Sunday, February 13, 2022

Ada Tambahan Wilayah Sasaran Rekrutmen Calon Pengajar Praktik (reguler) Pendidikan Guru Pengerak Angkatan 6

Ada Tambahan Wilayah Sasaran Rekrutmen Calon Pengajar Praktik (reguler) Pendidikan Guru Pengerak Angkatan 6

Oleh: Guru Ataya (Iwan Sumantri)

Sukabumi - 3 Februari 2022. Informasi menggembirakan buat bapak/ibu guru yang belum daftar atau ikut serta dalam program guru penggerak, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan 6.

Pelaksanaan pendidikan guru penggerak angkatan 6 akan dimulai awal bulan Agustus 2022 dengan sasaran 156 Kabupaten/Kota. Untuk melaksanakan pendidikan tersebut diperlukan Pengajar Praktik (PP), oleh karena itu sebagai persiapan pelaksanaan pendidikan guru penggerak diperlukan rekrutmen Calon Pengajar Praktik (CPP).

Tambahan wilayah (23 kabupaten/kota) Rekrutmen Calon Pengajar Praktik (reguler) Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6, karena wilayah tersebut masih minim lulusan guru penggerak Angkatan 2 yang akan direkrut menjadi Calon Pengajar Praktik, atau minim Pengajar Praktik angkatan 3 (tidak memenuhi kuota jumlah calon pengajar praktik).

Terkait rekrutmen CPP, berikut kami menginformasikan beberapa hal sebagai berikut.

1.  Sasaran calon Guru Penggerak angkatan 6 adalah guru sejumlah 8.000 orang pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB.

2. Diperlukan sekitar 1.600 Pengajar Praktik, untuk mendampingi 8.000 calon guru penggerak yang terdistribusi pada 156 kabupaten/kota.

3.   Proses rekrutmen CPP reguler dilakukan beberapa tahap seleksi yaitu:

  • tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian biodata, dan penilaian esai;
  • tahap 2 : penilaian simulasi mengajar dan wawancara.
  • tahap 3 : pembekalan CPP
  •  Registrasi akan dibuka mulai tanggal 7 18 Februari 2022.

4.  Tim rekrutmen calon Guru Penggerak adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparan, akuntabel, dan berkualitas.

5.   Tambahan wilayah sasaran kabupaten/kota rekrutmen dapat dilihat pada Lampiran 1 dan Informasi proses rekrutmen calon guru penggerak dapat dilihat pada Lampiran 2, atau pada laman: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/


Baca Juga : Refleksi Program Guru Merdeka Belajar


Informasi lebi lanjut bisa dilihat dibawah ini dan log in di SIM PKB masing masing. 

Ayo masih ada waktu dan kesempatan untuk bapak ibu, kita ambil kesempatan untuk bisa berkontribusi di program guru penggerak ini (angkatan 6).

No comments:

Post a Comment