Wednesday, October 9, 2019

Ada Sesuatu Di Supervisi Kepala SMPN 3 Cibadak Tahun 2019

Ada Sesuatu Di Supervisi Kepala SMPN 3 Cibadak Tahun 2019
Oleh: Iwan Sumantri (Wakasek Kurikulum)


H.Mochamad Soleh,S.Pd.M.M.Pd 
Cibadak, 9 Oktober 2019, Blog Guru Ataya akan mencoba berbagi tentang supervisi Kepala SMPN 3 Cibadak terhadap para Wakasek dan Guru serta tenaga Kependidikan di lingkungan SMP Negeri 3 Cibadak pada periode semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. 

Sesuai dengan jadwal supervisi yang telah disusun ( 30 September s.d 11 Oktober 2019) termasuk di dalamnya para Wakasek ( Iwan Sumantri,S.Pd Wakasek Kurikulum; MA Hasan Basri,M.PdI Wakasek Kesiswaan; Tati Handayani, S.Pd Wakasek Sapras; dan Mamat Sujai Wakasek Humas).

Salah satu tugas kepala sekolah/madrasah adalah melaksanakan supervisi akademik. Untuk melaksanakan supervisi akademik secara efektif diperlukan keterampilan konseptual, interpersonal dan teknikal (Glickman, at al; 2007). Oleh sebab itu,  setiap kepala sekolah/madrasah harus memiliki dan menguasai konsep supervisi akademik yang meliputi: pengertian, tujuan dan fungsi, prinsip-prinsip, dan dimensi-dimensi substansi supervisi akademik.

Latar belakang Supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah di SMPN 3 Cibadak antara lain adalah sebagai berikut:
  • Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan pembelajaran kreatif, inovatif, pemecahan masalah, berpikir kritis dan naluri kewirausahaan
  • Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan di sekolah/madrasah atau mata pelajaran di sekolah/madrasah berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP.
  • Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/ metode/teknik pembelajaran/bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa.
  • Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran/ bimbingan (di kelas, laboratorium, dan/atau di lapangan) untuk mengembangkan potensi siswa.
  • Membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran.
  • Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran.

Tuesday, October 8, 2019

Asyiknya Penilaian Harian Secara Online Menggunakan HP

Asyiknya Penilaian Harian Secara Online Menggunakan HP
Oleh: Iwan Sumantri


Cibadak, 08 Oktober 2019, Blog Guru Ataya kali ini akan mencoba berbagi tentang proses pembelajaran di era digital yang serba wah...ibarat jamur di musim hujan. Sudah banyak proses pembelajaran di lakukan secara onlne dengan memanfaatkan dunia internet dan TIK.


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) semakin pesat, hal ini akan berakibat kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis TIK tak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-learning hal ini membawa pengaruh terjadinya suatu proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) dan sistemnya.

Handphone merupakan media komunikasi yang telah memasyarakat di semua jenjang, baik usia maupun pendidikan. Handphone, suatu teknologi yang mempermudah komunikasi dimana saja, kapan saja sehingga cukup praktis untuk dijadikan media komunikasi. 

Kemajuan teknologi menjadi salah satu pemicu utama semakin banyaknya inovasi yang diciptakan dalam dunia pendidikan. Salah satunya, dengan dimanfaatkannya perangkat teknologi seperti handphone ini, kegiatan pembelajaran tidak hanya bersifat konvensional saja. Hal tersebut sejalan dengan konsep pembelajaran yang memanfaatkan perangkat elektronik atau e-learning yaitu untuk mengatasi batas ruang dan waktu, sehingga proses belajar dapat dilakukan kapan dan dimana saja.