Friday, January 18, 2019

Belajar Soal Online dengan HP, Kenapa Tidak?

Belajar Soal Online dengan HP, Kenapa Tidak?
Oleh : Iwan Sumantri

Menjelang UN 2019 tentung guru (khususnya guru kelas 9) telah mempersiapkan diri tentunya menyambut UN, termasuk siswa dengan berbagai cara dan teknik untuk memantapkan para siswa belajar mata pelajaran yang di UN-kan dan di USBN-kan, salah satunya adalah mata pelajaran matematika.

Bermodalkan media blog ( blog guru ataya ) mencoba mempersiapkan para siswa untuk menghadapi UN tersebut. Seperti kita ketahui pemerintah pada tahun 2019 ini menggulirkan UN dengan dua pilihan teknik ujiannya, yaitu UNBK (berbasis komputer ) dan UNKP (berbasis kertas dan pensil). Tentu dua teknik tersebut perlu persiapan dan latihan yang matang.

Pada kesempatan pemantapan mata pelajaran Matematika mencoba berlatih mengerjakan soal-soal online melalui media blog guru ataya 2018 yang diakses dengan HP masing-masing siswa. Inilah salah satu pemanfaatan HP untuk proses pembelajaran secara real di kelas.







Suasana Belajar Dengan HP di Kelas 9C SMPN 3 Cibadak (Foto Dok.One sm)

Belajar soal online dengan HP, tentunya tantangan tersendiri bagi siswa dan juga buat guru merupakan salah satu inovasi di era digital sekarang ini. Rasa antusias dan senang terlihat dari raut mereka saat mengerjakan soal-soal online. Kita selaku guru tentunya perlu kreatif dan berwawasan luas untuk menghadapi era yang serba digital saat ini.

Semoga dengan tulisan ini para siswa, guru dan semua pihak akan lebih melek dengan dunia internet, siapa tahu 10 tahun kedepan kita akan melaksanakan proses belajar mengajar tanpa kertas.

Catatan :


3 comments:

  1. Guru Zaman Now dan Masa depan, Sukses Pak Guru

    ReplyDelete
  2. Makasih atas apresiasinya ! Sukses Buat Kita Semua !

    ReplyDelete
  3. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete