Friday, November 20, 2020

Penulisan Praktik Baik Pembelajaran Merdeka Belajar Ala Guru Ataya

Penulisan Praktik Baik Pembelajaran Merdeka Belajar Ala Guru Ataya

Oleh: Iwan Sumantri

Sukabumi- 20 November 2020. Sejak hasil kurasi tentang pembuatan Media Pembelajaran di WIT 2020 tahap 2 yang dilakukan melalui webinar  pada tanggal 9 November 2020 yang lalu saya sebenarnya sedikit pesimis, dan deg-degan karena peserta kurang lebih 503 guru-guru hebat di negeri ini.

Selang waktu seminggu, tepatnya 17 November 2020, saya buka email....ternyata ada pengumuman Tahap 3 WIT 2020. Alhamdulilah, MPI OMAT ala Guru Ataya bisa lolos ke tahap berikutnya. Dan akhirnya saya gabung dengan 242 guru dari berbagai media yang lolos kurasi tahap 2. Senang dan bahagia so pasti bergejolak dalam diri ini. Kenapa? Di grup ini kita akan dapat ilmu dan kompetensi tentang beragam media pembelajaran yang dibuat oleh guru-gurua inspiratif dan inovatif yang ada di negeri ini.

Program Penulisan Praktik Baik Pembelajaran Merdeka Belajar akan mampu memberikan pembekalan pada guru untuk menuliskan praktik baik pembelajaran yang sudah terbukti efektif  dan berhasil diimplementasikan. Kenapa harus dengan menulis? Karena menulis merupakan salah satu cara yang efektif untuk berbagi pengalaman dan inspirasai sesama rekan guru.

Dengan kemampuan menulsikan praktik baik pembelajaran, tentunya akan semakin banyka guru yang berbagi, semakin banyak guru mencoba praktik baik , semakin banyak guru yang berhasil, dan tentunya akan berimbas pada siswa untuk belajar lebih baik.

Aktifitas dalam pembelajaran praktik baik pembelajaran melalui platform sekolah.mu dimulai dari pra program, miuskonsepsi tentang menulis,mari menulis dengan menggunakan kerangka berpikir ATAP (Aawal-Tantangan-Aksi-Perubahan) membawa para peserta kearah penulisan praktik baik yang mudah dan membantu proses akhir tulisan praktik baik masing-masing peserta.












Hasil dari Pelatihan melalui platform SEKOLAHMU, saya buktikan dengan penulisan Praktik Baik Pembelajaran Merdeka Belajar yang saya lakukan dibawah ini, semoga ini bisa membantu berbagi untuk praktik baik bapak ibu guru lainnya dan berharap dengan praktik baik ini bisa merubah dan meningkatkan pembelajara para siswa kedepannya.



#KampusGuruCikal #PraktikBaik #GuruMerdekaBelajar

8 comments:

  1. Replies
    1. @Pak Marwan Malik: Terimakasih atas apresiasi dan kunjungannnya ! Bapak juga kren bisa gabung di WIT 2020 Tahap 3

      Delete
  2. Terima kasih Pak Iwan, ditunggu buku solo nya, Bunda berusaha untuk menulis kisah inspirasinya. Pak Iwan menuliskan ilmunya. Semangat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bunda Lilis Sutikno: Makasih Bunda mau berkunjung lagi ke Blog Guru Ataya. Insya Allah tentang saya di WIT 2020 akan saya coba tulis dalam bnetuk buku. Ditunggu saja tayangannnya !

      Delete
  3. Pak Iwan mantap sekali, terimakasih untuk share konten menginspirasi saya untuk berani menulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bu Nuri Finaryanti: Makasih bu atas apresiasinya! Ayoo bu beranikan diri untuk menulis, apalagi kita sudah dapat ilmunya bagaimana menulis praktik baik itu !

      Delete
  4. Masya Allah keren. Memang sudah seharusnya sesama guru saling berbagi praktik baik. Selamat berbagi dan mengispirasi. moga kita bisa berjumpa di TPN ya, Pak @guru Ataya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bu Arinil: Makasih atas apresiasinya dan mau berkunjung ke blog guru ataya. Setuju bu Memang sudah seharusnya sesama guru saling berbagi praktik baik. Selamat berbagi dan mengispirasi. moga kita bisa berjumpa di TPN ya,

      Delete