Thursday, April 19, 2018

Belajar dari Satu Guru Satu Blog

Belajar dari Satu Guru Satu Blog
Oleh: Iwan Sumantri

Rabu, 18 April 2018, minggu kedua kegiatan pelatihan online yang diselenggarakan oleh Kanal Pelatihan Maluku Belajar memasuki modul 4 dan modul 5 yang berisi tentang Mengelola dan Menghias Blog serta bagaimana Membuat dan Mengelola Menu Blog Guru. Dua Modul yang perlu pemahaman dan kerja ekstra bagi peserta yang baru mengenal tentang Blog. 

Isi modul ternyata dikemas sedemikian rupa sehingga para peserta mudah memahami dan mempraktekan langsung isi modul tersebut. Selain berbentuk tulisan ternyata di modul juga dilampirkan Link Video Panduan yang cukup membantu peserta pelatihan untuk memahami isi modul secara optimal.

Satu Guru Satu Blog suatu program yang dikembangkan  oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) telah membawa guru-guru Indonesia melek akan dunia ICT/TIK. Keterampilan menulis para guru tentunya ditantang melalui program Satu Guru Satu Blog ini. karena Guru Abad 21 menurut saya adalah guru yang menguasai 4 kompetensi + 1 kompetensi Plus.

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, guru harus memiliki kompetensi pedagogik,kepribadian,sosial dan profesional yang diperolehnya melalui pendidikan profesi. Keempat kompetensi tersebut terintegrasi dalam kinerja guru.

Tuntutan guru abad 21 belumlah cukup jika guru hanya memiliki 4 kompetensi tersebut diatas, masih ada yang harus dimiliki di era digital dan serba online ini adalah kompetensi guru dibidang ICT/TIK. Kompetensi dalam bidang ICT/TIK inilah yang akan melengkapi Guru Jaman Now dalam mengarungi maraknya media di dunia maya.

Kanal Pelatihan Maluku Belajar inilah salah satu media yang membukakan para guru untuk melek dunia maya alias dunia internet (ICT/TIK), karena di kanal inilah banyak pelatihan-peatihan secara online yang bisa diikuti oleh para guru yang mau melek akan dunia internet.

Jika anda adalah guru abad 21, saya pastikan anda akan mengikuti pelatihan-pelatihan baik secara online maupun off line.

Berikut saya coba berbagi Modul Hasil Pelatihan Pembuatan Blog Guru dalam dunia pembelajaran, semoga ini bisa membantu para guru di negeri ini akan melek dunia blog tidak menjadi guru yang diam di "Zona Aman".


Sumber Modul : dari Kanal Pelatihan Maluku Belajar

2 comments:

  1. Ini mah sudah master, bukan lagi baru belajar,... mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Admin Bisa Saja....saya bisa dalam tahap belajar,belajar dan belajar terus... Terimaksih sudah berkunjung ke Blog Pembelajaran Guru Ataya Hasil Pelatihan Maluku Belajar !

      Delete