Tuesday, January 22, 2019

Ada Sesuatu Belajar Di Kelas "Bengkok"

Ada Sesuatu Belajar Di Kelas "Bengkok"
Oleh : Iwan Sumantri

Memasuki tahun pelajaran 2018/2019 semester 2, Guru Ataya diberi kesempatan kembali untuk belajar Matematika bersama anak-anak Kelas 8B di SMP Negeri 3 Cibadak. Kelas 8B adalah salah kelas yang menurut para guru adalah kelasnya anak-anak yang punya kelebihan hampir di semua mata pelajaran. Mereka diatas rata-rata kelas yang lainnya. Guru ataya mencoba untuk membuktikan apa benar di kelas 8B itu ada sesuatu dalam KBM nya.

Memasuki semester 2 materi matematika kelas 8 adalah tentang teorema Phytagoras. Guru ataya mencoba proses pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri yang dilengkapi dengan Lembar Kerja Siswa (LKS). Ada 5 LKS yang disiapkan untuk 2 kali pertemuan ( 2 jam pembelajaran dan 3 jam pembelajaran). Seperti biasanya proses pembelajaran di awali dengan pendahuluan yaitu berdoa bersama, membacakan ayat suci Alquran dan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Persepsi diawali dengan pertanyaan-pertanyaan sekitar Teorema Phytagoras yang sudah dikenal para siswa dan manfaatnya belajar materi Phytagoras. 

Memasuki kegiatan inti para. siswa dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing berjumlah 6 siswa tiap kelompoknya. Masing-masing kelompok diberinama : Phytagoras, Aritmetika, Aljabar, Kalkulus, Geometri dan Bujursangkar. Di kegiatan inti ini, para siswa antusias,semangat,kreatif,dan berlomba untuk mencari dan menyelesaikan masalah melalui LKS dengan cepat,tepat dan benar. Dalam pelaksanaan kegiatan inti aktifitas siswa berjalan sesuai skenario didalam RPP. Cukup menarik dan bisa memberikan semangat untuk guru ataya mengajar di kelas ini. Pantas mereka memberi nama kelasnya "BENGKOK"...BErkarya deNGan KOmpaK..... sesuatu sekali kelas ini.


Diakhir kelas menyimpulkan hasil proses pembelajaran tentang Teorema Phytagoras.

Berikut album proses pembelajaran di Kelas Bengkok ...Memang Ada sesuatu di Kelas Bengkok ini !





















Catatan:
Untuk belajar soal Online bisa disini !



3 comments: