Friday, May 29, 2020

Apa Itu New Normal?


Apa Itu New Normal?
Oleh: Iwan Sumantri

Cibadak, 29 Mei 2020. Blog guru ataya hari akan mencoba berbagi tentang New Normal yang akan digulirkan oleh pemerintah kita. Hampir memasuki bulan ketiga kita di suasana Covid-19. Pemerintah sebelumnya telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 telah menyatakan bahwa PSBB dilakukan salah satunya dengan meliburkan tempat kerja, dan sekarang sedang rame-ramenya membahas New Normal.

Apa itu New Normal?

1. New Normal adalah kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan menggunakan standar kesehatan yang sebelumnya tidak ada sebelum pandemi covid-19

2. New Normal adalah upaya menyelamatkan hidup warga dan menjaga agar negara tetap bisa berdaya menjalankan fungsinya.

3. New Normal adalah tahapan baru setelah kebijakan stay at home atau work from home atau pembatasan sosial diberlakukan untuk mencegah penyebaran massif wabah virus corona. New Normal utamanya agar warga yang memerlukan aktivitas luar rumah dapat bekerja dengan menggunakan standar kesehatan yang ditetapkan. Jadi bukan sekedar bebas bergerombol atau keluyuran.

4. New Normal diberlakukan karena tidak mungkin warga terus menerus bersembunyi di rumah tanpa kepastian. Tidak mungkin seluruh aktivitas ekonomi berhenti tanpa kepastian yang menyebabkan kebangkrutan total, PHK massal dan kekacauan sosial.

5. New Normal ditujukan agar negara tetap mampu menjalankan fungsi-fungsinya sesuai konstitusi. Harap diingat bahwa pemasukan negara berasal dari pajak dan penerimaan negara lainnya. Jika aktivitas ekonomi terus berhenti total maka negara tidak punya pemasukan, akibatnya negara juga tidak bisa mengurus rakyatnya.

6. New Normal diberlakukan dengan kesadaran penuh bahwa wabah masih ada disekitar kita. Untuk itu aktivitas ekonomi/publik diperbolehkan dengan syarat menggunakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

7. Jika New Normal tidak dilakukan maka dampak sosial ekonominya tidak akan bisa tertahankan. Kebangkrutan korporasi selanjutnya ekonomi akan membawa efek domino kebangkrutan negara!

8. Jika kita tidak setuju dengan New Normal, silakan terap tinggal di rumah. Sebab banyak orang tetap harus keluar rumah untuk bisa menghidupi keluarganya. Tidak semua orang bisa bertahan selama berbulan-buln apalagi bertahun-tahun dan tetap bisa menghidupi keluarganya.

9. Untuk memastikan New Normal bisa berjalan baik maka pemerintah harus melakukan upaya yang sistematis, terkordinasi dan konsisten dalam melakukan pengawasan publik dan law enforcement. Di dalamnya juga termasuk memperbesar kapasitas sektor kesehatan kita untuk mengantisipasi lonjakan penderita Covid-19.

10. Pemerintah pusat dan daerah harus bersinergi untuk memastikan pemeriksaan kesehatan yang massif, tersedianya sarana perawatan dan peralatan medis, melindungi mereka yang paling rentan melalui penyiapan pengamanan sosial yg tepat sasaran dan perlindungan kesehatan.

Selebihnya terserah kita apakah mau berpartisipasi atau tidak, mau melindungi diri atau tidak. Berhentilah menjadi provokator dan menyebarkan energi negatif yg tidak bermanfaat bagi siapapun serta berpotensi menimbulkan kecemasan publik. Jika anda cemas, lindungilah diri anda dan keluarga sebab itulah satu-satunya cara!

Marilah kita selalu berpikiran positif, doakanlah para pemimpin kita agar dengan bijak mereka bisa menentukan apa yang terbaik untuk negeri ini dalam menghadapi pandemi covid-19. Kita para guru berbuat lah sesuai dengan kapasitas kita selalu pendidik dan pengajara yang harus tetap berkontribusi dalam memajukan dan menyiapkan anak-anak kita untuk menjadi generasi emas di masa mendatang.

New Normal Cegah Covid 19 Sehat Untuk Semua



Thursday, May 28, 2020

Belajar dari Kebun Binatang


Belajar dari Kebun Binatang
Oleh: Iwan Sumantri

Di pintu masuk , tertulis :
Tarif tiket : Rp  50.000,-/orang
Karena beberapa lama tidak ada pengunjung, maka harga tiket diturunkan menjadi : Rp 25.000,-/orang

Namun masih tidak tidak ada juga pengunjung datang, akhirnya kembali ia turunkan tarif tiket menjadi hanya : Rp 10.000,-/orang
Dan tetap tidak ada pengunjung yg mau masuk!

Akhirnya ditulislah pengumuman :
"MASUK GRATIS"
Dan tiba-tiba banyak orang yg berebutan masuk.

Ketika pengunjung di dalam penuh, Sang pawang membuka semua pintu kandang binatang buas, seperti :Singa, harimau, macan, serigala, ular, dsb. Pengunjung pun sontak pada PANIK !

Kemudian pintu keluar di KUNCI.

Lalu di pintu keluar itu dia tulis : 
Keluar Bayar Rp 500.000,-!!
Kemudian BANYAK orang berebut membayar.

Inilah ironi kehidupan.
Ketika ditawarkan HIDUP SEHAT :
~ Pakai Masker
~ Jaga Jarak / Hindari Keramaian
~ Cuci Tangan Pakai Sabun
~ Makan Makanan Sehat & Bergizi
~ Istirahat yg cukup
~ Olahraga, dsb
demi menjaga kesehatan sebagai upaya pencegahan penyakit banyak orang enggan, TIDAK MAU.

Tapi kalau sudah masuk Rumah Sakit, berapapun mahal biayanya PASTI dibayar asal bisa sembuh, sekalipun harus jual ASSET dan ber-HUTANG!

Semoga terinspirasi

Jack Ma bilang: jika pisang dan uang diletakkan di hadapan seekor monyet, maka monyet akan memilih pisang, karena monyet tidak mengerti bahwa uang bisa digunakan untuk membeli banyak pisang .  Dalam kenyataan hidup, jika uang dan kesehatan diletakkan dihadapan orang, pasti orang akan memilih uang, karena terlalu banyak orang yang tidak mengerti bahwa kesehatan dapat berguna mendapatkan lebih banyak uang dan kebahagiaan.

*TIDAK ADA YANG MAHAL , KECUALI HANYA KESEHATAN YANG PALING MAHAL.  SEGALA  APAPUN BISA DITUNDA, KECUALI HANYA, KESEHATAN YANG TIDAK DAPAT DITUNDA.


Yuk Kita merubah pola hidup kita ke hal yang positif dalam rangka menghadapi NEW NORMAL yang akan diberlakukan oleh pemerintah kita !

12 Rahasia Magnet Penarik Rezeki


12 Rahasia Magnet Penarik Rezeki
Oleh: Iwan Sumantri

Cibadak, 28 Mei 2020.Guru ataya kali ini akan berbagi sesuatu yang bermanfaat buat kita semua. Disela-sela sehabis shalat magrib dan baca Alquran, guru ataya ngambil HP dan seperti biasanya membuka WA, disalah satu nomor WA yang ada di guru ataya ada video yang dikirim seseorang. Subhanalloh isi videonya menarik dan membikin diri ini serasa sadar akan pribadi yang ada pada guru ataya. Berulang-ulang video tersebut di putar dan dicatat apa yang ada di dalam isi video tersebut.
Jangan-jangan karena hal tersebut rezeki guru ataya khususnya seperti sekarang ini dari tahun ke tahun, Nah untuk itulah guru ataya mencoba mencatat dan membagikan kepada pengunjung blog guru ataya, semoga hal tersebut bisa menjadikan hal yang bermanfaat untuk kita semua.

12 Rahasia Magnet Penarik Rezeki

Sederhana untuk dilakukan/diamalkan sehari-sehari, semoga bisa membantu pintu rezeki kita semua.

  • 1)    Letakkan sedikit makanan kucing dan semangkuk air diluar rumah kita untuk kucing-kucing yang datang.
  • 2)   Sisihkanlah sedikit dari hasil uang gaji atau upah dari hasil jerih payah kita, untuk disumbangkan kepada anak yatim dan orang miskin
  • 3)   Senantiasa sediakan uang kecil di dalam dompet untuk diberikan kepada orang yang memerlukan
  • 4)   Letakkanlah di dalam kamar kita sebuah kotak. Setiap kali kita merasa melakukan dosa, masukan uang kecil kedalamnya. Genap 1 bulan, buka kotak itu lalu sedekahkan uang tersebut
  • 5)   Jika kita hadir di suatu acara (keluarga,kerabat,sahabat), belilah 1 atau 2 kotak air mineral, niatkan untuk disedekahkan kepada orang lain yang memerlukannya (orangtua, orang sakit, anak-anak, dan lain-lain)
  • 6)   Jika kita membeli barang dari pedagang-pedagang kecil,kemudian sang pedagang ingin mengembalikan uang kembalian atau uang recehan, biarkan uang recehan itu untuknya (disedekahkan atau dihadiahkan)
  • 7)    Belilah Mushaf (AlQur’an), letakkan disalahsatu masjid. Bayangkan berapa pahala yang akan kita dapatkan dari setiap huruf yang mereka membacanya.
  • 8)    Berikanlah perasaan gembira kepada setiap orang, khususnya kepada mereka-mereka yang sedang ditimpa kesedihan, dengan ucapan dan doa kita yang tulus
  • 9)   Lemparkanlah senyuman kepada setiap orang yang kita temui, berilah salam kepada orang yang duduk dan berbicaralah dengan ucapan yang baik karena semuanya adalah sedekah
  • 10) Jangan biarkan kita tertidur, melainkan telah kita ampuni setiap orang yang telah berbuat jahat kepada kita, dari menghina kita, menyebarkan fitnah dan menzalimi kita
  • 11)  Setting pada HP kita, tanda peringatan pada waktu-waktu tertentu,untuk kita memnaca surah Al - Fatihah atau Surah Al – Ikhlash yang dihadiahkan kepada kedua orang tua kita baik yang masih hidup atau telah meninggal dunia
  • 12) Silahkan kirimkan tips-tips ini kepada  semua teman atau sanak family kita. Barangkali ada yang mau mengamalkannya. Semoga kitapun akan diberi pahala karenanya.

Selamat bersedekah…. Semoga kita dilimpahkan rezeki yang banyak dan berkah dari Allah SWT…
Aamiin.
Semoga bermanfaat.


Sunday, May 24, 2020

Ada Sesuatu di Idul Fitri 1441 H

Ada Sesuatu Di Idul Fitri 1441 H
Oleh : Iwan Sumantri


Cibadak, 24 Mei 2020. Guru ataya kali ini akan mencoba mencatat sesuatu yang berbeda di Idul Fitri 1441 H ini, Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, lebaran tahun ini terpaksa di gelar dan dilaksanakan serba terbatas di tengah meruaknya pandemi corona yang kita kenal dengan Covid-19


Dengan segala keterbatasan, aturan dan suasana yang kurang membahagiakan semua umat Islam, tetapi tradisi untuk perayaan Idul Fitri untuk saling bertukar ucapan dan doa di Hari raya Idul Fitri masih bisa dilakukan yang menjadi pertanda berakhirnya bulan Ramadhan yang penuh berkah,rahmat dan ampunan serta sebagai kemenangan umat Islam dalam menahan hawa nafsu selama berpuasa

Dengan segala aturan protokol Covid-19, guru ataya bersama keluarga tetap melaksanakan shalat Ied berjamaah di Mesjid Jamie Nurrusalam yang pada tahun-tahun sebelumnya kami melaksanakan shalat Ied di lapang SMU Albayan, tapi tahun ini ada sesuatu yang berbeda. Ini sejarah dan pembelajaran hidup bagi keluarga kami.

Berikut Cerita Shalat Ied dan pelaksanaan kegiatan lebaran keluarga Guru Ataya dalam bentuk galery yang bisa kami bagikan. Inilah perayaan Idul Fitri di suasana Covid-19.


Persiapan dan Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1441 H


Keluarga Guru Ataya di Idul Fitri 1441 H


Isi Khutbah Shalat Idul Fitri 1441 H di Mesjid Jamie Nurrusalam 
Kamp.Cikiwul Tonggoh RW 01
Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak Kab. Sukabumi