Wednesday, June 19, 2019

Ada Cerita di VCT Batch 4 Jabar 05


Ada Cerita di VCT Batch 4 Jabar 05
Oleh : Iwan Sumantri (Peserta Grup 5.3)

Cibadak, 19 Juni 2019. Mendekati 11 hari terakhir kegiatan pelatihan online VCT Batch 4 Jabar 05 VCI 77 Jabar, blog guru ataya mencoba berbagi sesuatu yang berharga dan bermanfaat bagi kita semua, terutama para guru/peserta VCT dan tentunya kita para guru di negeri ini.

Berikut ada sebuah catatan dan motivator VCT yang membuka dan memberikan magnet semangat, serta wawasan kita ketika kita mengikuti pelatihan ini.

Ayo kita simak :

"2016 awal saya mengenal namanya pelatihan online tepatnya belajar edmodo waktu itu.
Awal saya bisa ikut pelatihan online saat ikut rakor IGI Jabar kala itu,pak Gatot meminta kami yang hadir ikut pelatihan online.saya bilang apa bisa pak ?saya kalau Sabtu kuliah gimana bisa mengikuti nya
Kata pak Gatot saat itu kan kamu punya hp,install webex nya simak materi nya dari HP
Kalau gak paham bertanya di grup wa

Dari sana saya mencoba belajar namanya pelatihan online,wih ternyata seru banget lho ikut pelatihan online itu.
Saya yang awalnya gaptek,wong guru akuntansi install software aja dulu selalu minta tolong orang lain untuk membantu nya
Tapi sejak ikut online belajar dikit dikit Alhamdulillah bnyk ilmu ku dapatkan,bnyk temen baru ku dapatkan bahkan seperti keluarga baru ku
Saling bantu saling berbagi.


Dari sinilah saya kecanduan ikut pelatihan pelatihan online yang diselenggarakan oleh pihak SEAMEO dan seamolec,dapat ilmu tanpa harus keluar rumah,dan gratis pula plus dapat sertifikat jika lulus
Kunci mengikuti pelatihan online adalah jangan malu bertanya.
Bertanya lah walau mungkin itu hal yang simpel bagi yang lain,jangan malu untuk bertanya
Smoga sharing pengalaman ini bisa membantu bpk ibu semua nya
Terima kasih ya pak @⁨Gatot Hari Priowirjanto⁩ yang SDH mendorong saya untuk ikut pelatihan online Waktu itu "


Umi Tira lestari - Bogor
Salah satu dari 3Pilar

Umi Tira Lestari(igi kota.BOGOR):

Bagian ke dua

"Saat masih ikut pelatihan online edmodo,saya dan pak khairuddin sering di minta bantuan untuk administrasi pelatihan oleh pak Dadan Sukma waktu itu masih di seamolec, bagi saya sih seneng seneng aja wong di percaya.
Yang serunya dari pelatihan pertama online yang saya ikuti adalah harus mendedikasikan ilmu yang kita dapatkan disekolah dengan bentuk foto foto dan menyajikan nya dlm bentuk seminar didepan smua peserta online.
Ehmmm kebayang dunk gmn rasanya wong blm pernah tampil memaparkan materi apa pun ini harus seminar hasil,gmn caranya ngomong aja blm brani,gmn share materi belum bisa.
lagi lagi kuncinya adalah mau bertanya kepada yang SDH bisa bagaimana caranya
Gak papa lah sebagai bilang aku cerewet wong emang dasar nya gak bisa.
Alhamdulillah lulus juga akhirnya aku di pelatihan online pertama ku.
Setelah lulus aku dihubungi pak Dadan untuk membantu pelatihan online edmodo batch 3 dengan beberapa orang lainnya
Ada pak Khairuddin dari Aceh,ada pak Endar dari Majalengka,ada om Saifulloh dari Bima,ada cak Suhaefi dari Pasuruan,mas Mufid dari Semarang,ada Bu Crysna dari Ponorogo dan Bu Sofie dari Padang
(Maaf jika ada salah penulisan nama dan tempat)
Pokoknya seru banget pengalaman baru menjadi instruktur kala itu.kebayang gak sih gmn berkolaborasi di dunia Maya.Wong kolaborasi di.dunia nyata aja susah kuncinya adalah menemukan chamistery dari sebuah tim.
Kembali pak Gatot bilang ibaratnya kita memegang Pinsil warna maka kita akan menghasilkan gambar yang indah nanti nya. Pak Gatot selalu bilang klo mau berbagi jangan pernah berpikir kita akan mendapatkan apa,berbagilah yang ikhlas insayaaallah rejeki akan mengalir dari pintu pintu yang TDK terduga.

Bener aja aku di ajak waktu itu mengisi kegiatan di SMP Negeri 1 Buleleng.
Saat dihubungi aku merasa mimpi emang beneran ya aku diajak ke sana.
Ini adalah pengalaman pertama ku keluar kota naik pesawat terbang, dan naik Garuda lagi saat itu.

Mungkin bagi sebagian orang naik pesawat adalah hal biasa
Tapi bagiku itu adalah sesuatu yang sangat mahal rasanya.
Sebuah pengalaman yang tidak akan pernah ku lupakan.
Nah sambil mengelola kegiatan online aku diberi kepercayaan oleh pak Gatot untuk mengelola satu room webex milik seamolec untuk kegiatan online.
2016 webex itu berbayar berbeda dengan saat ini ada webex free untuk 200orang tuk 1 bulan.

Di beri amanah mengelola webex untuk kegiatan guru oleh direktur SEAMEO sekretariat kala itu adalah sebuah amanah besar bagiku. Siapa sih aku
Hanya seorang guru biasa dari kota Bogor yang di berikan kepercayaan oleh pak Gatot. Akhirnya kembali bersama pak Khairuddin serta Bu chandaria kala itu di ajak mengelola kegiatan Sadar IGI ( saresehan dlm jaringan ) atau istilah nya diskusi dengan berbagai tema yang menarik . Temanya bisa IT dan non IT.

Banyak suka duka yang ku alami dalam memegang room webex ini. Banyak juga suka duka mengelola kegiatan Sadar IGI ini
Tapi yang ingin kubagi hanya suka nya saja ya siapa tau memotivasi bapak ibu peserta yang sedang mengikuti kegiatan VCT.

Mau tau gak apa suka nya?
Suka nya adalah saat-saat pertama kali bapak gatot menghubungiku untuk mengurus paspor, ini mau di ajak ke mana dan mau ada kegiatan apa,pokoknya nurut aja bikin paspor. Gak butuh waktu  lama untuk bikin paspor, tapi masih bingung aja mau dipakai kemana setelah paspor jadi.Menjalankan aktifitas rutin sebagai guru di Smk Ranti mula bogor sebagai induk mengajar, saya lakukan sampai lupa ada tawaran mau keluar negeri saat itu.
Awal September 2018 kembali dapat chat Wa untuk mempersiapkan diri pergi ke Bangkok,cuma bingung akan pergi sm siapa saja,jawaban bpk gatot nanti lihat sj dlm grup yang saya bikin begitu katanya.  Setelah grup terbentuk baru lah tau di sana ada pak Khairuddin dari Aceh dan ibu Siti Zulaiha dari Jawa Tengah.  Didalam grup baru diterangkan klo nanti kami akan di ikutkan seminar world didac dan rangkaian kegiatan lainnya selama 8 hari.

Tiba lah saat hari keberangkatan kami ke bangkok di akhir oktober 2018,disana kami disambut dengan sangat mewah,bayangkan keluar dari pesawat sudah ada staf yang menunggu kami dan

dijemput dengan mobil yang biasa

dipergunakan pak gatot sebagai mobil dinas nya yang setara dengan mobil diplomat serta fasilitas hotel yang mewah.  Pokoknya kenangan yang tak terlupakan.  Setelah urusan bandara selesai kami di bawa ke kantor SEAMEO disana kembali bertemu orang orang yang ramah,sambil menunggu pak gatot selesai rapat kami berputar melihat lihat kantor SEAMEO, usai rapat pak gatot menemui kami dan menjelaskan tugas yang harus kami selesaikan selama di Bangkok.

Salah satu tugas nya adalah merancang kegiatan Virtual Koordinator Tranning untuk Indonesia, dari mulai agenda kegiatan,materi,tugas, flyer,pendaftaran sampai dengan pengumpulan tugas.  VCT 1 mulai Oktober 2018, dan tak terasa sekarang sudah VCT 4,dengan jumlah pendaftaran peserta yang cukup memukau, yaitu hampir 14.000 pendaftaran, dan sudah meluluskan total dari batch 1 smpi 3 dengan jumlah 3000 lulusan.  Lulusan VCT diharapkan memiliki kecakapan layaknya seorang koordinator, dimana bisa membuat flyer,absen online,merekam,menjadi host,moderator dan pemateri serta menguplodnya ke youtube.  Sehingga ketika kegiatan VCT sudah selesai bukan berarti selesai kegiatan nya, tapi disanalah tantangannya untuk mulai menerapkan apa yang sudah di dapatkan.  Selamat kepada smua lulusan VCT dan teruslah berbagi apa yang sudah di dapatkan agar lebih bermanfaat.

Hikmah dari cerita di atas adalah bahwa lakukanlah sesuatu itu tanpa berharap apa pun,lakukan secara ikhlas karena kita tidak pernah tau rencana Allah terhadap apa yang SDH kita lakukan.

Nah saya berharap bapak ibu peserta VCT untuk tetep smangat menyelesaikan pelatihan ini dan lakukan yang bisa kita lakukan karena kita gak pernah tau apa yang akan kita dapat dalam kegiatan berbagi ilmu.
Tetep smangat ya dan jangan lupa tersenyum agar bahagia"

Umi Tira lestari -Bogor
Salah satu dari 3pilar VCT.



3 comments:


  1. ayo menangkan uang setiap harinya di agen365*com
    WA : +85587781483

    ReplyDelete
  2. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  3. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete