Saturday, November 23, 2019

Bahagia itu Sederhana

Bahagia itu Sederhana
Oleh: Iwan Sumantri

Cibadak, 23 Nopember 2019. Semua orang so pasti menginginkan bahagia atau pernah bahagia. Bahagia itu susah di ukur indikatornya. Semua orang pasti punya indikator masing-masing, begitu juga dengan blog guru Ataya. Hari ini blog guru ataya mendapatkan dua kebahagiaan yang dirasakan. Dua dari tiga kegiatan yang di ikuti oleh blog guru Ataya bisa menghasil dan membahagiakan. Jadi bahagia itu sederhana tergantung dari sisi mana kita menilainya. Dua kegiatan tersebut buat Blog Guru Ataya tentunya sesuatu sekali. Selain membahagiakan juga membuktikan bahwa selama kita punya kemauan dan keinginan yang kuat, so pasti apa yang kita inginkan Insya Allah akan kesampaian. Terus dan terus berupaya, jangan kita jadi penilainya, biarlah mereka disana yang akan menilai karya kita, layak atau tidaknya.

Berikut dua kebahagiaan yang di dapat blog Guru Ataya.

Sunday, November 17, 2019

Menjadi Anak Sehat dan Kuat bersama Madurasa Fitkidz


Menjadi Anak Sehat dan Kuat bersama Madurasa Fitkidz
Oleh: Iwan Sumantri 


Ataya Rachman Pradana Putra
Dijaman yang serba digital dan milinial saat ini tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan apa itu madu. Menurut Wikipedia Madu adalah cairan alamiah yang banyak mengandung zat gula yang dihasilkan oleh lebah (genus Apis) dari nectar bunga dan rasanya manis. Jika lebah madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama lebah lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentas
Madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik, madu dapat digunakan sebagai bahan tambahan pangan contohnya untuk untuk pemanggangan makanan. Madu memiliki cita rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya. Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air. Oleh karena ini, madu yang disimpan cukup lama akan dapat tetap bertahan hingga ribuan tahun
Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup panjang. Dari dulu manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Aroma madu bergantung pada sumber nectar yang diambil lebah.
Sesuai dengan perkembangan jaman serta kemajuan teknologi, sekarang banyak dan berkembang produk-produk madu di negeri ini  Sejarah mencatat Sejarah peternakan Madu di Indonesia dimulai pada pertengahan abad 19, saat Belanda mulai memasuki Nusantara. Sebelum dikenalkan dengan teknik beternak madu, masyarakat Indonesia sudah mengenal khasiat madu dan menggunakannya dalam keseharian mereka. Namun, pada masa itu, proses mengumpulkan madu masih dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan cara merusak dan membakar sarang. Catatan sejarah dari peneliti-peneliti Belanda yaitu D.Horst (1861), Belpe (1879), dan Hoekam (1929) menunjukkan bahwa ada proses transfer teknologi dalam budidaya lebah madu mulai terjadi di Indonesia.