengan Strategi Pembelajaran Flipped Classroom Melalui Media Bel me Log tweet Pada Pembelajaran Matematika siswa kelas IXH di SMPN 3 Cibadak”
2015
Swadaya
Ketua


c.                 Penghargaan

NO.
JENIS PENGHARGAAN
PEMBERI PENGHARGAAN
TINGKAT *)
TAHUN
Ket
1)
Piagam Penghargaan Atas segala jasa dan Pengabdian sebagai tenaga pengajar pada bagian Taman Dewasa (SMP Tamansiswa Cibadak
Yayasan Perguruan Tamansiswa Cabang Cibadak
Yayasan

2005

2)
Piagam Penghargaan Sebagai Juri STC SMA Unggul Albayan dan Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI
Panitia STC SMA Pesantren Unggul Albayan
Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta,dan Banten

2008

3)
Piagam Penghargaan Sebagai Team Sepak Bola Cabang PGRI Kec. Cibadak
Pengurus Cabang PGRI Kec. Cibadak
Kabupaten
2008

4)
Piagam Penghargaan Sebagai Tokoh Masyarakat dalam Kegiatan KPM STAI-STISIP Syamsul Ulum
Panitia Pelaksana KPM
Kecamatan
2009

5)
Piagam Penghargaan Sebagai Juri Lomba Pada Kegiatan Gelar Trampil Pramuka Penggalang Pangkalan SMK Tamansiswa Cibadak
Panitia Gelar Trampil Pramuka Penggalang SMK Tamansiswa Cibadak
Kabupaten
2009

6)
Piagam Penghargaan Sebagai Motivator Of The Year 2010 – 2011
OSIS SMPN 3 Cibadak
Sekolah
2011

7)
Sertifikat Penghargaan Sebagai Juara Favorit Keempat Belas Kompetisi Desain Wallpaper & Poster
Komunitas Internet Cerdas Indonesia (ICI)
Nasional
2012

8)
Sertifikat Penghargaan Sebagai Juara Ke-3 Kompetisi Penulisan Artikel Internet Cerdas
Komunitas Internet Cerdas Indonesia (ICI)
Nasional
2012

9)
Sertifikat Penghargaan Sebagai Peserta Aktif Dalam Lomba Pidato Youtube Secara Online
Komunitas Internet Cerdas Indonesia (ICI)
Nasional
2012

10)
Piagam Penghargaan Sebagai Sekretaris Pelaksana O2SN
Ketua MKKS Komisariat Cibadak
Kecamatan
2012

11)
Piagam Penghargaan Sebagai Juara 1 Lomba Menulis Kreatif 2013
DSI Unair Surabaya
Nasional
2013

12)
Sertifikat Juri Go Blogger Kegiatan Albacadabra
Panitia/SMA Pesantren Unggul Albayan
Provinsi Jawa Barat,DKI Jakarta dan Banten
2014

13)
Piagam Penghargaan Peringkat 1 Guru SMP Berprestasi Tahun 2014
Bupati Sukabumi
Kabupaten
2014

14)
Sertfikat Juara 2 Lomba menulis artikel dengan tema “Urgensi mata pelajaran TIK dan KPPI di sekolah”
Komunitas Sejuta Guru Ngeblog
Nasional
2014

15)
Piagam Penghargaan Pada Pemilihan Guru Berprestasi Kelompok SMP Tk.Prov.Jawa barat
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa barat
2014

16)
Piagam Penghargaan Sebagai Kontributor Buku Menjadi Guru Berprestasi adalah Cita-cita-cita Sejak Kecil
Penerbit Pena Indis
Nasional
2014

17)
Sertifikat Penghargaan mengikuti Lomba Guru Blogger Inspiratfi 2014
Djalaludin Pane Foundation
Nasional
2014

18)
Piagam Penghargaan Juara 1 Lomba Menulis dalam rangka Hari Guru Nasional
Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KGSN)
Nasional
2014

19)
Sertifikat Lomba Blog dalam rangka Dies Natalis II ST3 Telkom Purwokerto “Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam Indsutri Kreatif”
ST3 Telkom Purwokerto
Nasional
2015

20)
Piagam Penghargaan Kegiatan Bimtek Pembinaan Kelembagaan Sekolah dan manajemen Sekolah
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi
Kabupaten
2015

21)
Sertifikat Peserta Kompetisi Guru Tingkat Nasional dalam”Peran Teknologi dalam Inovasi Pendidikan”
Direktur Utama PT.EDUSPEC Indonesia
Nasional
2015

22)
Sertifikat sebagai Pembicara pada Seminar Regional PTK
Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan
Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pend.dan Kebudayaan
Nasional
2015

23)
Piagam Penghargaan Finalis Lomba Kreatifitas Guru SMP Dalam Pembelajaran Bidang sains Tingkat Nasional 2015
Dirjen Guru dan tenaga Kependidikan Kemendikbud
Nasional
2015

24)
Surat Keterangan Berpartisipasi dalam Simposium Guru dan tenaga kependidikan dengan Judul Karya : “ Upaya meningkatkan Interaksi Belajar Siswa dengan Strategi Pembelajaran Flipped Classroom Melalui Media Bel me Log tweet Pada Pembelajaran Matematika siswa kelas IXH di SMPN 3 Cibadak
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nasional
2015

25)
Piagam Penghargaan Sebagai Peserta pada Simposium Guru dan Tenaga kependidikan Tahun 2015
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nasional
2015

26)
Piagam Penghargaan sebagai Pembicara di TWC 5 24-25 Desember 2015
Founder KSGN
Nasional
2015

27)
Piagam Penghargaan sebagai Kontributor Buku “Harmonisasi Pendidikan”
Direktur Mahameru Pres
Nasional
2016

28)
Piagam Penghargaan Peringkat 2 Guru SMP Berprestasi Tahun 2016
Bupati Sukabumi
Kabupaten
2016

29)
Piagam Penghargaan Gubernur Jawa Barat sebagai Pemenang Lomba Innovative Education Competition Katagori Innovative Action Research Tahun 2016
Gubernur Jawa Barat
Nasional
2016

30)
Piagam Penghargaan sebagai Juri Padaa Kegiatan Lomba Tingkat (LT2) Kwaran Kec. Cibadak
Ketua Kwarran Kec. Cibadak
Kecamatan
2016

31)
Surat Keterangan sebagai Peserta/Pengirim Karya Pada Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2016
Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah
Nasional
2016

32)
Piagam Penghargaan Peringkat 1 Guru SMP Berprestasi Tahun 2017
Bupati Sukabumi
Kabupaten
2017

33)





34)
Piagam Penghargaan Peringkat 2 Guru SMP Berprestasi Tahun 2017

Piagam Penghargaan Peringkat 3 Penulisan KTI ASN Tahun 2019
Gubernur Jawa Barat




Bupati Sukabumi
Provinsi





Kabupaten
2017





2019






Aktifitas Iwan Sumantri dalam Keseharian
Sejak kecil sampai sekarang Beliau diberi nama : Iwan Sumantri yang terlahir pada tanggal, 23  Pebruari 1967. Sekarang menjadi guru di SMPN 3 Cibadak Kabupaten Sukabumi mengajar mata pelajaran Matematika. Tugas tambahan menjadi wakasek kurikulum dan aktif didunia maya dengan mengelola :

1)      Web Sekolah SMPN 3 Cibadak ( http://smpn3cbd-citaidola.sch.id)
2)      PBM Matematika Beliau (http://iwansmtri.blogspot.com)
3)      Pesona PBM Beliau (http://iwansumantris3.guru-indonesia.net)
4)      Blog Kompasiana (http://www.kompasiana.com/iwansumantris3)
5)      Blogku Untuk Siswaku (http://dolmatkihajardewantara.blogspot.com)
6)      Menjadi Anggota Komunitas GURARU (http://guraru.org)
7)      Megelola Web Mobile One SM (http://iwansumantri.mywibes.com/)
8)      Mengelola Blog Kelas Olahraga SMPN 3 Cibadak    (http://kelasolahragas3.blogspot.com)
9)      Mengelola FB Pribadi (https://www.facebook.com/iwansmtri?ref=tn_tnmn)
10)   Mengelola Twitter Pribadi ( @onesmmat)
11)  Instagram  https://www.instagram.com/iwansumantri2019/


Foto Bareng Keluarga Tercinta
Bersama Kelaurga di Tahun 2018 (Foto Dok.Pribadi)







4 comments:

  1. Selamat pak atas prestasi dan dedikasi bpk terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia, sgt mengispirasi bg sy, smg ilmu dan pengetahuan bpk bs menjadi cnth bg guru2 indonesia khususnya. Bravo pak iwan sumantri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Pak Jhon atas apresiasinya....kita sama-sama guru yang berusaha dan berharap menjadi guru yang terbaik di segala bidang untuk kemajuan anak-anak kita di negeri yang kita cinta ini !
      Salam Satu Guru Satu Blog !

      Delete
  2. Mudah-mudahan ilmu yang diberkan pa Iwan Sumantri bermanfaat Di Dunia dan akhirat..amiin yaa rabbal aalamiiin

    ReplyDelete