Friday, April 20, 2018

Hari Gini Guru Belum Punya Blog, Apa Kata Dunia?

Hari Gini Guru Belum Punya Blog, Apa Kata Dunia?
Oleh: Iwan Sumantri

Jumat, 20 April 2018, minggu kedua kegiatan pelatihan online melalui Kanal Pelatihan Maluku Belajar yang saya ikuti seperti biasa saya melakukan login untuk menyelesaikan tugas-tugas dan diskusi di Forum Materi.

Alhamdulilah untuk tahun 2018 saya bisa mengikuti dua kegiatan online melalui Kanal Pelatihan Maluku Belajar dalam waktu yang hampir bersamaan, yaitu Pelatihan Kelas Exel Dasar yang berisi 7 materi dengan rincian : 1) Mengatur Worksheet; 2) Menggunkan Fungsi-fungsi Matematika; 3) Menggunakan AutoSum; 4) Menggunakan Fungsi Logika; 5) Membuat Grafik; 6) Pemanfaatan Fungsi VlookUp dan HLookUpPelatihan; 7) Pemanfaatan Fung SumIf dan Pelatiha Online Pembuatan Blog Pembelajaran yang berisi materi 1) Membuat dan Mengelola Blog; 2) Menghias dan Mengelola Blog; 3) Membuat Soal Online. Masing-masing pelatihan dilengkapi dengan Pretest,Test  Akhir, Modul Pembelajaran, Video Pembelajaran dan Ketentuan bagi peserta untuk bisa Lulus dan Mendapatkan sertifikat.

Dua pelatihan itulah yang menarik bagi saya, karena materi tersebut erat kaitan dan selalu menjadi bahan pendukung dalam proses pembelajaran di kelas yang saya lakukan ( sambil menunggu pelatihan Powerpoint dengan harapan bisa terpanggil untuk mengikutinya).

Pelatihan Online Yang Sedang Saya Ikuti

Thursday, April 19, 2018

Video Pembelajaran Matematika di Blog Guru Ataya

Video Pembelajaran Matematika di Blog Guru Ataya
Oleh : Iwan Sumantri

Rabu, 18 April 2018, ada waktu yang cukup luang setelah rapat pengarahan teknis tentang pelaksanaan Ujian Nasional Di SMP Negeri 3 Cibadak, Guru Ataya melalui blognya mencoba berbagi media pembelajaran melalui video-veideo tutorial yang berisi materi-materi Matematika untuk siswa SMP

Berikut beberapa video pembelajarn di dalam kelas maupun di laur kelas yang telah dibuatkan khusus untuk penyampaian materi di kelas:

1) Video Pembelajaran BRSL dengan Bantuan Buah Jeruk


2) Video Pembelajaran Kesebangunan dan Kekongruenan Matematika Siswa Kelas 9


Belajar dari Satu Guru Satu Blog

Belajar dari Satu Guru Satu Blog
Oleh: Iwan Sumantri

Rabu, 18 April 2018, minggu kedua kegiatan pelatihan online yang diselenggarakan oleh Kanal Pelatihan Maluku Belajar memasuki modul 4 dan modul 5 yang berisi tentang Mengelola dan Menghias Blog serta bagaimana Membuat dan Mengelola Menu Blog Guru. Dua Modul yang perlu pemahaman dan kerja ekstra bagi peserta yang baru mengenal tentang Blog. 

Isi modul ternyata dikemas sedemikian rupa sehingga para peserta mudah memahami dan mempraktekan langsung isi modul tersebut. Selain berbentuk tulisan ternyata di modul juga dilampirkan Link Video Panduan yang cukup membantu peserta pelatihan untuk memahami isi modul secara optimal.

Satu Guru Satu Blog suatu program yang dikembangkan  oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) telah membawa guru-guru Indonesia melek akan dunia ICT/TIK. Keterampilan menulis para guru tentunya ditantang melalui program Satu Guru Satu Blog ini. karena Guru Abad 21 menurut saya adalah guru yang menguasai 4 kompetensi + 1 kompetensi Plus.

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, guru harus memiliki kompetensi pedagogik,kepribadian,sosial dan profesional yang diperolehnya melalui pendidikan profesi. Keempat kompetensi tersebut terintegrasi dalam kinerja guru.

Tuntutan guru abad 21 belumlah cukup jika guru hanya memiliki 4 kompetensi tersebut diatas, masih ada yang harus dimiliki di era digital dan serba online ini adalah kompetensi guru dibidang ICT/TIK. Kompetensi dalam bidang ICT/TIK inilah yang akan melengkapi Guru Jaman Now dalam mengarungi maraknya media di dunia maya.

Kanal Pelatihan Maluku Belajar inilah salah satu media yang membukakan para guru untuk melek dunia maya alias dunia internet (ICT/TIK), karena di kanal inilah banyak pelatihan-peatihan secara online yang bisa diikuti oleh para guru yang mau melek akan dunia internet.

Jika anda adalah guru abad 21, saya pastikan anda akan mengikuti pelatihan-pelatihan baik secara online maupun off line.

Berikut saya coba berbagi Modul Hasil Pelatihan Pembuatan Blog Guru dalam dunia pembelajaran, semoga ini bisa membantu para guru di negeri ini akan melek dunia blog tidak menjadi guru yang diam di "Zona Aman".


Sumber Modul : dari Kanal Pelatihan Maluku Belajar

Wednesday, April 18, 2018

Renungan Buat Guru Hebat

Renungan Buat Guru Hebat
Oleh: Iwan Sumantri


Cibadak, 18 April 2018, setelah menyelesaikan agenda kegiatan USBN+US dan pemeriksaan USBN+US, aktifitas pembelajaran di SMP Negeri 3 Cibadak berjalan seperti biasanya dengan agenda dan kegiatan KBM sesuai dengan jadwal yang tersusun. Disela-sela kegiatan pembelajaran pada jam istirahat, saya iseng-iseng buka WA. Disalah satu Grup WA yang saya ikuti ada sesuatu yang menyentuh hati dan bisa memberikan motivasi buat kita semuanya terutama guru.

Apa itu isi WA nya?
Seorang ayah memiliki 4 orang anak, ayah tersebut meminta anak-anaknya untuk pergi ke hutan melihat sebuah pohon Pear dalam kurun waktu yang berbeda.
Anak ke 1 pada bulan Januari, 

anak ke 2 pada bulan April, 

anak ke 3 pada bulan Juli, 

Anak ke 4 pada bulan Oktober.

Setelah pulang dari hutan, masing-masing anaknya memberi laporan yang berbeda.
Anak pertama, “Pohon Pear adalah pohon yang merangas, jelek dan batangnya bengkok."
Anak kedua,“Pohon Pear adalah pohon yang dipenuhi kuncup-kuncup hijau yang menjanjikan."
Anak ketiga, “Pohon Pear adalah pohon yang dipenuhi dengan bunga-bunga yang menebarkan bau yang harum."
Anak keempat “Pohon Pear adalah pohon yang penuh dengan buah yang matang dan ranum."
Di akhir tahun, sang ayah berkata bahwa kepada keempatnya .
“Semuanya benar, hanya saja kalian melihat di waktu yang berbeda."

Tuesday, April 17, 2018

Ada Sebelas Alasan Pentingnya "Menulis" Bagi Guru Ala Blog Guru Ataya


Ada Sebelas Alasan Pentingnya "Menulis" Bagi Guru Ala Blog Guru Ataya
Oleh : Iwan Sumantri

Selasa, 17 April 2018, disela-sela menyelesaikan kegiatan pemeriksaan USBN dan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2017/2018 saya menyempatkan diri untuk berkunjung dan jalan-jalan di dunia maya, dan singgah di beberapa web/blog yang dikelola oleh guru. Saya jadi tertarik dan ingin mencoba berbagi pengalaman tentang pentingnya guru menulis, walau yang saya sampaiakan hanya sekedar pendapat pribadi dan pengalaman dari seorang guru matematika yang kebiasaannya bergelut dengan angka-angka.

Bukan lebay dan sombong, pada bulan April setahun yang lalu, saya mencoba ikut seleksi pemilihan guru berprestasi tingkat SMP.  Sejak seleksi ditingkat sekolah, tingkat komisariat dan kabupaten, Alhamdulilah saya mendapatkan juara 1.

Aspek yang dinilai dalam pemilihan guru berprestasi SMP pada tahun tersebut yaitu kinerja guru yang mencakup : (1) kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional; (2) hasil karya kreatif dan atau inovatif; (3) pembimbingan peserta didik; dan (4) pengembangan diri. Dari ke-empat aspek yang dinilai diterjemahkan lagi dalam bentuk penilaian yang berupa a) Penilaian Portofolio (menilai dokumen portofolio 5 tahun terakhir); b) Penilaian Karya Kreatif dan Inovatif ; c) Tes Tertulis; dan d) Presentasi dan Wawancara (peserta harus mempresentasikan hasil karya kreatif inovatif (best practice) dalam pembelajaran dengan tema “ Guru Berpretasi Dan Berdedikasi Yang professional Dan Bermartabat Siap Mensukseskan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Menyaiapkan Generasi Emas 2045;

Melihat persyaratan diatas tentunya diperlukan keterampilan menulis bagi guru. Jika guru tak pandai dan terbiasa menulis, menurut saya jangan harap bisa menyandang guru berprestasi.

Menulis itu penting menurut saya? Kenapa?

Monday, April 16, 2018

Mau Jadi Guru Profesional Abad 21


Mau Jadi Guru Profesional Abad 21
Oleh: Iwan Sumantri

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru merupakan profesi yang mulia dan tertua yang ada di dunia ini. Ribuan bahkan jutaan guru sekarang ini menghias dan bertugas di negeri ini untuk mencerdaskan anak-anak bangsa agar mereka kelak menjadi generasi emas di negeri ini.

Guru itu bukan cuma harus memiliki 4 Kompetensi + 1 Kompetensi ICT guru juga wajib tatap muka minimal 24 Jam/Minggu di kelas dalam Proses pembelajaran. tapi harus mengerjakan Administrasi di bawah ini juga!
Diantaranya:

1. Membuat Program Pengajaran
Bukti Fisik :
a. Program Tahunan
b. Program Semester
d. RPP

Pembelajaran Flipped Classroom Ala Guru Sukabumi

Pembelajaran Flipped Classroom Ala Guru Sukabumi
Oleh: Iwan Sumantri


Proses pembelajaran di kelas sudah umum rasanya dilakukan oleh para guru. Tapi strategi Flipped Classrom tentunya sesuatu yang baru yang dilaksanakan oleh guru.

Berikut melalui blog ini saya mencoba berbagi apa itu Pembelajaran dengan srategi Flipped Classroom (FC). Pembelajaran FC adalah pembelajaran yang bertolak belakang dengan pembelajaran konvensional yang umum di lakukan oleh guru pada umumnya.  Pembelajan FC adalah pembelajaran dimana siswa belajar dulu di rumah dengan video  video pembelajaran yang sudah disipkan oleh guru. Setelah mereka mempelajari video  pembelajaran baik secara individu mapun kelompk, mereka melaksanakan pembelajaran dikelas sebagai mana umumnya pembelajaran konvesional, tetapi di pembelajaran FC mereka telah mengetahui materi dan bahan yang akan di ajarkan di kelas melalui video-video pembelajaran. Pembelajaran FC ini sesuai dengan pembelajaran Kurikulum  20133 dan pembelajaran abad 21.




RPP Matematika SMP Kelas 8 K-13

RPP Matematika SMP Kelas 8 K-13


Berikut Contoh RPP Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Yang Bisa digunakan :


Buku Matematika SMP Kelas 8 K-13

Buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum 2013


1) Buku Matematika SMP Kelas 8 Semester 1 bisa di download disini
2) Buku Matematika SMP Kelas 8 Semester 2 bisa di download disini
3) Buku Guru Matematika SMP Kelas 8 bisa di download disini disini

Silabus Matematika SMP Kelas 8 K-13

Silabus Matematika SMP Kelas 8 K-13

Berikut Silabus Matematika SMP Kelas 8 Untuk Kurikulum 2013 silahkan di download disini 






Ada Sesuatu Di Kanal Pelatihan Maluku Belajar

Ada Sesuatu Di Kanal Pelatihan Maluku Belajar
Oleh: Iwan Sumantri

Sukabumi, 16 April 2018, disela-sela kesibukan sebagai Panitia Ujian Sekolah (USBN/US/UN) saya masih menyempatkan untuk mengikuti Pelatihan Online yang diselenggarakan oleh Kanal Pelatihan Maluku Belajar dengan materi kursus Pelatihan Membuat Blog Pembelajaran.

Pelaksanaan pelatihan cukup lama yaitu sekitar 3 minggu terhitung mulai tanggal 9 - 30 April 2018. Tidak seperti pelatihan atau workhsop lainnya yang pernah saya ikuti yang di batasi waktunya sekitar satu minggu, tapi pelatihan.Kursus Pelatihan Membuat blog  Pembelajaran di Maluku Belajar cukup leluasa, ini tentunya memberikan waktu yang lebih longgar bagi peserta di sela-sela kesibukannya dalam penyelenggaraan Ujian Akhir, baik di tingkat SD/MI,SMP/MTs, dan SMA/SMK. 

Di minggu ketiga Pelatihan Membuat Blog secara online ini peserta harus menyeselesaikan Modul 4 dengan materi mengelola dan menghias blog guru yang sudah dibuatkan sebelumnya sesuai dengan Modul 1,2 dan 3 sebelumnya. Selain Modul 4 peserta juga ditantang untuk menyelesaiakan Modul 5 dengan materi  Membuat Blog dan Mengelola Menu Blog Guru (Blog Pribadi Hasil Modul 1,2 dan 3.

Modul 4 dan 5 bagi peserta khususnya saya tentunya perlu ekstra dan pemahaman yang lebih untuk membaca,menyimak dan memperhatikan semua petunjuk dan arahan dari isi modul tersebut. Selain harus membaca peserta juga dituntun untuk melihat dan menyaksikan video-video tutorial yang di sajikan linknya dalam Modul tersebut.

Inilah pembelajaran bagi guru yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 (K-13) dengan 5M nya. Mulai dari Mengamati,Menanya,Mencoba,Menalar dan Mengkomunikasikan oleh peserta pelatihan dilaksanakan melalui Kanal Pelatihan Maluku Belajar melalui LMS nya.

Ada sesuatu di Pelatihan Maluku Belajar dalam materi Pembuatan Blog Guru Untuk Pembelajaran, yaitu "Satu Guru Satu Blog". Ya...satu guru satu blog tercipta di pelatihan online ini, karena setiap peserta pelataihan Wajib memiliki Blog yang di buat sendiri oleh peserta sesuai panduan Modul yang diterima.

Satu Guru Satu Blog tentunya sesuatu sekali bagi dunia pendidikan, ini Guru Zaman Now, guru yang menguasai 4 kompetensi + 1 Komptensi yaitu penguasaan TIK/ICT.

Saya selaku peserta dari pelatihan ini tentunya cukup berbangga dan ikut bersyukur, karena menjadi bagian dari Satu Guru Satu Blog....sesuatu sekali bagi saya dan semua peserta pelatihan online ini .