Friday, April 15, 2022

Ada Ilmu Matematika di Kampung Ramadhan 1443 H SMPN 3 Cibadak

 Ada Ilmu Matematika di Kampung Ramadhan 1443 H SMPN 3 Cibadak

Oleh : Guru Ataya

Cibadak-15 April 2022. Guru ataya.com. Usai sudah gelaran Kampung Ramadhan 1443 H yang digelar oleh Panitia Keagamaan SMPN 3 Cibadak. Kegiatan berlangsung sejak 11 s.d. 14 April 2022/ 9 s.d 12 Ramadhan 1443 H. Kegiatan yang merupakan agenda tahunan sekolah yang dikemas berbeda dengan tahun sebelumnya dengan protokol kesehatan yang cukup ketat telah di tutup secara resmi oleh kepala sekolah. Dengan tema "Bahagia itu Secukupnya, Bersedih Seperlunya, Bersyukur Sebanyak-banyaknya" telah memberikan kesan dan pembelajaran buat kita semua, selain menanamkan nilai-nilai ketaqwaan,keimanan dan ketaatan pada Allah SWT, kegiatan Kampung Ramadhan ada yang menarik dan jadi perhatian khusus buat guru Ataya, yaitu kegiatan diakhir menjelang penutupan.

Dikegiatan penutupan, panitia mengadakan lomba yaitu: 1) lomba cerdas cermat Islami; 2) Dongeng Islami; 3) Yel-yel; 4) Membuat Miniatur Islami. Kegiatan lomba-lomba dikemas sedemikian lupa, sehingga masing-masing kampung harus dan wajib megikutinya. Jumlah rombel di SMPN 3 Cibadak ada 24 rombel, dari 24 rombel tersebut di bagi menjadi 6 kampung. Ada Kampung 'Adn, Kampung Firdaus, Kampung Mekah, Kampung Madinah, Kampung Darun Na'im, dan Kampung Darussalam. Nama kampung semuanya bernuansa Islam.

Dan yang menarik sekali buat guru Ataya adalah kegiatan lomba membuat miniatur islami dari barang-berang bekas bagi semua kampung. Ada ilmu matematika di kegiatan tersebut. Secara kebetulan guru Ataya dijadikan juri di lomba tersebut, tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri buat guru Ataya. Lomba miniatur islami ini panitia sudah menentukan syarat-syarat minitur yang dibuat yaitu miniatur yang dibuat harus mencerminkan nilai-nilai islami, ada keterkaitan miniatur yang dibuat dengan mata pelajaran yang diajarkan dikelas selain PAI, Prakarya dan Seni Budaya.

Dari hasil pengamatan dan penjurian, ternyata dari 12 miniatur yang ada dan dipamerkan hampir semuanya ada ilmua matematikanya ( ada bangun datar dan bangun ruang yang tersaji).

Baca Juga:

Berikut foto-foto miniatur yang di lombakan dan dinilai oleh para juri:


































Ternyata ketika kita bisa berkolaborasi dan saling bekerjasama, banyak ilmu dan pembelajaran yang bisa kita dapatkan dari suatu kegiatan. Kampung Ramadhan 1443 H di SMPN 3 Cibadak ini lah contohnya. Belajar Merdeka dan Mengajar Merdeka ada dikegiatan ini.
Salam Guru Penggerak yang ada di negeri ini !

Album Kegiatan Pembukaan bisa dilihat disini
Album Kegiatan Penutupan bisa dilihat disini 

Video Live Kegiatan Pembukaan  Kampung Ramadhan SMPN 3 Cibadak


Video Live Kegiatan Penutupan/Lomba-lomba Kampung Ramadhan SMPN 3 Cibadak

2 comments: