Wednesday, July 1, 2020

Refleksi Setelah Mempelajari Modul Media Pembelajaran Berteknologi Digital

 Refleksi Setelah Mempelajari Modul Media Pembelajaran Berteknologi Digital
Oleh: Iwan Sumantri (Peserta Pembatik Level 3)

Ada Sesuatu Di Media Pembelajaran Berteknologi Digital
Hampir lebih dari tiga bulan kita bisa merasakan dampak dari covid-19. Di suasana yang masih berlakunya perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di daerah kami dan berakhirnya  belajar dari Rumah (BdR) serta menjelang Pemberlakuannya New Normal saya mengikuti diklat Pembatik level 3, dan salah satu modul yang harus dipelajari adalah Media pembelajaran Berteknologi.
Pandemi Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) memberikan banyak pelajaran berharga dalam setiap sendi kehidupan. Sebagian besar pegawai atau karyawan melaksanakan work from home (WFH) dan juga berdampak pada guru seperti saya serta para siswa juga “memindahkan” kegiatan belajar dari  rumah, secara online. Ini semua sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengurangi dampak penyebaran virus corona. Dan seperti yang telah ditetapkan, kegiatan belajar dari rumah ini pun masih akan berlangsung hingga waktu yang belum pasti.
Pembelajaran dari rumah sepertinya tidak bisa digantikan dengan teknologi begitu saja, tetap peran guru masih diperlukan, sehingga teknologi digital ditengah pandemi diperlukan oleh seorang guru untuk merubah secara teknis cara penyampaian materi dari luring menjadi daring atau kombinasi luring dan daring sehingga pada akhirnya para pendidik ini berinovasi menyampaikan materi ke murid-murid dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui media pembelajaran berteknologi digital yang mereka kuasai.

Kebijakan baru terutama dalam bidang pendidikan menjadi hal yang sulit untuk di hadapi, pengalihan pembelajaran dari kelas ke teknologi daring menyebabkan permasalahan baru dibidang pendidikan. Status sosial masyarakat yang berbeda menjadi titik permasalahan.
Apapun yang menjadi kebijakan dari pemerintah pusat maupun darah tentunya harus disikapi oleh para pendidik dengan bijak dan tidak berdiam diri sehingga pendidik perlu berinovasi dalam teknologi salah satunya dalam media pembelajaran berteknologi digital agar proses pembelajaran dari rumah tetap berjalan sesuai dengan ketentuan dan sarana prasaran yang ada baik di siswa, guru maupun satuan pendidikan.
Saat membaca dan mempelajari  modul 9 Media Pembelajaran Berteknologi Gigital terlintas di benak saya selaku guru matematika di salah satu SMP Negeri yang ada di kabupaten Sukabumi untuk memanfaatkannya dan menjadi solusi untuk meningkatkan produktifitas  dan hasil yang optimal dalam proses pembelajaran baik luring maupun daring.
Teknologi digital merupakan sebuah teknologi yang menggantikan sistem analog atau mekanik. Teknologi ini merupakan perkembangan dari teknologi pendahulunya. Banyak kelebihan dari teknologi digital ini yang bisa kita rasakan khususnya dibidang pendidikan. Banyak platform teknologi digital yang dapat digunakan tidak hanya untuk sosial media hiburan melainkan untuk keperluan lainnya seperti dalam proses pembelajaran yang dilakukan para guru.
Seperti kita ketahui kegiatan pembelajaran adalah adanya interaksi. Interaksi tersebut terjadi antara peserta didik dengan lingkungan belajarnya, baik itu dengan guru, teman-temannya, alat, media pembelajaran dan atau sumber-sumber belajar yang lainnya. Dengan demikian proses pembelajaran pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan ke penerima pesan. Dalam pembelajaran diera digital sekarang ini, peserta didik bisa berperan multi peran, sehingga terjadi komunikasi banyak arah, dengan demikian dibutuhkan peran media yang dapat meningkatkan efektifitas pencapaian kompetensi, salah satu upayanya adalah dengan memanfaatkan media berteknologi digital khususnya dalam pembelajaran.
Media pembelajaran dengan teknologi digital tidak dapat dipungkiri sebagai media yang canggih atau memenuhi kebaruan yang biasa akrab dengan peserta didik. Anak-anak sekarang adalah anak-anak generasi yang terbiasa dengan teknologi digital. Oleh sebab itu kita sebagai gurunya tentu harus lebih familiar dengan teknologi digital tersebut.
Modul 09 yang berisi tentang bagaimana menyiapkan pembelajaran dengan media berteknologi digital, jenis-jenis media pembelajaran berteknologi digital dan bagaimana menerapkan teknologi digital tentunya akan membantu kita semua guru terutama para peserta Pembatik Level 3 akan peningkatan kompetensi TIK-nya. Dan yang paling menarik tentunya adalah ajang atau proses kompetisi bagi para peserta untuk berinovasi dalam teknologi digital dalam pembelajaran sebaik dan seinovatif mungkin dengan bekal belajar mandiri, berdiskusi dengan nara sumber, sesama peserta untuk selalu rela berbagi dan ikhlas dalam memberi.
Modul ini telah membuka dan menginspirasi saya selaku guru matematika untuk mengeksplor dan memotivasi serta berupaya berinovasi dalam media pembelajaran baik berupa media pembelajaran interaktif atau video pembelajaran yang dapat merangsang dan mengajak mau belajar para peserta didik.
Sesuatu yang berharga tentunya buat saya khususnya dan umumnya yang menjadi peserta Pembatik level 3 tahun 2020 ini.
#tugasrefleksilevel3

No comments:

Post a Comment