Saturday, December 5, 2020

Ada Apa di Buku PELANGI kita

Ada Apa di Buku PELANGI kita 
Oleh: Iwan Sumantri 

Cibadak-5 Desember 2020. Disela-sela kesibukan mengelola nilai dan pelaksanaan penilaian akhir semester (PAS), guru ataya mencoba berbagi tentang sesuatu yang didapatkan ketika pandemi covid-19 memasuki bulan ke-9, semoga ini bermanfaat buat kita semua terutama para guru yang senantiasa berupaya untuk berbuat sesuatu di masa pandemi covid-19 ini. 

Hampir 9 bulan kita rasakan dampak dari pandemi covid-19. Pandemi Covid-19 merupakan keadaan darurat yang berpengaruh pada seluruh kehidupan di Indonesia termasuk di dunia pendidikan. Kondisi pembelajaran seperti dipaksa untuk melakukan perubahan. Berbagai aktivitas yang biasanya bisa dilakukan sebelum pandemi Covid-19 tidak bisa lagi dilakukan demi mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19. 

Buku PELANGI ini tal lepas dari perjuangan dan pemikiran intens kepala sekolah, penulis dan para guru SMP Negeri 3 Cibadak di suasana pandemi Covid-19 dalam proses pembelajaran jarak jauh (belajar dari rumah). PELANGI merupakan buku yang berisi tentang berbagai ragam rasa dan kesan yang dialami penulis, para guru,orang tua dan siswa SMP Negeri 3 Cibadak khususnya selama proses pembelajaran dari rumah sampai PAT dalam kondisi dan situasi yang tidak diharapkan oleh kita semua, sehingga buku ini di beri judul "PELANGI" (PELajaran berhargA jangan sampai terulaNGI) CERIA BERBUDI DI MASA COVID-19, dimana didalamnya erisi tentang kegiatan, harapan, mimpi, dan asa penulis dan guru-guru SMP Negeri 3 Cibadak (Ceria Berbudi) serta orang tua dan siswa yang merasakan langsung dampak dari Covid-19 di dunia pendidikan khususnya. 

Buku ini tak lain adalah titik dan tetesan kecil diantara hamparan luas lautan ilmu pengetahuan yang terbentang. Buku ini hadir di hadapan para gurarurer semoga mampu memberikan suntikan semangat untuk tetap senantiasa menjalankan tugas dan kewajiban selaku pendidik disuasana apapun yang dialami kita untuk tetap mencetak anak-anak kita menjadi generasi emas dimasa mendatang. Dan berharap juga buku PELANGI ini hadir bisa berkontribusi bagi dunia literasi kita. 

SMP Negeri 3 Cibadak sudah 9 bulan berjalan melaksanakan PJJ Daring. Dari aktifitas tersebut dalam rangka menyambut dan memperingati Hari Guru Nasional telah berupaya untuk tetap semangat belajar dan melaksanakan PBM ditengah kondisi yang tidak pasti ini. Aktualisasi dari logo HGN 2020 oleh satuan pendidikan SMP Negeri 3 Cibadak diterjemahkan dengan semangat semua kelaurga besar berbuat sesuatu dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimilki, dengan memanfaatkan wifi dan jaringan internet yang ada. Alhasil dengan motto belajar bersama, maju bersama dan sukses bersama menghasilkan 179 video pembelajaran untuk membantu para siswa belajar sebagai salah satu media penyampaian materi dan 16 video dakwah islamiah sebagai media untuk menumbuhkan nilai-nilai religius selama PJJ berlangsung. 

Inilah bukti para guru SMP Negeri 3 Cibadak memanfaatkan dan mengambil hikmah dari suasna pandemi covid-19 dengan tetap berkreatifitas dan berinovasi sesaui dengan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki masing-masing guru mata pelajaran. Selain video sebagai media ajar untuk membantu siswa, guru-guru SMP Negeri juga membuktikan bahwa guru bisa menulis dan PJJ bukan sesuatu hal yang menghambat untuk tetap berkarya. Dengan semangat bellajar bersama,, maju bersama dan sukses bersama menghasilkan buku antologi yang diberinama PELANGI (Pembelajaran Jangan sampai Terulang) S3 Ceria Berbudi. Dimana isi buku tersebut menceritakan suka duka,kesan pesan para guru melaksanakan PJJ dan orang tua serta siswa melaksanakan PJJ tersebut, semua hal yang dirasakan terekam melalui tulisan dan cerita para guru yang kongkrit dan nyata dirasakan. Itu semua tak akan terjadi manakala tak ada dukungan,suport dan motivasi dari sosok kepala sekolah SMP Negeri 3 Cibadak H.Mochamad Soleh, S.Pd,M.M.Pd yang selalu suport dan memberikan motivasi bagaimana guru harus berkarya di era guru merdeka belajar.
 


Inilah Kado dari Keluarga Besar SMP Negeri 3 Cibadak di Hari Guru Nasional 2020, Ini semua berkat Belajar Bersama, Kerja Bersama dan Sukses Bersama.

Ingin memiliki buku-buku karya guru ataya (Iwan Sumantri) bisa di cari dan pesan disini atau disini

6 comments:

  1. Terima kasih pak iwan selalu mensupport kami untuk berkreasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bu Imas Mutiara: Terimakasih bu atas apresiasinya, kita harus saling suport bu untuk tetap berkreasi !

      Delete
  2. Keren pa...haturnuhun atas segala inspirasi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bu Rani Nurhayati Rosida: makasih bu atas apresiasinya ! Mudah2an beremanfaat dan bisa menginspirasi guru lainnya !

      Delete