Tuesday, January 22, 2019

"Brilian" Kelas Beda di SMPN 3 Cibadak

"Brilian" Kelas Beda di SMPN 3 Cibadak
Oleh: Iwan Sumantri

PBM Guru Ataya kali ini akan mencoba mengabarkan proses pembelajaran di kelas 9B SMP Negeri 3 Cibadak. Senin, 21 Januari 2019 Guru Ataya melaksanakan proses pembelajaran di kelas 9B pada jam ke 7,8 dan 9 , mulai pukul 13.00 sd 15.00, 3 jam pembelajaran ( @40 menit).

Tidak seperti biasa pada proses pembelajaran Matematika kali ini, para siswa diajak untuk mencoba mengerjakan soal-soal online yang sudah dipersiapkan sebelumnya melalui Blognya Guru Ataya. Para siswa belajar dengan HP dan PC atau Tablet yang sudah disiapkan seblumnya. Pembelajaran ini bertujuan untuk melatih para siswa agar memiliki kemampuan dan kompetensi dalam menyelesaikan soal-soal  UN. Dengan soal UN ini diharapkan para siswa terbiasa dan terlatih menghadapi soal-soal yang beragam sesuai kisi-kisi UN yang diberikan oleh pemerintah.

HP tentunya bukan sesuatu yang asing dan aneh untuk para siswa, tapi mengerjakan soal online via HP tentu suatu pengalaman dan hal yang baru buat mereka, walau nanti di Ujian sebenarnya mereka akan melaksanakan UN berbasis UNKP, tapi tak salah dan rugi jika mereka sudah dibiasakan untuk mengerjakan soal-soal online. Inilah kelas "BRILIAN" kelas 9B SMPN 3 Cibadak.

Ada Sesuatu Belajar Di Kelas "Bengkok"

Ada Sesuatu Belajar Di Kelas "Bengkok"
Oleh : Iwan Sumantri

Memasuki tahun pelajaran 2018/2019 semester 2, Guru Ataya diberi kesempatan kembali untuk belajar Matematika bersama anak-anak Kelas 8B di SMP Negeri 3 Cibadak. Kelas 8B adalah salah kelas yang menurut para guru adalah kelasnya anak-anak yang punya kelebihan hampir di semua mata pelajaran. Mereka diatas rata-rata kelas yang lainnya. Guru ataya mencoba untuk membuktikan apa benar di kelas 8B itu ada sesuatu dalam KBM nya.

Memasuki semester 2 materi matematika kelas 8 adalah tentang teorema Phytagoras. Guru ataya mencoba proses pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri yang dilengkapi dengan Lembar Kerja Siswa (LKS). Ada 5 LKS yang disiapkan untuk 2 kali pertemuan ( 2 jam pembelajaran dan 3 jam pembelajaran). Seperti biasanya proses pembelajaran di awali dengan pendahuluan yaitu berdoa bersama, membacakan ayat suci Alquran dan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Persepsi diawali dengan pertanyaan-pertanyaan sekitar Teorema Phytagoras yang sudah dikenal para siswa dan manfaatnya belajar materi Phytagoras. 

Memasuki kegiatan inti para. siswa dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing berjumlah 6 siswa tiap kelompoknya. Masing-masing kelompok diberinama : Phytagoras, Aritmetika, Aljabar, Kalkulus, Geometri dan Bujursangkar. Di kegiatan inti ini, para siswa antusias,semangat,kreatif,dan berlomba untuk mencari dan menyelesaikan masalah melalui LKS dengan cepat,tepat dan benar. Dalam pelaksanaan kegiatan inti aktifitas siswa berjalan sesuai skenario didalam RPP. Cukup menarik dan bisa memberikan semangat untuk guru ataya mengajar di kelas ini. Pantas mereka memberi nama kelasnya "BENGKOK"...BErkarya deNGan KOmpaK..... sesuatu sekali kelas ini.