Saturday, November 12, 2022

5 Hari Esensi Untuk Mendapatkan Sertfikat

5 Hari Esensi Untuk Mendapatkan Sertfikat

Oleh: Guru Ataya (Iwan Sumantri)

5 hari sudah berlalu pasca dimulainya Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pemimpin Merdeka Belajar Angkatan 2. Kurang lebih ada 22 kegiatan kita lalui bersama. Sebuah konsekuensi yang tentunya harus dijawab seorang pemimpin merdeka belajar yang sudah mendaftarkan diri  di program seri PMB.

5 hari adalah hari- hari yang penuh dengan nuansa pembelajaran mandiri dari ketelusan hati untuk mau belajar,berdedikasi,pengorbanan,pemahaman,perubahan berpikir, dan kolaboratif dalam diskusi yang bisa mewarnai pola pikir kita para guru yang beragam.

Terlepas dari berbagai motif dan motivasi secara individu semua sepakat bahwa sudah banyak hal baik yang bisa kita ambil dari program guru belajar dan berbagi seri Pemimpin Merdeka Belajar, banyak hal yang kita dapat dalam pembelajaran tersebut. Yang pada akhirnya saya selaku salah satu peserta mengingatkan diri sendiri juga semua rekan peserta dari program tersebut untuk fokus pada esensi materi pemimpin merdeka belajar bukan hanya berharap pada satu lembar sertifikat yang nanti akan kita dapatkan setelah mengikuti program ini (jika lulus dan memenuhi persyaratan).

Esensi akhir dari program guru belajar dan berbagi ini adalah kita mempunyai bekal keilmuan secara utuh untuk menjadi Pemimpin Merdeka Belajar yang Pembelajarannya  berpihak pada siswa dan Penggerak Komunitas Belajar yang ada dilingkungan/sekolah masing-masing. Ada beban moral secara keilmuan yang harus kita tanggung saat selesai mengikuti program ini.

Baca Juga:

Dalam prosesnya kita tidak hanya mengejar ketuntasan belajar semata, tanda ceklis biru disetiap materi yang kita pelajari sebagai tanda selesai tugas, membuat kanvas dan refleksi pemimpin merdeka belajar , diskusi di grup telegram,mengerjakan, pengimbasan rencana aksi pasca pelatihan atau yang lainnya. itu penting tentu saja, yang pada akhirnya muncul sertifikat. Tapi secara keseluruhan ada hal yang lebih esensial yaitu pemahaman keilmuan secara utuh yang diaplikasikan lewat sebuah aksi nyata terus menerus dan konsisten dilakukan setelah kita selesai mengikuti Pelatihan tersebut dilingkungan kita, sehingga benar-benar berdampak pada siswa dan rekan-rekan kita.


Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kelancaran dalam pengimbasan dan aksi nyata hasil dari pelatihan pemimpin merdeka ini.

 #PemimpinMerdekaBelajar 

#RefleksiPemimpinMerdekaBelajar

No comments:

Post a Comment