Wednesday, January 24, 2024

Ada Anugerah dan Festival Talenta Gareulis Kabupaten Sukabumi di SMPN 3 Cibadak

 Ada Anugerah dan Festival Talenta Gareulis Kabupaten Sukabumi di SMPN 3 Cibadak

Oleh: Guru Ataya (Iwan Sumantri)

Sukabumi, 24 Januari 2024. Satu hari menjelang kegiatan Pameran sekaligus penganugerahan serta Festival Talenta Kabupaten Sukabumi 2024 yang diselenggarak di SMP Negeri 3 Cibadak, guru ataya mencoba berbagai tentang hal tersebut, menjelang pelaksanaannya, Kamis, 25 Januari 2024.

Akhir Tahun 2023 para pelopor literasi Kabupaten Sukabumi telah selesai melaksanakan Tantangan Literasi Nusantara atau TALENTA. Program ini diluncurkan untuk memfasilitasi implementasi gerakan literasi nasional pada tataran sekolah, masyarakat, dan keluarga. Fenomena yang ada dari kegiatan literasi diantaranya belum meratanya pelaksanaan pelatihan literasi di Jawa Barat karena keterbatasan dana, rendahnya monitoring dan evaluasi implementasi pelaksanaan hasil pelatihan literasi, tidak ada program/kegiatan berkelanjutan dari pelatihan literasi yang telah dilaksanakan, tidak terdokumentasinya hasil pelatihan literasi dengan maksimal, tidak ada bukti fisik karya literasi hasil pelatihan, tidak tersedia media pendukung sebagai wadah pengembangan literasi, belum ada apresiasi hasil karya pelatihan literasi tingkat Jabar, belum ada kegiatan (Lomba, Festival dan Pameran hasil karya Literasi ) hasil pelatihan GLN tingkat Jabar, dan belum ada Komunitas Penggerak GLN di Kota/Kab yang mengkolaborasikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Gerakan Literasi Keluarga (GLK) dan Gerakan Literasi Masyarakat (GLM) serta perorangan. Kepesertaan GLS terdiri atas 9 pelopor, GLK 2 pelopor, GLM 5 pelopor dan perorangan 1 pelopor.

Program TALENTA GLN Gareulis Jabar telah berjalan selama kurang lebih 1 tahun, dengan berbagai kegiatan. Pelopor dari kabupaten Sukabumi terdiri dari 8 akun GLS TK dan SD, 18 akun GLS SMP, dan 10 akun GLS SMA, akun 5 GLK, dan 10 akun perorangan, sehingga total jumlah peserta sementara sebanyak 51 akun pelopor.

Salah satu program unggulan GLN Gareulis Jabar adalah program apresiasi dan festival literasi. Program ini digulirkan sebagai penghargaan kepada seluruh pelopor yang telah mengikuti tantangan selama 10 bulan dengan diakhiri monev dan penentuan pemenang. Penentuan pemenang ini dilaksanaan dalam penilaian melalui WEB dan juga adanya pameran literasi baik tingkat sekolah maupun tingkat Kabupaten. Dalam pameran ini akan diadakan penganugerahan pemenang tingkat Kabupaten Sukabumi untuk selanjutnya akan diikutsertakan dalam perlombaan antar kokab dan puncak acara penganugerahan dan festival TALENTA GLN Gareulis Jawa Barat.




Nah, pelaksanaan  dan bagaimana   kegiatan itu dilaksanakan, kita bisa  mengikuti dan menghadiri  pada waktunya. Apa yang di gelar dan  ditampilkan oleh para peserta Talenta (Tantangan Literasi Nasional) mulai dari  kelompok  GLS,GLK,GLM yang ada di  Kabupaten Sukabumi mulai dari jenjang SD,SMP dan SMA/SMK bisa kita nikmati dan jadi tambahan amunisi pengetahuan tentang literasi.











Yuk, ah kita hadir dan sempatkan diri untuk berliterasi secara optimal

Salam Literasi Bestari !


No comments:

Post a Comment