Tuesday, January 3, 2023

Ada Beasiswa Master Trainer Orbit Guru Merdeka Buat Para Guru

Ada Beasiswa Master Trainer Orbit Guru Merdeka Buat Para Guru

Oleh: Guru Ataya

Cibadak, 3 Januari 2023. Mengawali Tahun Baru 2023, Guru Ataya jalan-jalan di dunia maya, dalam perjalan tertarik pada web nya https://orbitfutureacademy.id/, akhirnya singgah dan berikut ini hasilnya guru ataya share dan bagikan untuk rekan guru dinegeri ini.

Orbit Future Academy didirikan untuk meningkatkan kualitas hidup melalui inovasi, pendidikan, dan keterampilan pelatihan.

Merek Orbit merupakan kelanjutan dari warisan almarhum Dr. Hasri Ainun Habibie dan Prof. Dr. Ing. BJ Habibie , presiden ketiga Republik Indonesia. Keduanya telah muncul sebagai pemimpin dalam mempromosikan inovasi dan pengembangan teknologi untuk pendidikan Indonesia.

Dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional Indonesia yang jatuh pada tanggal 25 November 2022 yang lalu, PT Orbit Ventura Indonesia memberikan kesempatan kepada guru-guru Indonesia untuk mendapatkan beasiswa mengikuti pelatihan di program Orbit Guru Merdeka dengan nilai total Rp20,8 milyar. Kesempatan ini terbatas hanya untuk 3.200 guru.

Apa itu Orbit Guru Merdeka?

Orbit Guru Merdeka (OGM) merupakan program nasional hasil kerja sama PT Orbit Ventura Indonesia dan PT Microsoft Indonesia, yang telah mendapatkan pengakuan resmi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, yang pelaksanaannya dilakukan oleh Orbit Future Academy, untuk mempersiapkan guru -guru Indonesia menjadi pendidik profesional yang bersertifikasi Microsoft, sehingga mereka siap beradaptasi dan dapat meningkatkan kemampuan mengajarnya saat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional, PT Orbit Ventura Indonesia mengadakan program beasiswa menjadi Master Trainer di program Orbit Guru Merdeka (OGM), dimana program ini akan dilaksanakan secara berani, dan akan diberikan kepada 3.200 orang guru dengan nilai satuan sebesar Rp6.500.000, sehingga total nilai beasiswa yang disediakan adalah Rp20,8 miliar.


Siapa saja yang bisa mendaftar di program ini?

Semua Guru yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada seluruh jenjang pendidikan mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB

Apa saja manfaat jika Anda menerima beasiswa tersebut?

Berikut adalah sejumlah manfaat yang diperoleh:

  1.  Meningkatkan kompetensi guru, terutama pada penguasaan teknologi digital.
  2.  Mendapatkan Trainer Preparatory Course (TPC) Microsoft Certified Educator (MCE). Kedua sertifikasi ini dapat digunakan untuk mendapatkan promosi poin kredit dan berbagai keuntungan lainnya.
  3.   .Mendapatkan pelatihan untuk menjadi Trainer OGM & sertifikasi untuk menjadi Master Trainer OGM.
  4.  Didaftarkan di Kemendikbudristek & Microsoft Indonesia sebagai Pelatih MCE setelah menyelesaikan Program OGM Master Trainer.
  5.  Berkesempatan untuk memberikan pelatihan sertifikasi MCE bagi guru lain.

Apa yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan beasiswa belajar menjadi Master Trainer di program Orbit Guru Merdeka (OGM)

Membuat video berdurasi 1 – 3 menit atau berikan alasan mengapa Anda layak mendapatkan beasiswa dan tertarik menjadi Master Trainer Microsoft Certified Educator (MCE).


Apa yang harus Anda lakukan pada video yang telah Anda buat

Mengunggah video ke Youtube dan menambahkan tautannya di kolom Bukti Karya di Platform Merdeka Mengajar (PMM) paling lambat 15 Januari 2023.
https://guru.kemdikbud.go.id/.


Baca Juga:


Apa yang harus Anda lakukan setelah video terunggah?Mengundang rekan-rekan guru lainnya untuk menyaksikan dan memberikan feedback (umpan balik) terhadap Bukti Karya tersebut dengan cara membagikan tautan yang tersedia di menu aplikasi PMM (di pojok kanan atas) dan atas tautan Share Link yang tersedia di Youtube.

Berbagi Tautan dari PMM: https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/.


Jika tanggapan positif sudah terkumpul, baik di PMM maupun di Youtube, selanjutnya apa yang perlu Anda lakukan?


Harap isi semua data yang diperlukan serta tautkan link video Youtube atau berikan alasan mengapa Anda layak mendapatkan beasiswa untuk menyelesaikan proses pendaftaran Anda. Setelah Anda mengisi pengisian formulir pendaftaran, maka Anda akan menerima Informasi terkait peluang pendaftaran Anda melalui email dari   ogm.registration@orbitfutureacademy.sch.id.


Kapan batas akhir pendaftaran?

Tautan link hanya bisa diakses sampai paling lambat tanggal 15 Januari 2023 pukul 23:59 WIB.


Apakah semakin banyak jumlah feedback dan jumlah like menjadi penentu utama dalam keputusan penerima beasiswa?

Tidak. Anda dapat mengirimkan email segera setelah video Bukti Karya tersebut telah mendapatkan minimal 1 tanggapan positif dan 1 suka.


Setelah mendapatkan konfirmasi pendaftaran berhasil melalui email ogm.registration@orbitfutureacademy.sch.id, apa lagi yang harus Anda lakukan?

Harap menunggu email lanjutan dari ogm.registration@orbitfutureacademy.sch.id terkait fasilitas pengisian Readiness Assessment.


Apa yang terjadi setelah Anda mengisi Penilaian Kesiapan?

Tim internal OGM akan meninjau ulang jawaban Readiness Assessment calon penerima beasiswa dan memvalidasinya.


Kapan keputusan penerima beasiswa akan diinformasikan?

Keputusan penerima beasiswa ada di tim OGM dan tidak bisa diganggu gugat. Nama-nama yang terpilih menerima beasiswa akan diinformasikan di PMM pada tanggal 31 Januari 2023; nama pengguna dan kata sandi untuk mengakses aplikasi OGM akan dikirimkan ke alamat email masing-masing (sesuai yang tertera di penilaian kesiapan).


Kapan pelaksanaan program beasiswa ini akan dimulai?

Program beasiswa ini akan dimulai pada tanggal 1 Februari 2023 dan akan selesai paling lambat 31 Mei 2023.


Apa yang Anda dapatkan saat Anda menjadi penerima beasiswa tersebut?

Anda akan menerima surat keputusan mendapatkan beasiswa untuk belajar menjadi Master Trainer di Program Orbit Guru Merdeka. Surat ini akan dikirimkan ke email masing-masing (sesuai yang tertera di penilaian kesiapan).

Tunggu apalagi, ayo segera buatkan videonya dan segera daftar !

Bapak/Ibu Guru, mohon masukannya untuk karya saya ini. Umpan balik Anda akan sangat membantu untuk meningkatkan kualitas karya saya. Terima kasih. https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/194502?from=share


Sumber tulisan : https://orbitfutureacademy.id/


5 comments:

  1. Terima kasih infonya menarik dan penjelasannya terstruktur. Semoga saya bisa diterima menjadi penerima beasiswa OGM.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sudah mau berkunjung ke artikel ini. Kita berdoa semoga bisa diterima di beasiswa ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih infonya. setelah mendapat info ini. saya ke termotivasi mendaftar. semoga bisa diterima di beasiswa ini. Aamiin

      Delete
  3. Untuk pelatihannya apakah secara luring atau kah daring?

    ReplyDelete