Monday, August 28, 2023

Catatan PP di Lokakarya Orientasi PPGP Angkatan 9 Kabupaten Sukabumi

Catatan PP  di Lokakarya Orientasi PPGP Angkatan 9 Kabupaten Sukabumi

Oleh: PP_437_Iwan Sumantri

Sukabumi, Minggu, 27 Agustus 2023. Sesuai dengan agenda Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 dikeluarkan oleh BBGP Provinsi Jawa Barat melalui Surat Undangan Nomor: 3651/B7.2/GT.02.00/2023 tertanggal 24 Agustus 2023 perihal Undangan Peserta Lokakarya Orientasi PPGP Angkatan 9.

Dalam rangka sosialisasi dan koordinasi penyelenggaraan PGP di setiap Kab/Kota sasaran dengan melibatkan berbagai unsur dalam ekosistem sekolah,maka BBGP Provinsi Jawa Barat akan melaksanakan Lokakarya Orientasi secara Daring. Melalui surat undangan tersebut, BBGP Provinsi Jawa Barat mengharapakan pada Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk mengizinkan dan menugasi nama-nama CGP dan PP sesuai lampiran untuk mengikuti kegiatan tersebut yang pelaksanaanya di hari Minggu, 27 Agustus 2023 mulai pukul 07.00 s.d. 15.15 WIB.

Ada 27 Kabupaten/Kota yang terdaftar di Program Guru Penggerak Angkatan 9, salah satunya adalah Kabupaten Sukabumi dan PP didalamnya adalah Iwan Sumantri.

Berbeda dengan agenda lokakarya Orientasi PGP Angkatan sebelumnya, di Angkatan 9 ini lokakarya orientasi dilaksanakan secara daring dengan jadwal Lokakarya Orientasi sebagai berikut:

 

No

Waktu (WIB)

Kegiatan/Materi

Petugas

Peserta

 

1.

 

07.30 – 08.00

 

Registrasi

 

 

Dinas Pendidikan  

 

Dinas, KS, PS dan CGP

 

  2.

 

08.00 - 08.45

Pembukaan Lokakarya

 · Pembukaan dan Sambutan

· Penjelasan tujuan dan agenda serta paparan tentang Program Guru Penggerak

 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi

 

Dinas, KS, PS dan CGP

 

3.

 

08.45 – 09.15

Games Perkenalan Diri

· Penjelasan Permainan

 · Menggambar Simbol diri

 ·Membuat kelompok dan berkenalan

Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota

 

Dinas, KS, PS dan CGP

4.

09.15 – 09.30

Kesepakatan Kelas

Pengajar Praktik

Dinas, KS, PS dan CGP

 

5.

 

09.30 – 10.00

Harapan dan Kekhawatiran

· Harapan dan kekhawatiran

· Identifikasi strategi

 

Pengajar Praktik

 

Dinas, KS, PS dan CGP

 

6.

 

10.00 – 11.00

Perjalanan Calon Guru Penggerak

· Pengantar Program PGP

· Perjalanan Guru Penggerak

· Membuat kesepakatan peran Guru dan Kepala Sekolah

 

Pengajar Praktik

 

Dinas, KS, PS dan CGP

7.

11.00 – 12.00

Posisi Diri

· Identifikasi posisi diri (asesmen kompetensi CGP)

 · Evaluasi Kompetensi Diri

Pengajar Praktik

Dinas, KS, PS dan CGP

8.

12.00 – 13.15

                                                     istirahat

9.

13.15 – 14.15

Rencana Pengembangan Diri

Pengajar Praktik

CGP

10.

14.15 – 14.35

Pengenalan Portofolio Digital

Pengajar Praktik

CGP

11.

14.35 – 15.15

Refleksi dan Penutup

Pengajar Praktik

CGP

Baca Juga:

Kegiatan Lokakarya secara daring dimulai dengan pembukaan di ruang GMeet yang diikuti oleh semua undangan, baik dari dinas Pendidikan (kepala dinas,para pengawas dan kepala sekolah) juga di hadiri oleh tim Satker BBGP Provinsi Jawa Barat. Kegiatan pembukaan secara umum dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. Kurang lebih selama 1 jam acara pembukaan berlangsung. Kegiatan berikutnya adalah pembukaan pembelajaran di kelas yang dipandu oleh para PP. Dikabupaten Sukabumi tercatat ada 39 PP yang tersebar di tingkat TK,SD,SMP dan SMA/SMK yang terbagi dalam 13 kelas room pembelajaran.

Saat Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Sukabumi Membuka Loka Orientasi

Peserta dalam Lokakarya Orientasi di pembukaan Pembelajaran di Kelas yang di pandu oleh para Pengajar Praktik (PP) terdiri dari 3 PP (PP_443_Dadan Suherlan; PP_ 421_Suci Permata Dewi dan PP_437_Iwan Sumantri, para CGP (jumlah sesuai yang didampingi PP), para Kepala Sekolah CGP dan pengawas pembina.

PP_443_Dadan Suherlan dengan para CGPnya 1) Ruswandi SMPN 1 Surade; 2) Lia Desi Amalia SMAN 1 Cibadak; 3) Alvani Nuzul SMPN 5 Surade; 4) Aneu Rosita SDN 1 Selabintana. PP_421_Suci Permata Dewi dengan para CGPnya: 1) Eva Nurpianti SMAN 1 Surade; 2) Deli Nurizki SMAN 1 Palabuhanratu; 3) Rudi Ferdiansyah SDN 3 Palabuhanratu; 4) Dede Anwari SDN Gunung Cabe; 5) Yeni Aprianisan SMPN 1 Cikakak.

Saya selaku PP_437_Iwan Sumantri, mendampingi CGP berjumlah 4 orang. (1) CGP Asep Samsudin SDN Pangkalan Parungkuda;2) CGP Citaningrum SMPN 2 Cidahu; 3) CGP Evi Ratnasari SDN Kaladi Kabandungan,dan 4) CGP Uwes Kusaeri SDN Cidadap Cidahu)

Aktivitas pembelajaran (Pelaksanaan Loka Orientasi) di kelas K yang terdiri dari 3 PP secara daring diikuti oleh semua 14 orang CGP, dan para Kepala Sekolah dari masing-masing CGP serta pengawas .Di ruang Googmeet yang disediakan SatKer BBGP Provinsi Jawa Barat ada di room Kelas K dengan tautan meet.google.com/hpm-hemo-srq

Aktivitas pembelajaran di room GMett yang kami lakukan sesuai dengan panduan yang ada di modul panduan Lokakarya Orientasi. Kegiatan dimulai dengan perkenalan diri dan kesepakatan kelas. Waktu kegiatan kurang lebih 30 menit, dimulai pukul 08.45 s.d. 09.15.Kegiatan berlanjut dengan kesepakatan kelas. Pembelajaran dikelas berikutnya bersama para CGP dan Kepala Sekolah yang hadir adalah membuat Harapan dan Kekhawatiran perjalanan calon guru penggerak yang di sajikan melalui jambord. Diskusi secara virtual para CGP dan kepala sekolah mengisi aktivitas tersebut melalui link jambord : https://jamboard.google.com/d/1P10BUYRO1UWCiGwqu_OriBBs4VVsV5gdmVuFQaGsUok/edit?usp=sharing&authuser=1 30 menit peserta dengan teliti dan focus menuliskan harapan dan kekhawatirannya. Hal tersebut kami diskusikan dengan terbuka, yang pada akhirnya mereka menuliskan dan mengindentifikasi strategi agar harapan bisa terjadi dan kekhawatiran untuk tidak terjadi. Semua aktivitas diatas di pandu oleh PP_421_Suci Permata Dewi.

Pada sesi berikutnya adalah Perjalanan Calon Guru Penggerak yang di pandu oleh PP_443_Dadan Suherlan kurang lebih waktu yang diperlukan 60 menit yang dilanjutkan dengan sesi Posisi Diri.


Diakhir sesi pertama ini, para CGP dan peserta di room diajak berdiskusi bagaimana perjalanan Calon Guru Penggerak. Dimulai dengan pendaftaran CGP, pengumuman tahap 1, pelaksanaan wawancara dan simulasi mengajar yang pada akhirnya CGP sampai pada tahap lokakarya orientasi saat sekarang. Ada waktu 6 bulan kedepan CGP harus menyelesaikan program yang harus dilakukan dengan mempelajari modul-modul buat CGP ( 10 Modul), 6 pendampingan individu dan 7 Lokakarya bersama PP, yang pada akhirnya di Lokakarya ke-7 CGP melaksanakan panen hasil karya.


Diperjalanan Program Guru Penggerak juga para peserta diajak untuk mengembangkan profesinya. Kegiatan pengembangan profesi melalui pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembangnya peserta didik secara holistic,aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem Pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Diakhir kegiatan para peserta diajak bermain game tepuk WOW.

Tautan untuk Perjalan Guru Penggerak bisa dilihat di tautan Padlet https://padlet.com/timPGP2/oe5gwfgb1568snzn.

Kegiatan pembelajaran dikelas secara daring istirahat di pukul 12.00 s.d. 13.15 setelah para peserta mengisi LK 1 tentang Lembar Kerja Kesepakatan Peran CGP dan Kepala Sekolah



Tepat pukul 13.15, s.d. pukul 15.15 kegiatan pembelajaran dikelas dimulai lagi dengan aktifitas diskusi  mengenai rencana pengembngan diri, pengenalan Portofolio Digital dan diakhiri dengan Refleksi dan Penutup yang di pandu oleh PP_437_Iwan Sumantri.

LK 2: Lembar Asesmen Diri Kompetensi Guru Penggerak yang harus dimiliki CGP yaitu Pengembangan diri dan orang lain; Kepemimpinan Pelajaran; Kepemimpinan  Manajemen Sekolah; Kepemimpinan Pengembangan  Sekolah

Dengan semangat dan kebersamaan serta focus untuk menyelesaikan Lembar Kerja (LK 1 sd LK 5) akhirnya peserta sampai diakhir kegiatan dengan mengisi refleksi lokarya orientasi yang tersaji di link jambord https://jamboard.google.com/d/1P10BUYRO1UWCiGwqu_OriBBs4VVsV5gdmVuFQaGsUok/edit?usp=sharing&authuser=1

Ketercapaian tujuan pembelajaran dikegiatan pembelajaran kelas secara daring dari peserta bisa dilihat di Lembar Kerja 5 :  Evaluasi Lokakarya Orientasi yang diisi peserta (para CGP) secara jujur dan sportif.

Demikian catatan seorang PP_437_Iwan Sumantri di agenda pertama Lokakarya Orientasi yang dilakukan secara daraing, semoga catatan ini menjadi motivasi dan refleksi untuk kegiatan enam bulan kedepan mendampingi para CGP yang merupakan sosok guru masa depan untuk mengisi era abd 21 yang syarat dengan tantangan multidimensi.

Dokumentasi Lengkap ada di bawah ini:

No comments:

Post a Comment