Wednesday, September 9, 2020

Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Penyusunan Soal Berbasis Komputer untuk Sekolah

Sukabumi, bertempat di Hotel Horison, Guru Ataya dari 15 guru untuk jenjang SD dan SMP untuk mata pelejaran bahasa Indonesia dan matematika berkesempatan mengikuti Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Penyusunan Soal Berbasis Komputer untuk Sekolah sejak tanggal 7 s.d. 9 September 2020. Kegiatan tersebut di buka oleh Bapak Kasi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi juga di hadiri oleh KASI kurikulum SD.

Asesmen adalah bagian yang tidak terlepas dari siklus  belajar, standar (intende curriculum), pembelajaran (implemented curriculum), dan asesmen (attained curriculum). Tantangan dalam asesmen adalah kulaitas serta relevansi asesmen yang digunakan dalam penialaian sehari-hari. Bukan hal yang jarang guru menggunakan soal-soal yang belum mampu menguykur keterampilan berpikir tingkat tinggi, sehingga siswa tidak terdorong untuk mengasah kemampuan bernalarnya.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) pada tahun 2020 ini menyusun suatu aplikasi asesmen yang memiliki kemampuan uantuk mengadministrasikan soal-soal kepada siswa, menyusun soal, serta mengunggah dan mengunduh soal-soal/ke/dari suatu platform berbagi dan berkolaborasi antar guru. Aplikasi tersebut adalah AKSI berbasis komputer. Sebagai suatu aplikasi hasil pengembangan, perlu dilakukan sosialisasi dan pelatihan penggunaan aplikasi dalam ruangf lingkup terbatas.

Pusmenjar yang merupakan satuan kerja dibawah koordinasi Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pembukuan, kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendapatkan tugas untuk melakukan sosialisasi dan pendampingan pada pelatihan aplikasi dalam kegiuatan ini.  Salah satu bentuk pendampingan yang perlu dilakukan adalah melaksanakan kegiatan pelatihan bagi guru tingkat kabupaten/kota. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di 5 kabupaten/kota dengan jumlah peserta 15 guru pada jenjang SD,SMP,SMA dan SMK pada masing-masing kabupaten/kota yang ada di provinsi Jawa Barat dan Banten secara bersamaan.

Hasil implementasi AKSI survey maupun AKSI sekolah memberikan umpan balik berupa perlunya sarana dan wahana kepada guru untuk salaing berbagi dan berkolaborasi serta belajar bersama-sama menyusun asesmen yang berkualitas. Untuk mampu melakukan collaborative learning peningkatan kapasitas asesmen terdapat beberapa hal yang diperlukan: tool untuk menyusun soal dengan format data memungkinkan saling berbagi,. tool yang memungkinkan guru mengadministrasikan soal-soal yang disusun atau dikuarsi kepada peserta didik yang diampunya, serta tool untuk guru dapat mengunggah serta mengunduh dan berbagi respon berupa reaksi,komentar ataupun saran, dan forum belajar virtual.




Semua katifitas tersebut dalam pelatihan tersampaikan. Para peserta mendapatkan materi secara langsung bagaimana peserta dikenalkan dengan bentuk-bentuk soal AKSI, pengenalan aplikasi soal AKSI, pengenalan aplikasi penysunan soal AKSI yang dimulai dengan persiapan dan instalasi aplikasi, praktek penggunaan aplikasi baik menggunakan PC/Laptop maupun di HP android, dan terakhir dari pelatihan para peserta harus menyusun RTL pasca kegiatan.




Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Penyusunan Soal Berbasis Komputer untuk sekolah di tutup oleh Ibu Dr Rahmawati selaku penanggungjawab kegiatan dengan closing pernyataan : " Penilaian yang Bermutu akan mendorong pembelajaran yang bermutu" ; " Proses Belajar adalah proses Kolaboratif"; " Belajar Bersama, Maju Bersama, Sukses Bersama" .( guruataya 2020)

Materi dan Software Aplikasi bisa di download dibawah ini:

1) Materi Penulisan Soal

2) Motivasi Pisa 2020

3) User Manual Aplikasi AKSI


4) Manual Authoring 2020


5) Tutorial Penggunaan Aplikasi AKSI di HP

6 comments:

  1. Luar biasa,ditunggu vidut'nya Pak. Salam literasi👆, salam takzim🙏.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bu Wiwin Damayanti : Insya Allah Vidutnya sedang dalam proses ! Salam Literasi Bestari !

      Delete
  2. kereenn pak Iwan...

    lanjutkan...

    terima kasih atas atensi dan dedikasinya..>
    ditunggu info2 desiminasi di sekolah2 lainnya,,,,

    Salam dari kamii di Pusmenjar,,,
    Dian

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bu Dee Rudien: Makasih Bu Atas apresiasinya. Makasih banyak sudah mau berkunjung ke blog ini. Insya Allah info desiminasi di sekolah2 lainnya akan di infokan ! Salam dan Bahagia kami buat keluarga besar di Pusmenjar !

      Delete