Tuesday, March 17, 2020

Ada Sesuatu Di Hari Ke-2 Libur Korona

Ada Sesuatu Di Hari Ke-2 Libur Korona
Oleh: Iwan Sumantri


Cibadak, 17 Maret 2020. Memasuki hari ke-2 dikegiatan "Home Learning" belajar di rumah, aktifitas guru-guru S3 Ceria Berbudi diisi dengan aktifitas memberikan tugas-tugas secara online, baik menggunakan google classroom, quizzis.com atau sejenisnya.

Bapak Ibu guru yang hadir sesuai dengan jadwal kehadiran dan piket yang sudah disusun sedemikian rupa oleh pihak sekolah. Banyal hal yang baru di dapatkan  dari dampak libur karena efek korona. Ibu bapak guru lebih melek akan ICT berbasis online begitu juga para siswa dituntut untuk mengerjakannya secara online di rumah masing-masing. 

Ada sesuatu yang baru terjadi selama guru ataya jadi guru, yaitu pengambilan sumpah Ibu Dra.Ika Sukmawati yang Lulus PLPG tahun 2019. Pengambilan Sumpah di lakukan di sekolah sendiri yang seharusnya di lakukan di UPI Bandung. Benar-benar sesuatu yang lain dari biasanya. Inilah salah satu dampak dari Korona yang berimbas dengan perubahan dan perubahan tatanan kegiatan akademik. 

Monday, March 16, 2020

Belajar Mandiri Akibat Efek Korona

Belajar Mandiri Akibat Efek Korona
Oleh: Iwan Sumantri

Cibadak, 16 Maret 2020. Hari pertama di kegiatan Belajar di rumah alias "Home Learning", blog guru ataya mencoba membantu para siswa dan guru untuk mencari solusi bagaimana mensikapi siswa belajar di rumah akibat dari Efek Korona. Blog guru ataya mencoba merangkum berbagai macam solusi yang tersebar di media sosial mengenai link atau alamat untuk belajar mandiri bagi siswa juga bapak/Ibu gurunya.

Tak ada waktu belajar untuk libur, tetap belajar, belajar dan belajar terus !

Berikut ini beberapa alternatif situs pembelajaran/penilaian yg dapat dimanfaatkan fitur-fiturnya di antaranya:

1. Si Pintar
2. Quizizz dan Kahoot
3. Rumah Belajar
4. Khan Academy
5. Science Buddies
6. Zenius
7. Ruang Guru (gratis dr jam 8-12)
8. M4th Lab
9. Youtube
10. Konsep-matematika
11. BBC
12. Desmos
13. Geogebra