Saturday, May 9, 2020

Berkah dari Covid-19 : Mimpi Seorang Guru Matematika : “Belajar dengan Paket Internet Unlimited Gratis untuk mencerdaskan Anak Bangsa”


Berkah dari Covid-19 : Mimpi Seorang Guru Matematika : “Belajar dengan Paket Internet Unlimited Gratis untuk mencerdaskan Anak Bangsa”
Oleh : Iwan Sumantri

Cibadak, 8 Mei 2020. Hampir lebih dari satu bulan kita bisa merasakan dampak dari covid-19. Berikut saya mencoba berbagi tentang mimpi seorang guru matematika belajar di situasi dan kondisi Covid-19.
Saat  ini kemajuan teknologi semakin pesat dan melaju seperti kilat, susah untuk di ikuti, manakala kita diam dan tak peduli. Termasuk dunia maya dunianya internet.Tahukah anda orang yang buta huruf di abad milinium sekarang ini?Orang yang buta huruf di jaman sekarang ini adalah orang yang tak bisa membaca dan menulis itu salah besar. Dijaman sekarang yang serba maju dan komplek ini, pengertian orang yang buta huruf telah bergeser maknanya, orang yang buta huruf adalah orang yang tak bisa berbahasa Inggris dan tidak bisa internetan.
Jadul dan kurang gaul rasanya jika di jaman FB-an,Twitter-an, WA, IG dan lainnya , seorang guru tidak mengenal internet (ICT/TIK yang di dalamnya ada Internet). Lihat anak dan siswa-siswa kita, berapa ratus bahkan ribuan anak sekolah sudah mahir dan trampil dalam menggunakan internet.Malahan diantara mereka sudah bisa menciptakan anti virus,membuat game sendiri,dan aneka kegiatan lainnnya di internet. Mereka lebih tahu dan piyawai serta lebih bisa, di bandingkan guru nya, ini realita di lapangan. Bandingkan prosentasi siswa dan guru yang bisa internetan.Disekolah saya saja, SMP Negeri 3 Cibadak, lebih banyak siswa dibanding guru yang bisa mengakses dan bergelut dengan internet. Tantangan besar kedepan bagi guru di era reformasi dan jaman syarat teknologi ini, khususnya saya, seorang guru Matematika, yang notabene bergelut dengan angka-angka setiap harinya.

Di era globalisasi millenium dan syarat infomasi sekarang ini, internet menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan.Internet memberikan banyak kemudahan-kemudahan dan manfaat untuk kita, selama kita memanfaatkannya dengan cerdas dan positif.  Kita bisa membaca dan melihat informasi,artikel, berita-berita update dengan mudah melalui internet, kita tinggal berkunjung ke google misalnya,  apa yang kita inginkan, semuanya tersedia. Apala lagi seorang guru profesional yang disyaratkan harus memilki pengetahuan yang lebih di banding dengan siswanya melalui ICT/Internet.

Kita bisa mengadakan proses belajar mengajar melalui internet, kita bisa berkomunikasi melalui jejaring sosial melalui internet, kita bisa mencari materi-materi reverensi pelajaran  atau sekolah melalui internet, bisa berkirim surat elektronik dengan mudah dan cepat gara-gara internet, banyak hal-hal positif yang bisa di akses melalui internet.
“Guru Belajar dengan Internet untuk mencerdaskan Anak Bangsa, Kenapa Tidak? ”Ya, inilah impian dan kegiatan nyata yang sedang saya lakukan selaku guru matematika sekarang ini bersama guru lainnya di SMP Negeri 3 Cibadak Kabupaten Sukabumi. Kenapa kita para guru tidak mencoba memulai gebrakan “Belajar  dengan Paket Internet Unlimited Gratis untuk mencerdaskan Anak Bangsa?